13 Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Bronkitis

makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis

Makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis sebaiknya dijauhi. Bronkitis merupakan salah satu kelainan yang menyerang saluran pernapasan yang sering kita kenal. Bronkitis terbagi menjadi dua yakni bronkitis akut dan bronkitis kronik. Bronkitis akut merupakan kondisi dimana terdapat peradangan yang sifatnya hanya sementara. Biasanya gejala yang muncul yakni batuk disertai lendir yang berlebihan. Biasanya kondisi ini akan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. Bronkitis akut ini bisa menyerang siapa saja. Bronkitis akut ini lebih sering menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Biasanya muncul pada saat musim hujan, gejala juga disertai flu dan sakit pada tenggorokan. Sedangkan, bronkitis kronik adalah kondisi batuk yang menghasilkan banyak lendir dan terjadi dalam periode waktu yang lama. Bahkan bronkitis kronik dapat terjadi dalam hitungan tahun. Bronkitis kronik ini biasanya menyerang orang di usia 40 tahun ke atas. Untuk mencegah bronkitis menjadi parah, lebih baik hindari makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis.

Makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis

Bronkitis pada manusia disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Namun biasanya viruslah yang menjadi penyebab bronkitis. Virus tersebut berasal dari lendir yang ada di hidung ataupun mulut seseorang saat batuk dan bersin. Melalui lendir itulah virus dapat menular ke orang lain yang memiliki jarak hanya satu meter saat bersin atau batuk. Penyebab lainnya bisa juga karena adanya butiran debu yang berlebihan, asap rokok, asap kendaraan, debu tekstil, dan amonia. Bagi anda yang gemar merokok memiliki peluang lebih besar untuk menderita bronkitis kronis, tak terkecuali bagi perokok pasif juga dapat menderita bronkitis kronik. Dengan mengurangi rokok dan makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis diharapkan kondisi ini dapat dihindari.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita bronkitis

Penderita bronkitis sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin serta mineral. Menjalani pola makan dan pola hidup yang sehat akan membantu memperbaiki kualitas hidup penderita bronkitis. Berikut merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita bronkitis:

  • Bawang putih

Bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur dipercaya memiliki kandungan antibiotik secara alami yang dapat membunuh virus dan bakteri. Bawang putih dapat membantu anda dalam pemulihan bronkitis. Zat quercetin yang ada di dalam bawang putih mampu memperlambat produksi lipoxygenase yang menjadi sumber penyebab terjadinya peradangan di jaringan paru-paru manusia.

  • Apel

Saat anda menderita bronkitis ada baiknya perbanyak mengonsumsi apel. Apel memiliki kandungan antioksidan yang mampu meredakan serangan asma. Selain itu, apel juga memiliki kandungan antiinflamasi dan antihistamin yang berguna untuk melawan bronkitis.

  • Jamur

Beberapa jamur seperti shiitake, reishi, dan maitake dipercaya memiliki manfaat bagi penderita bronkitis. Jamur-jamur tersebut dapat mencegah kerusakan jaringan serta mampu memulihkan bronkitis. Jamur juga memiliki kandungan lentian yang dapat meningkatkan imun tubuh seseorang.

  • Jahe

Jahe dikenal memiliki sejuta manfaat terutama bagi masalah di saluran pernapasan. Jahe dapat membuat saluran pernapasan terasa lebih lega ketika anda mengonsumsinya. Jahe yang memiliki kandungan anti peradangan alami dipercaya dapat membantu kesembuhan para penderita bronkitis.

  • Ikan

Bagi penderita bronkitis, ada baiknya anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan omega 3. Minyak ikan dan ikan dapat dikendalikan oleh omega 3. Pemulihan saat menderita bronkitis akan semakin cepat saat anda mengonsumsi omega 3. Selain itu, omega 3 mencegah terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan. Sehingga disarankan anda dapat mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

  • Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C sangat terkenal sebagai vitamin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan tinggi. Kandungan pada vitamin C tersebut dapat membersihkan dan meredakan lendir pada saluran pernapasan. Anda dianjurkan makan=makanan yang memiliki vitamin C seperti kiwi, stroberi, jeruk, brokoli dan jambu.

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Telur dan susu menjadi pilihan makanan yang sangat aman apabila dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Kekurangan vitamin D dapat menghambat proses kesembuhan penderita bronkitis. Namun, pilihlah susu yang memiliki kandungan lemak yang tidak tinggi.

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita bronkitis

Bagi orang yang telah didiagnosa menderita bronkitis sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Sebab apabila salah dalam mengonsumsi makanan, dikhawatirkan akan memicu atau bahkan memperparah kondisi anda. Makanan yang tidak boleh dimakan penderita bronkitis sebaiknya dihindari. Berikut makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis:

  • Daging olahan

Makanan yang harus anda hindari sebagai penderita bronkitis adalah daging olahan. Daging olahan terutama yang telah diberi pengawet dapat membuat kondisi paru-paru anda semakin parah. Nitrat yang ada dalam daging olahan dapat membuat radang paru-paru semakin parah. Contohnya seperti kornet, sosis dan daging ham.

  • Makanan tinggi garam

Kandungan yang tinggi pada garam ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan seseorang. Tak hanya bisa menyebabkan darah tinggi, konsumsi garam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan retensu cairan. Natrium dalam garam dapat membuat seseorang yang menderita bronkitis mengalami sesak nafas.

  • Gorengan

Minyak yang terdapat pada gorengan membuat seseorang merasakan kembung. Tak hanya penderita gerd yang sebaiknya menghindari gorengan. Namun, penderita bronkitis sebaiknya juga menghindari gorengan. Kondisi kembung tersebut membuat kondisi diafragma menjadi tertekan sehingga menciptakan sensasi sesak. Hal tersebut akan membuat kerja paru-paru semakin berat.

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita bronkitis

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita bronkitis adalah makanan yang memiliki potensi untuk memperparah peradangan. Sehingga ada baiknya penderita bronkitis menjauhi makanan tersebut. Berikut adalah beberapa makanan yang lebih baik anda hindari:

  • Minuman bersoda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila anda mengonsumsi banyak minuman yang bersoda dan manis dalam seminggi dapat menimbulkan penyakit bronkitis kronik. Soda pada minuman tersebut memiliki kandungan karbonasi yang jika masuk ke tubuh dapat menganggu saluran pernapasan.

  • Buah yang memiliki kandungan gas

Hindari makan-makanan yang mengandung gas. Hal tersebut dapat membuat anda kembung sehingga membuat paru-paru anda terterkan. Kondisi itu akan menyulitkan penderita bronkitis untuk bernapas. Hindari makan-makanan seperti persik, plum dan buah persik. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan seperti anggur dan buah beri. Sedangkan untuk sayuran hindari kol, jagung, daun bawang dan kacang kedelai.

  • Jangan konsumsi Kafein

Kafein dapat memperburuk kondisi penderita bronkitis. Selain itu, teh, cokelat dan minuman berenergi juga ada baiknya anda hindari agar tidak memperburuk kondisi anda.

Makanan yang dilarang untuk penyakit bronkitis

Makanan yang dilarang untuk penyakit bronkitis berikutnya adalah makanan yang mengandung sulfat. Makanan yang mengandung sulfat diantaranya adalah sejenis seafood. Seafood memang memiliki kandungan protein yang tinggi namun juga dapat memicu masalah pernapasan. Udang mengandung zat kimia sulfat yang bisa mempersempit bronkus. Hal tersebut dapat menyebabkan sesak napas. Anda juga harus menghindari bir, kentang dan obat yang mengandung sulfat. Selain itu, hindari makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi karena dapat memperparah radang pada paru-paru.

Makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis sebaiknya anda hindari jika tidak ingin kondisi makin buruk. Menghindari makanan yang menjadi penyebab asam lambung juga dapat anda terapkan dalam pola makan. Sebab asam lambung yan tinggi dapat menekan paru-paru. Sehingga akan memunculkan sensasi sesak napas yang membuat anda tidak nyaman. Apabila gejala bronkitis tidak segera membaik, segera hubungi dokter terdekat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.