Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Keluarga Sehat, walau tidak sepopuler beras putih atau bahkan beras merah, namun manfaat beras hitam lumayan juga lho. Ternyata di dalamnya ada ragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita semua lho.

Sejujurnya, jenis beras hitam sama saja dengan beras putih dan beras merah. Mereka termasuk dalam spesies tanaman oryza sativa alias padi. Bahkan ada bermacam ragam varietas beras hitam, dari Thailand dan Indonesia salah satunya.

Manfaat Beras Hitam, Sebuah Alternatif Sehat dengan Rasa Lezat

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang akan diperoleh dari beras hitam, antara lain adalah :

Antioksidan antisianin

Pada saat sudah dimasak, maka si beras hitam berubah warna menjadi ungu tua alih-alih hitam. Disebabkan oleh kandungan dari antioksidan antosianin yang jumlahnya tinggi pada beras hitam itu. Adapun kandungan antioksidan tersebut paling banyak ditemukan dalam kulit arinya. Seorang ahli menyatakan bahwa kandungan antioksidan antosianin tersebut kemungkinan bermanfaat dalam membantu melawan penyakit kanker, jantung, kanker, dan lainnya. Dalam satu sendok beras hitam konon kandungan antosianinnya lebih tinggi dibandingkan sesendok buah beri.

Vitamin E

Kulit ari beras hitam ternyata kaya dengan vitamin E, di mana sistem imun bisa meningkat dan juga radikal bebas pun ditangkal. Dari berbagai studi pun diketahui kandungan vitamin E dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat lho, jadi bisa mencegah penyakit jantung juga.

Vitamin B

Ternyata ada beberapa jenis vitamin B terkandung di dalam beras hitam tersebut, misalnya vitamin B1 atau tiamina, B2 atau riboflavin, serta B9 yang juga dikenal masyarakat sebagai asam folat.

Mineral

Di dalam beras hitam pun terkandung zat besi, kalsium, zinc, fosfor dan mangan.

Bukan hal yang aneh saat beras hitam dimasak, maka bukan hanya menjadi lembut, namun warnanya pun jadi ungu tua. Ketika mengolah nasi hitam ini, bisa menjadi bubur atau nasi, bisa juga jadi tepung untuk mie dan roti, bahkan untuk cake, biskuit dan aneka makanan lainnya. Tetapi tidak disarankan untuk memasak nasi hitam dengan rice cooker, supaya manfaat beras hitam bisa tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.