Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

buah untuk sakitbatuk 1

Keluarga Sehat, ada yang suka makan semangka? Diketahui bahwa komposisi buah semangka adalah 91 persen air dan 7,5 persen karbohidrat. Karena nyaris tak ada protein dan lemak, serta kalori yang sangat sedikit, maka buah ini cocok untuk diet. Selain itu ada manfaat buah semangka untuk ibu hamil lho.

Salah satu manfaat semangka untuk ibu hamil adalah supaya ibu hamil terhidrasi dengan baik. Terutama karena ibu hamil memang membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan orang biasa saja.

Dalam perkembangan janin, air memainkan peran penting. Air membantu pembentukan plasenta dan juga kantung ketuban. Air juga menjadi bahan pembentuk cairan ketuban dalam tubuh. Hati-hati jika ibu hamil dehidrasi, sebab bisa mengakibatkan komplikasi serius bagi ibu dan janin lho.

Kandungan Gizi Semangka

Nah, ada macam nutrisi dan manfaat lainnya dari buah semangka untuk ibu hamil, yaitu :

Likopen

Karena semangka kaya akan likopen, yakni antioksidan yang membuat warnanya merah. Fungsinya membentuk beta-karoten yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A dan mengurangi kanker.

Asam amino citrulline

Buah ini adalah sumber makanan yang kandungan asam amino citrulline di dalamnya tertinggi. Nah, Citrulline ini paling banyak terdapat pada kulit putih sekeliling daging buah semangka. Dapat membantu menurunkan tekanan darah, yakni dengan cara melebarkan dan juga merelaksasi pembuluh darah kita.

Kalium

Ini adalah salah satu jenis mineral dan elektrolit yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah, juga bisa menjaga jantung tetap sehat. Ibu hamil yang kekurangan kalium akan mengalami kram dan lemas serta irama jantung jadi terganggu.

Vitamin C

Ibu hamil butuh vitamin C untuk membentuk kolagen. Adapun kolagen adalah sebuah protein yang membentuk jaringan ikat, misalnya seperti tendon dan tulang rawan, serta tulang, dan kulit.

Tembaga

Adapun tembaga ini memegang peranan penting dalam pembentukan sel darah merah kita. Ibu hamil sangat membutuhkan mineral ini sebab sel darah merah yang dibutuhkan lebih banyak lagi.

Vitamin A

Dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dalam tubuh, utamanya untuk membantu perkembangan organ vital dan sistem saraf pusat. Kemudian selain itu, vitamin yang satu ini juga dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh ibu setelah ia melahirkan.

Demikian adalah manfaat buah semangka untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.