Manfaat Charcoal yang Baik untuk Kesehatan

Keluarga Sehat, pernah mendengar manfaat charcoal? ternyata salah satunya adalah sebagai penawar racun lho. Bahkan sudah terkenal sejak dahulu kala. Tapi bukan hanya itu, ada banyak sekali manfaat yang luar biasa dari arang yang satu ini.

Activated charcoal adalah nama lain dari charcoal, daya serapnya tinggi dan memiliki warna hitam legam. Berasal dari bakaran gambut, kayu, batok kelapa dan batu bara. Cara membuatnya dengan memanaskannya dalam suhu tinggi, karena proses pemanasan inilah kemudian khasiat menyerap racun ia miliki.

Manfaat Charcoal bagi Kesehatan Kita

Yang tercantum berikut adalah manfaat charcoal yang baik sekali untuk tubuh secara umum. Apa saja? Simak dengan saksama ya,

Atasi Keracunan dan Overdosis

Ternyata charcoal menjadi penawar racun sejak zaman nenek moyang. Jadi sangat cocok untuk penanggulangan pertama masalah overdosis obat. Sebab charcoal ini mampu mengikat berbagai jenis obat dan juga racun, untuk mencegahnya diserap tubuh.

Atasi Diare Jadi Manfaat Charcoal

Dalam penelitian ilmiah, ternyata terbukti bahwa diare bisa teratasi dengan bantuan charcoal. Sebab charcoal akan mengikat racun yang berasal dari bakteri penyebab diare dalam usus. Oleh karena itu, racun pun tidak diserap tubuh dan gejala diare akan mereda dengan sendirinya. Namun masih butuh banyak penelitian tambahan untuk mendukung pernyataan ini.

Atasi Perut yang Kembung

Untuk yang mengalami kram perut dan juga kembung, maka manfaat charcoal berikutnya adalah mengatasi masalah perut. Karena zat-zat yang berpotensi untuk hasilkan gas berlebihan bisa terikat oleh kandungan charcoal. Sistem pencernaan pun bisa bebas dari gas berlebih yang menyebabkan perut kembung atau begah. Umumnya penyebab kondisi ini adalah makanan dan minuman dengan kandungan gas yang banyak.

Manfaat Charcoal Turunkan Kadar Kolesterol

Memang masih harus ada penelitian tambahan, namun banyak yang percaya jika menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh adalah manfaat dari charcoal lainnya. Dengan memiliki kemampuan ini, maka jumlah kolesterol yang terserap dari makanan pun jadi lebih sedikit, hasilnya kadar kolesterol darah lebih terjaga serta tubuh lebih bugar.

Pelihara Fungsi Ginjal

Bahkan charcoal juga mampu membantu menjaga serta bisa meningkatkan fungsi ginjal, apalagi untuk orang dengan masalah pada ginjalnya. Sistem kerja charcoal adalah dengan bekerja dengan membantu ginjal dalam menyaring racun dalam darah, kerja ginjal pun lebih ringan jadinya.

Untuk Penyembuhan Luka yang lebih Cepat

Selain itu charcoal juga dapat mempercepat penyembuhan luka kita, utamanya luka seperti ulkus diabetikum yang sulit untuk sembuh walau sedang diobati. Dengan meletakkan bubuk charcoal pada permukaan luka terbuka, balut dengan kasa. Ternyata dapat membantu membersihkan nanah dan racun, akhirnya luka tersebut pun sembuh lebih cepat jadinya.

Masker Wajah

Dalam dunia kecantikan dunia, ternyata charcoal juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk masker wajah lho. Sebab charcoal konon mampu menyerap bakteri dan kotoran dari kulit wajah. Akhirnya wajah akan lebih sehat dan bersih, juga bisa bebas dari jerawat juga.

Bagaimana? Banyak sekali manfaat charcoal untuk kesehatan, ya? Sekarang kita bisa mulai menggunakan bubuk ini dalam aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Apalagi sudah banyak produk charcoal yang praktis kemasannya sehingga mudah untuk kita gunakan. Namun ingat, tetap gunakan secara bijak, sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

Jangan lupa untuk selalu membiasakan hidup sehat, olahraga secara teratur walau hanya 15 menit dalam sehari. Hal ini membantu penggunaan charcoal lebih maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.