Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

manfaat cokelat untuk kesehatan

Bagi keluarga sehat, asupan makanan harian adalah hal yang sangat penting. Setiap makanan harus jelas apa saja kandungan gizi dan mineralnya, supaya bisa memberikan hasil maksimal untuk tubuh. Tahukah bahwa cokelat memiliki manfaat untuk tubuh? Khususnya adalah cokelat hitam atau dark chocolate.

Diketahui bahwa dark chocolate mengandung gizi yang tinggi, juga antioksidannya juga baik sekali. Ternyata hal itu bisa menurunkan tekanan darah tinggi lho, selain itu menekan angka gula darah yang tinggi.

Ada kandungan utama dalam cokelat hitam, yaitu kokoa. Dan di dalam kokoa terkandung Zat flavanol dengan efek antioksidan yang  kuat. Sehingga mampu mengurangi kerusakan sel serta  bisa contohnya adalah seperti sakit jantung. Penasaran manfaat cokelat untuk kesehatan lainnya?

Trik Mengonsumsi Cokelat Supaya Berkhasiat Untuk Kesehatan

Kita tahu jika cokelat terdiri dari dua jenis, yaitu cokelat hitam dan cokelat susu. Tim medis menilai jika cokelat hitam lebih berkhasiat ketimbang cokelat susu, sebab kandungan antioksidannya lebih tinggi. Selain itu, di dalam cokelat hitam ada kandungan flavanol lebih banyak dibanding cokelat susu yang manis. Bahkan di dalam penelitian sudah disebutkan, dark chocolate menghindarkan penyakit jantung.

Berikut adalah manfaat cokelat bagi kesehatan :

Menurunkan tekanan darah

Bisa meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik. Kemudian cokelat hitam ini juga bisa turunkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein).

Bisa mencegah diabetes caranya dengan memperbaiki resistensi insulin.

Mampu memperlancar aliran darah, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahkan di dalam studi yang lain juga disebutkan, bahwa cokelat hitam ini  mampu mengurangi sindrom kelelahan kronis yang bisa dialami tiap hari. Bahkan bukan hanya itu lho, mengonsumsi cokelat juga diketahui sangat bermanfaat bagi ibu hamil, sebab mampu mencegah preeklamsia dan juga  bisa mencegah kontraksi dini.

Efek yang Dapat Merugikan Dari Mengonsumsi Cokelat

Jika ada sisi baik, maka akan ada sisi buruknya. Salah satu efek merugikan cokelat bagi tubuh adalah bisa memperburuk jerawat. Apalagi jika yang tadinya memang memiliki banyak jerawat. Walau demikian, ternyata butuh penelitian lebih jauh mengenai ini.

Dengan rasa cokelat yang lezat, muncul ketagihan atau adiksi. Kemudian kokoa yang ada di dalam cokelat pun mengandung kafein, di mana ia menghasilkan efek samping sulit tidur, detak jantung cepat dan gugup.

Trik Mengonsumsi Cokelat Supaya Aman untuk Kesehatan

Semua manfaat cokelat itu bisa didapatkan, asalkan kita mengonsumsinya dengan baik. ketahuilah bahwa dalam produk cokelat di pasaran, sudah banyak bahan tambahannya, akhirnya malah bisa meningkatkan kandungan kalorinya. Dengan tingkatan kalori yang banyak, maka risiko penyakit malah mengintai.

Supaya bisa mendapatkan manfaat yang banyak dari cokelat hitam, maka pilih bubuk kokoa alami. Kelak bubuk kokoa itu bisa dijadikkan campuran susu rendah lemak, pada bubur gandum atau makanan yang sehat lainnya

Demikian adalah trik mendapatkan manfaat cokelat untuk kesehatan. Keluarga sehat wajib tahu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.