Manfaat Air Es

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi air putih, bahkan air es sekalipun. Tak hanya menyegarkan, nyatanya minum air dingin atau air es pun bisa menurunkan berat badan. Manfaat air es lainnya adalah memperlancar sistem pencernaan juga.

Semua yang ada dalam tubuh memerlukan air, agar mampu berfungsi dengan baik. Minum air yang cukup juga penting untuk mencegah dehidrasi terjadi. Dengan meminum banyak air putih bahkan air es sebelum makan, bisa mengenyangkan dan akhirnya makan sedikit saja. Akhirnya berat badan pun berkurang.

Ketahui Apa Saja Manfaat Air Es

Saat melakukan olahraga, air es juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan suhu tubuh kita. Dengan efek ini membuat kita pun bisa berolahraga lebih lama, hasilnya kalori yang terbakar pun akan lebih banyak juga.

Dengan meminum air es membuat tubuh bekerja dengan lebih keras supaya menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh itu. Caranya dengan membakar kalori supaya meningkatkan metabolisme tubuh kita. Jika ingin membantu mengurangi berat badan, sangat dianjurkan meminum satu gelas air putih sebelum makan ya.

Di sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa rutin minum setengah liter air tiap setengah jam sebelum makan, maka efeknya luar biasa. Kita bisa membuat tubuh kehilangan sampai dengan 44% berat tubuh awal lho. Hanya saja, efek ini ternyata tidak berpengaruh besar untuk komposisi jaringan lemak tubuh untuk jangka yang panjang. Singkatnya, masih diperlukan kajian ilmiah yang lebih banyak dan mendalam untuk manfaat air es untuk diet.

Begini Cara Mengonsumsi Air Es yang Sehat

Karena air putih atau air es satu-satunya yang sehat dan murah, maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Air ini sehat karena tidak mengandung kalori dan bebas gula sama sekali. Segelas air putih pun lebih sehat dibandingkan minuman manis yang mengandung gula jenis apapun. Adanya tambahan pemanis tersebut bisa membuat berat badan bertambah, juga merusak gigi.

Bosan minum air es tawar? Buatlah menjadi infused water. Membuat air jadi lebih beraroma dan juga memiliki rasa yang enak. Tak hanya enak dan segar, namun juga sehat. Itulah manfaat air es yang bisa dicoba bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Namun bagi yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, serta pembengkakan pada kaki tak dianjurkan terlalu sering minum air putih atau air es ya. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi yang lebih akurat dan sehat. Bahkan bisa juga berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi, supaya tahu mengenai pola makan sehat yang sesuai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.