Manfaat Garam Himalaya atau Himsalt untuk Wajah

manfaat garam himalaya atau himsalt untuk wajah

Keluarga Sehat, apakah anda tahu bahwa garam himalaya rupanya cukup populer di dunia kecantikan? Ternyata jenis garam dengan warna pink yang cantik ini bisa menjaga kesehatan tubuh, juga kulit anda dengan alami lho. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang memburu garam yang satu ini sebagai koleksi dan perawatan kulit mereka.

Di mana bisa mendapatkan garam pink ini? garam ini bisa didapatkan di kaki bukit Himalaya yang ada di Pakistan. Bahkan warna pink pada garam tersebut adalah campuran luar biasa dari ragam mineral yang bermanfaat. Seorang ahli naturopati Rockwood Natural Medicine Clinic yang ada di Scottsdale, Amerika Serikat, yakni
Elizabeth Taddiken, MD menyatakan jika garam Himalaya mampu melakukan perbaikan dalam kondisi kulit yang buruk, serta membantu dalam tingkatkan daya tahan tubuh yang buruk setelah sakit sehingga kembali fit seperti sediakala.

Berikut adalah beberapa manfaat himsalt yang luar biasa, bukan hanya untuk kulit dan wajah namun juga untuk seluruh tubuh:

Hilangkan pegal-pegal di kaki

Ternyata himsalt bisa dimanfaatkan untuk hilangkan rasa pegal dan juga rasa sakit pada kaki anda lho. Cara untuk mendapatkan khasiatnya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok makan himsalt dengan air hangat, lalu rendam kaki pada air rendaman tersebut. Biarkan selama beberapa menit, maka pegal dan sakit di kaki anda pun bisa berkurang. Kemudian jika mencampurkan magnesium ke dalam larutan air himsalt, bukan hanya bisa mengurangi kaki yang pegal dan sakit, namun juga bisa menghidrasi kaki.

Berguna sebagai facial spray

Ternyata garam himalaya juga bisa anda jadikan facial spray, lho. Caranya cukup dengan menggunakan botol semprotan kosong, lalu masukkan sesendok makan garam himalaya dengan butiran magnesium, dan juga air hangat steril. Masukkan juga tiga sampai lima tetes minyal esensial seperti mint atau lavender dan kocok rata, lalu siap untuk anda gunakan.

Mampu mengangkat kotoran mati pada tubuh

Karena garam himalaya diketahui memiliki tekstur agak kasar yang sangat berguna dalam mengeksfoliasi tubuh anda, maka bisa mengangkat kotoran mati di permukaan kulit. Adapun eksfoliasi ini mampu meningkatkan produksi kolagen di permukaan kulit, yang akhirnya bisa membuat kulit menjadi lebih halus lagi. Jika ingin membuat membuat scrub alami yang berasal dari garam himalaya, maka cukup campurkan sebanyak satu gelas garam himalaya, dengan 1/4 gelas minyak zaitun dan tambahkan 10 tetes essential oil dicampur rata. Setelah itu dalam keadaan kulit basah, maka aplikasikan ke tubuh, gunakan gerakan memutar supaya sel kulit mati jadi terangkat dengan baik.

Menjadi minuman berenergi yang lezat

Apabila anda adalah orang yang suka minuman yang berenergi di pasaran, maka cobalah minuman berenergi alami yang dibuat dengan garam himalaya. Caranya cukup dengan mencampur 2 gelas purified water dengan sebanyak setengah gelas air perasan jeruk bisa juga lemon, kemudian tambah seperempat sendok makan garam himalaya, lengkapi dengan madu sesendok makan. Bagi anda yang pilek dan senang olahraga, minuman ini sangat bermanfaat.

Bisa meredakan sakit tenggorokan

Diketahui jika air garam mampu meredakan sakit tenggorokan yang menyiksa, sebab mampu membunuh aneka bakteri, juga bisa melunturkan berbagai lendir yang membuat tenggorokan jadi terasa sakit sampai tak bisa menelan. Anda hanya cukup mencampur sebanyak setengah sendok teh garam himalaya, masukkan dalam segelas air hangat setelah itu dikumur. Lakukan beberapa kali sampai tenggorokan terasa lebih enak.

Untuk redakan gangguan pernapasan

Bukan isapan jempol belaka, sebab beberapa ahli yang berasal dari American Lung Association menemukan bahwa gangguan pernapasan, misalnya seperti asma ternyata mampu diatasi dengan cara menghirup garam himalya. Karena itu, di Amerika sana banyak spa yang tawarkan salt room, sebuah kamar khusus dengan dinding yang dilapisi garam himalaya. Jadi saat anda di dalamnya, maka garam akan masuk ke dalam saluran pernapasan, kemudian menipiskan lendir dan akhirnya meredakan inflamasi juga. Walau belum ada penelitian yang lebih lanjut dalam hal ini, namun banyak orang yang merasakan hasilnya setelah berada di dalamnya selama 45 menit kurang lebih.

Itulah dia beberapa manfaat garam himalaya untuk wajah dan tubuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.