Manfaat Fenugreek untuk ASI dan Kekurangannya

Manfaat fenugreek untuk ASI ternyata sudah cukup populer. Bahkan dalam beberapa penelitian dilaporkan bahwa ibu menyusui mengalami peningkatan jumlah produksi ASI mereka. Tentu saja ini membuat berat badan bayi pun ikut bertambah. Dalam penelitian yang lain disebutkan, dalam suplemen fenugreek 600 mg (konsumsi 3x sehari rutin sebulan, meningkatkan produksi ASI sebesar 20% lho.

Jadi, manfaat fenugreek untuk ASI yang lebih banyak diduga dari kemampuannya menstimulasi kelenjar keringat tubuh. Sebab kelenjar air susu adalah turunan dari kelenjar keringat.

Efek Samping Fenugreek yang Harus Diketahui

Walau ada banyak manfaatnya, ketahui apa saja efek samping dari fenugreek di bawah ini :

Diare

Ini adalah efek samping yang paling sering dialami, jika terlalu banyak konsumsi fenugreek. Bukan hanya pada ibu menyusui saja namun juga pada bayi yang menyusu.

Urine berbau

Jika terlalu sering mengonsumsi fenugreek bisa menyebabkan urine jadi berbau. Aromanya jadi mirip dengan sirup mapel. Fenugreek dapat masuk ke dalam ASI, dan menyebabkan urin yang berbau bisa terjadi pada bayi yang sedang disusui. Apabil menimpa anak, lekas periksa ke dokter. Dikhawatirkan merupakan gejala dari penyakit berbahaya.

Walau demikian, fenugreek .tetap aman untuk kesehatan ibu menyusui asal dikonsumsi dalam jumlah yang aman. Baiknya konsultasi terlebih dahulu mengenai penggunaan fenugreek

Leave A Reply

Your email address will not be published.