Manfaat Bawang Merah sesuai Kandungannya

Siapa yang tak tahu bawang merah? Keluarga Sehat pasti biasa menggunakan bawang merah sebagai bumbu masakan, bukan? Akan tetapi ada manfaat bawang merah untuk kesehatan, lho! Jadi bukan hanya untuk memberikan rasa lezat dan nikmat untuk makanan yang dimasak saja, melainkan bisa menjadi berbagai obat untuk macam-macam kondisi kesehatan.

Bawang merah memiliki banyak kandungan alami, maka karena itu banyak sekali manfaat bawang merah yang baik untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai kandungan bawang merah dan kandungannya, silahkan disimak :

Vitamin C

Kita semua tahu jika vitamin C baik untuk tubuh dan menjaga stamina, ternyata dalam bawang merah pun mengandung vitamin C. Adapun manfaatnya adalah membantu untuk melindungi dan juga menjaga sel tubuh kita agar selalu sehat. Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, juga ada antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahayanya radikal bebas. Bermanfaat untuk memelihata otot, tulang dan juga pembuluh darah. Terakhir, bisa untuk meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh kita.

Vitamin B6

Biasanya kita akan menemukan vitamin yang satu ini dalam sumber makanan hewani maupun nabati, dan bawang merah termasuk di dalamnya. Adapun vitamin B6 memiliki peran dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga diduga dapat mengurangi kondisi mual dan muntah pada ibu hamil muda.

Folat (Vitamin B9)

Tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini, utamanya untuk ibu yang sedang mengandung. Ternyata di dalam 100 gram bawang merah, 30 mikrogram folat terkandung di dalamnya. Adapun folat ini memiliki banyak manfaat untuk mencegah janin tumbuh cacat, serta untuk memelihata kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Itulah mengapa dianjurkan untuk mengonsumsi bawang merah untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga menambah asupan folat. Bila dikonsumsi bersamaan dengan vitamin B6 dan B12, maka folat diketahui memiliki peran dalam mencegah penyakit jantung dan stroke juga.

Antioksidan

Manfaat bawang merah lainnya untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, karena mengandung antioksidan flavonoid. Dapat mengurangi risiko terkena kanker, diabetes dan juga sakit jantung. Dalam penelitian yang dilakukan diketahui bahwa ekstrak bawang merah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, namun tetap membutuhkan uji lanjutan.

Kalium

Kemudian di dalam 100 gram bawang merah pun terkandung sekitar 330 mg kalium. Perannya adalah dalam mengatur fungsi saraf juga untuk mengatur irama detak jantung, serta mencegah hipertensi.

Demikian adalah beberapa manfaat bawang merah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.