Manfaat Garam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Keluarga Sehat, banyak yang memutuskan untuk diet garam karena ingin menurunkan berat badan. Lantas, apa hal ini aman? Ada banyak manfaat garam, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat saja.

bahkan ada banyak penelitian yang menyebutkan seseorang yang mengonsumsi garam secara berlebihan, buruk untuk tekanan darahnya. Tetapi menghilangkan garam dari makanan sama sekali, juga bukan hal yang baik.

Efek terlalu banyak mengonsumsi garam adalah darah tinggi atau hipertensi. Juga berbagai penyakit yang berkaitan dengan darah tinggi itu sendiri. Contohnya seperti stroke dan penyakit jantung koroner juga.

Solusi yang paling baik adalah membatasi konsumsi garam, supaya sesuai dengan kebutuhan akhirnya tubuh tetap mendapatkan manfaat garam.

Jumlah Kebutuhan Garam untuk Tubuh

Supaya konsumsi garam pas bagi tubuh, pastikan harus sesuai dengan usia kita. Semakin muda usia, maka makin sedikit pula asupan garam yang dibutuhkan tubuh kita. Maka berikut konsumsi garam yang paling direkomendasikan berdasarkan kriteria usia kita.

Bayi di bawah setahun, asupan garam kurang dari 1 gram sehari
Anak 1-3 tahun, jangan melebihi 2 gram per hari
Anak 4-6 tahun, jangan lebih dari 3 gram per harinya
Anak 7-10 tahun, direkomendasikan tidak melebihi 5 gram per harinya
Anak 11 tahun ke atas dan orang dewasa, maka konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 6 gram per harinya.

Manfaat Mengonsumsi Garam

Ada banyak manfaat garam yang mengandung iodium bagi tubuh. Misalnya dalam produksi hormon tirois. Selain itu, manfaat garam lainnya adalah :

Bisa mencegah gangguan perkembangan bayi

Sebab kekurangan garam bisa berakibat buruk untuk ibu hamil dan bayinya. Jadi yodium yang terlalu sedikit akan mengakibatkan janin mengalami gangguan pada fisik, mental dan otak.

Untuk memelihara kadar keseimbangan cairan tubuh

Karena garam membuat seseorang bisa berkeringat, juga sekaligus menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan bisa terhindar dari dehidrasi juga.

Untuk memelihara fungsi organ tubuh

Adanya natrium pada garam memiliki peran untuk pengiriman impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh. Juga untuk koordinasi jaringan otot kita. Jadi semua fungsi tersebut kelak berjalan optimal apabila kebutuhan garam bisa terpenuhi. Keseimbangan cairan tubuh bisa terjaga, seimbang tidak lebih dan tidak kurang juga.

Bisa mencegah IQ rendah

Sebab yodium sangat penting di tahun-tahun pertama kehidupan anak. Dalam studi menyebutkan bahwa anak yang kekurangan garam beriodium, ternyata memiliki IQ (Intelligence Quotient) yang lebih rendah dibandingkan yang cukup.

Leave A Reply

Your email address will not be published.