Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Matahari merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Sinar matahari bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan serta memberikan berbagai macam vitamin yang bisa diserap oleh makhluk hidup baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan . Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk pemenuhan nutrisinya, hewan membutuhkan matahari untuk beraktivitas, serta manusia yang membutuhkan sinar matahari untuk melakukan banyak kegiatan serta dimanfaatkan juga untuk pembangkit tenaga matahari .

Begitu banyak manfaat dari sinar matahari untuk bumi ini . Tak heran jika kemudian sinar matahari terus dikembangkan manfaatnya. Salah satu manfaat yang paling umum diambil oleh manusia adalah berjemur sinar matahari. Terlebih semenjak merebaknya virus Covid19 masyarakat berbondong-bondong berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan tambahan vitamin yang didapat dari paparan sinar matahari .

Berjemur di bawah sinar matahari dianjurkan pada pagi hari dalam rentang waktu sekitar pukul 9 pagi . Berjemur di bawah sinar matahari tak perlu lama-lama. Cukup 5 menit kemudian berangsur naik menjadi 15 menit . Lakukanlah secara rutin sebabyak 2-3 kali seminggu.Sebaiknya berjemur jangan dilakukan terlalu pagi karena paparan sinar mataharinya tidak mencukupi. Lebih nyaman lagi jika berjemur di daerah yang memiliki udara bersih dan pohon yang masih rindang karena akan menambah rasa sejuk dan manfaat yang lebih ketika berjemur.

Namun tak cukup di situ, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan karena rutin berjemur di bawah sinar matahari :

Menurunkan Tekanan Darah

Darah tinggi tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Namun tahukah anda bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa membantu menurunkan tekanan darah? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan kleh peneliti dari University of Edinburgh, senyawa yang terkandung dalam sinar matahari yaitu nitric oxide dapat meresap ke dapam pembuluh darah segera sesaat sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebutlah yang kemudian berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah .

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah memberikan kesehatan pada tulang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan vitamin D dalam sinar matahari merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.
Selain itu, ada pula vitamin D3 yang ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. Hal tersebut dapat mengatur penyerapan kalsium. Maka dari itu rajinlah berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan tulang anda.

Meningkatkan Fungsi Otak.

Manfaat lain dari berjemur di bawah sinar matahari adalah meningkatkan fungsu otak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori. Jadi kesimpulannya, vitamin D yang didapatkan dari berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak pada seseorang.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dan menambah informasi sehingga membuat anda lebih bersemangat untuk berjemur di pagi hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.