18 Menu Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi

makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi
makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Jika saat beraktivitas anda merasakan sakit kepala yang hebat, tengkuk anda merasa sangat pegal, mata seperti berkunang-kunang, sesak nafas bahkan hingga mimisan anda harus mewaspadainya. Pasalnya kondisi-kondisi tersebut merupakan gejala dari hipertensi. Hipertensi dipengaruhi oleh banyak faktor. Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi seharusnya dihindari. Faktor lainnya dapat disebabkan oleh faktor usia seseorang, genetik dari orang tua, merokok, memiliki berat badan yang berlebih, mengonsumsi makanan yang asin, mengonsumsi alkohol, stres dan jarang sekali melakukan olahraga. Ada baiknya anda sering-sering melakukan pengecekan tensi agar dapat mengontrol tekanan darah anda. Terutama bagi anda yang telah dinyatakan menderita hipertensi. Banyak istirahat juga dapat membuat tekanan darah tetap normal.

 

Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Hipertensi merupakan sebuah kondisi seseorang yang sedang mengalami tekanan darah yang tinggi atau melebihi batas normal. Hipertensi seringkali tidak memiliki gejala yang spesifik. Namun, hipertensi menyebabkan resiko stroke, gagal jantung, kerusakan ginjal, dan serangan jantung. Tekanan darah dikatakan tinggi apabila mencapai angka 140/90mmHg. Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi hendaknya ditaati agar tekanan darah tetap normal. Beberapa penyakit yang ada di diri seseorang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Peenyakit tersebut meliputi:

  • Memiliki penyakit ginjal
  • Memiliki riwayat diabetes
  • Menderita lupus
  • Mengonsumsi obat seperti pil kontrasepsi, anti nyeri, obat flu, dan dekongestan
  • Gangguan hormon seperti tiroid

 

Makanan yang dilarang untuk darah tinggi

Dokter sering menganjurkan penderita hipertensi untuk selektif dalam memilih makanan yang ia konsumsi setiap harinya. Apabila tidak selektif, ditakutkan makanan tersebut justru memicu meningkatnya tekanan darah seseorang. Makanan memiliki andil besar dalam mempengaruhi tekanan darah seseorang. World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa dalamm sehari seseorang dibatasi mengonsumsi garam yakni 5 gram per hari atau tepatnya kurang dari 1 sendok.  Hal tersebut dikarenakan garam memiliki kandungan 60% klorida dan 40% natrium. Apabila kita mengonsumsinya secara takaran akan membantu kita untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Namun apabila mengonsumsinya terlalu banyak justru akan berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang dilarang untuk darah tinggi harus memiliki kadar natrium dan klorida sesuai takaran perharinya.

 

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi

Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan apabila sering mengonsumsinya dapat membuat seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan yang lebih baik tidak dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi:

  • Frozen food

Frozen food belakangan menjadi salah satu makanan yang digandrungi banyak orang. Namun tahukah anda bawah frozen food ternyata tidak begitu baik dikonsumsi terutama bagi penderita hipertensi. Frozen food yang sangat tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi yang memiliki kandungan natrium yang tinggi. Natrium yang tinggi pada frozen food juga memiliki fungsi sebagai pengawet pada makanan.

  • Daging yang ada di dalam kemasan

Daging yang ada di dalam kemasan atau sering dikenal sebagai olahan pabrik ternyata tidak terlalu baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Daging dalam kemasan memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga harus dihindari penderita hipertensi. Produk daging olahan yang sangat disenangi banyak orang adalah sosis. Jika ingin mendapat sumber protein yang sehat lebih baik mengonsumsi daging segar bukan daging olahan atau dalam kemasan.

 

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi

Makanan yang dikonsumsi penderita darah tinggi baiknya makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Makanan yang tidak boleh dimakan penderita darah tinggi harus sangat dihindari. Menjaga tekanan darah agar tetap normal harus terus dilakukan demi kesehatan anda. Berikut beberapa jenis makanan yang seharusnya dihindari bagi penderita darah tinggi:

  • Makanan kaleng

Anak muda zaman sekarang menyukai makanan yang simple dan praktis. Makanan kaleng menjadi pilihan yang sering dipilih para anak muda. Namun, anda harus tahu bahwa mengonsumsi makanan kaleng seperti kornet dan juga sarden tidak baik untuk kesehatan. Makanan dalam kaleng tersebut mengandung natrium yang tingg. Natrium pada makanan kaleng ini juga memiliki fungsi sebagai pengawet.

  • Makanan fast food

Siapa yang tidak tahu fast food? Makanan yang satu ini bahkan dinobatkan menjadi makanan yang sangat dicintai oleh kalangan anak muda. Fast food atau makanan cepat saji seringkali dikonsumsi anak muda saat nongkrong dan bersantai. Penyebab fast food sebaiknya dihindari karena mengandung garam yang banyak. Selain kandungan garam yang banyak, fast food juga memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang justru dapat membuat kolesterol anda tinggi. Kolesterol anda yang tinggi tersebutlah yang menjadi penyebab tekanan darah menjadi naik.

 Makanan yang dilarang darah tinggi

Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi harus selalu dihindari. Sebab naiknya tekanan darah tanpa sering diketahui gejalanya dapat mengancam nyawa seseorang. Tak hanya makanan yang mengandung garam yang banyak namun ada beberapa jenis makanan yang harus anda hindari agar tekanan darah tetap normal. Berikut merupakan jenis makanan yang dilarang darah tinggi:

  • Gula

Orang sering salah paham bahwa gula sama sekali tidak memiliki kaitan dengan tekanan darah tinggi. Padahal pada kenyataannya mengonsumsi gula terlalu banyak dapat membuat tekanan darah anda naik. Makanan yang anda konsumsi sehari-hari harus tetap dipastikan apakah mengandung banyak gula atau tidak. Contohnya saja seperti roti, donat, snack dan kue. Mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan obesitas atau bahkan diabetes yang dapat berujung pada naiknya tensi darah anda. Dalam sehari anda dianjurkan mengonsumsi gula sebanyak 9 sendok teh sedangkan untuk perempuan sebanyak 6 sendok teh.

  • Margarin

Bagi anda pecinta kue dan roti hendaknya waspada. Karena roti dan kue memiliki kandungan margarin yang tidak sedikit. Penderita hipertensi hendaknya menjauhi margarin karena memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang sangat tinggi.

 

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi

Penderita hipertensi tidak perlu khawatir. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dapat mencegah naiknya tekanan darah. Anda tetap bisa menikmati berbagai hidangan namun tetap dengan memperhatikan asupan makanan. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi diantaranya seperti:

  • Salad

Generasi muda sering menganggap bahwa salah merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Salad memang mengandung banyak jenis sayuran yang sehat apabila anda konsumsi. Namun, anda harus tetap waspada karena dressing yang anda gunakan untuk menambah cita rasa salad memiliki kandungan garam yang tinggi. Dressing pada salad juga memiliki kandungan lemak jenuh dan gula yang cukup tinggi. Seorang penderita darah tinggi hendaknya memilih dressing saus yang sehat bagi tubuh. Contohnya saja seperti mencampurkan minyak wijen, bawang putih dan minyak zaitun sebagai dressing pada salad.

  • Alkohol

Alkohol menjadi pilihan yang harus dihindari oleh banyak orang. Tak hanya bagi penderita darah tinggi, namun bagi setiap orang. Sebuah penelitian menghasilkan sebuah anggapan bahwa jika seseorang mengonsumsi alkohol sebanyak tiga gelas saja dalam sehari sudah dapat membuat tekanan darah menjadi naik. Mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan akan membuat tekanan darah anda tidak terkontrol.

 

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita darah tinggi

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita darah tinggi lainnya bisa jadi adalah makanan kesukaan anda. Namun, sebagai penderita tekanan darah tinggi hendaknya anda menjauhi makanan tersebut. Kesehatan menjadi faktor utama yang harus anda pikirkan daripada anda mengonsumsi makanan kesukaan anda tersebut. Berikut makanan yang tidak boleh di konsumsi penderita hipertensi:

  • Kulit ayam

Kulit ayam menjadi primadona di kalangan penikmat ayam. Apalagi kulit ayam pada fast food. Kulit ayam menjadi banyak kesukaan karena dianggap menjadi bagian dari ayam yang paling lezat. Namun anda harus tahu, bahwa kulit ayam yang telah digoreng hingga garing justru menjadi hal yang seharusnya anda hindari. Kolesterol yang tinggi dan kandungan garam yang tinggi itulah yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

  • Ikan asin

Siapa yang tidak mengenal ikan asin. Ikan asin seringkali menjadi pilihan santapan bersama lalapan. Hidangan yang sangat menggiurkan ini sebaiknya tidak anda konsumsi terlalu sering. Garam yang terkandung di ikan asin sangatlah tinggi.

 Makanan yang dilarang untuk hipertensi

Makanan yang dilarang untuk hipertensi lainnya ternyata makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Seringnya kita tidak menyadari bahwa tekanan darah yang tinggi dapat mengintai kita kapan saja karena makanan yang kita masukkan dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu tubuh menjadi lebih baik. Simak beberapa makanan yang kurang baik anda konsumsi terutama jika anda penderita hipertensi:

  • Saus tomat dan saus sambal

Siapa yang tidak menyukai saus yang satu ini. Saus tomat dan saus sambal menjadi teman dalam mengonsumsi setiap makanan. Namun, saus tomat dan saus sambal memiliki kandungan natrium yang tinggi seperti halnya daging olahan dan makanan kaleng. Penderita hipertensi yang mengonsumsi dalam jumlah banyak akan memicu naiknya tekanan darah. Setengah cangkir saus sambal sama saja mengandung 600mg sodium yang tidak baik untuk kesehatan. Sodium yang tinggi dapat membuat tekanan darah naik dan tidak terkontrol. Anda dapat membuat saus tomat secara mandiri di rumah, sehingga anda dapat mengontrol kandungan garam dan natrium juga sodiumnya.

  • Minuman bersoda

Minuman yang bersoda merupakan minuman yang sangat segar apabila dikonsumsi. Namun, minuman bersoda tidak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. Minuman bersoda justru memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Mengonsumsi sekaleng minuman bersoda sama saja telah mengonsumsi lebih dari batas asupan gula yang dibutuhkan tubuh.

Makanan yang dilarang bagi penderita darah tinggi

Makanan yang dilarang bagi penderita darah tinggi lainnya adalah permen. Mungkin anda akan sedikit terkejut. Pasalnya permen menjadi makanan yang banyak dikonsumsi. Karena rasanya yang manis, permen sering dianggap sebagai makanan yang dapat mengembalikan suasana hati seseorang. Namun permen tidak memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Permen memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi. Anda lebih baik menggantinya dengan mengonsumsi buah yang memiliki banyak vitamin. Anda justru harus mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

 

Makanan yang tidak boleh untuk penderita darah tinggi

Makanan yang tidak boleh untuk penderita darah tinggi membuat seseorang merasa terbatasi. Namun, makanan-makanan tersebut juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak karena memang tidak sehat. Kandungan yang ada di dalam makanan-makanan tersebut dinilai tidak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh anda. Alih-alih dipercaya dapat membuat sehat justru membuat anda sakit. Contohnya saja seperti sereal instan. Sereal instan sering dipilih menjadi camilan ataupun pilihan untuk sarapan. Sereal sering dicampur dengan susu, sehingga dianggap baik untuk tubuh. Segelas sereal memiliki kandungan 200mg natrium yang tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi. Selain sereal, biskuit juga menjadi mkakanan yang memiliki kandungan pengawet seperti natrium tinggi yakni sebesar 800mg.

Makanan apa saja yang dilarang untuk penderita darah tinggi

Mungkin anda sering bertanya-tanya, makanan apa saja yang dilarang untuk penderita darah tinggi? Makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita hipertensi seringnya adalah makanan olahan pabrik ataupun makanan instan. Makanan yang diolah tanpa kita mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya kadang mengandung bahan yang tidak sehat. Contohnya seperti:

  • Keju

Keju yang menjadi kesukaan banyak orang di berbagai kalangan ternyata kurang sehat jika dikonsumsi terlalu banyak. Rasa asin yang ada di dalam keju menandakan bahwa keju memiliki kandungan natrium. Meski keju juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang baik, namun penderita darah tinggi sebaiknya menghindari memakan keju.

  • Puding instan

Puding menjadi pilihan cemilan yang digemari banyak orang. Rasa manis dan cara membuatnya yang mudah sering menjadi pilihan cemilan banyak orang. Meski puding tidak terasa asin, namun puding instan memiliki kandungan natrium yang tinggi. Natrium dihasilkan dari disodium fosfat dan tetrasodium pirofosfat yang kurang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengentalkan puding.

Makanan yang dilarang untuk penderita hipertensi

Makanan yang dilarang untuk penderita hipertensi lainnya sebagai berikut:

  • Udang

Udang ternyata menjadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita hipertensi. Seafood yang banyak digemari banyak orang ini memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Mengonsumsi udang secara berlebihan akan memunculkan komplikasi pada penderita hipertensi.

  • Pizza

Siapa yang tidak mengenal pizza? Makanan yang sering dipilih untuk menemani saat anda bersantai ini ternyata tidak baik dikonsumsi penderita hipertensi. Kandungan natriumnya yang tinggi berasal dari adonan tepungnya, keju, saus dan daging olahan yang digunakan. Ganti pizza dengan makanan sehat lainnya yang cocok untuk anda.

Makanan yang dilarang untuk tensi tinggi

Makanan yang dilarang untuk tensi tinggi selanjutnya seperti berikut:

  • Tortilla

Tortilla merupakan cemilan kesukaan banyak orang. Rasa gurih yang ada di dalamnya membuat anda ketagihan. Namun, sodium mengandung banyak sodium yang berasal dari ragi dan garam. Sehingga tortilla dapat dikategorikan sebagai camilan yang tigi akan natrium dan sodium.

  • Sandwich

Sandwich seringkali dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari. Namun, kandungan natrium yang sangat tinggi menjadi makanan yang harus dihindari agar tekanan darah tetap normal. Kandungan natrium berada pada daging olahan, roti dan keju yang ada di dalam sandwich. Ubah isi piring anda menjadi makanan sehat yang dapat membuat tubuh anda tetap sehat.

 

Makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi sebaiknya dipatuhi. Hal tersebut memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah seseorang agar terus stabil. Penderita darah tinggi dapat merubah pola makan menjadi mengonsumsi sayur dan buah secara seimbang. Merubah pola hidup dengan mengurangi rokok, alkohol dan begadang juga dapat menjaga tekanan darah stabil. Apabila tekanan darah terus tinggi meskipun telah menjauhi makanan yang dilarang dan telah menerapkan pola hidup yang baik, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.