Manfaat Daun Pandan untuk Mengatasi Penyakit

manfaat daun pandan

Keluarga Sehat, apa saja manfaat daun pandan bagi? Ternyata bukan hanya untuk makanan, namun juga untuk kesehatan tubuh lho. Jadi kita bisa dapatkan dari sejumlah vitamin, antioksidan dan mineral, yang ada dalam daun ini. Contohnya saja niacin atau B3, vitamin C, karotenoid, vitamin A, thiamin (vitamin B1), dan juga riboflavin. Semua itu mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar.

Aneka Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

Dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, berikut adalah manfaat daun pandan yang bisa kita peroleh. Antara lain :

Redakan Nyeri Sendi

Sejak dahulu kala, ternyata minyak ekstrak daun pandan ini terkenal sebagai obat nyeri sendi lho. Daun pandan ini terbukti klinis bahwa dalam ekstrak daun pandan terkandung banyak senyawa bioaktif yang mampu redakan berbagai gejala nyeri sendi.

Manfaat Daun Pandan Mencegah Penyakit Jantung

Ternyata dalam daun pandan yang mengandung senyawa karotenoid dengan kandungan tinggi, perannya sebagai antioksidan untuk menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah jantung yang sebabnya penumpukan plak atau aterosklerosis. Maka demikian, kita bisa terhindar dari risiko penyakit jantung koroner yang membahayakan.

Untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

Dengan adanya kandungan asam tanat pada daun pandan, ternyata mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan lebih cepat dan nyaman. Contoh kulit terbakar karena paparan sinar matahari langsung, maka efek shootening bisa langsung terasa. Jika ingin memanfaatkan daun pandan sebagai obat luka bakar ringan, caranya bisa dengan mengeringkan dan kemudian menghaluskan daun pandan sampai jadi bubuk sekali, setelah itu taburkan pada kulit yang terbakar tersebut.

Bisa Menjaga Fungsi Penglihatan

Karena dalam daun pandan vitamin A dan kandungan beta-karoten mampu membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu juga akan melindunginya dari berbagai macam penyakit yang penyebabnya penuaan, salah satu contoh adalah degenerasi makula yang orang lansia alami.

Manfaat Daun Pandan Dalam Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan adanya kandungan beta-karoten pada daun pandan, ternyata juga mampu menjaga penampilan kulit serta bisa meningkatkan kesehatan kulit lho. Dengan adanya kandungan ini mampu meningkatkan pertahanan kulit atas radiasi sinar ultraviolet. Apalagi UV bisa sebabkan banyak masalah seperti kanker kulit dan yang paling ringan adalah penuaan dini.

Bisa Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya dari daun pandan adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah kita, apalagi setelah makan tiap hari. Bahkan ekstrak daun ini diketahui dapat menghambat penyerapan gula di usus lho, juga akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh kita. Maka karena itu, kadar gula darah pun bisa terjaga dan bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Ternyata dengan mengonsumsi daun pandan, potensi kena kanker jadi menurun lho. Sebab daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga beta-karoten yang memang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Jadi daun pandan ini memang bisa melawan radikal bebas berlebih, sehingga sel tubuh bebas dari kerusakan. Sebab kerusakan karena radikal bebas yang akan menyebabkan sel kanker berkembang dalam tubuh.

Jenis daun yang satu ini memang aman untuk kita pakai setiap hari. Hanya saja untuk kemampuannya dalam mengobati berbagai macam penyakit membutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi. Jadi baiknya jangan sampai hanya menggunakan daun ini sebagai metode pengobatan aneka penyakit kita. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan manfaat daun pandan yang lebih maksimal dengan pengobatan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.