Manfaat Ginseng Amerika dan Korea untuk Kesehatan Tubuh, Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat Ginseng Amerika dan Korea untuk Kesehatan Tubuh, Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Infokeluarga.com – Manfaat Ginseng Amerika dan Korea untuk Kesehatan Tubuh, Yang Jarang Diketahui Banyak Orang. Manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak zaman dahulu. Tanaman herbal ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengobati berbagai kondisi, termasuk disfungsi ereksi.

Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, seperti Korea, Jepang, dan China. Namun, tanaman ini juga dapat ditemukan di Amerika Utara.

Baik ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea (Panax ginseng), keduanya memiliki senyawa aktif yang disebut ginsenosides. Zat ini baik untuk kesehatan karena mengandung sifat anti-inflamasi, antikanker, dan antioksidan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat ginseng Amerika dan ginseng Korea, mari simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Ginseng Amerika

Ginseng telah banyak dibudidayakan di Amerika. Namun, jenis ginseng dari Amerika memiliki sedikit perbedaan dengan ginseng dari Korea. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai manfaat kesehatan dari ginseng Amerika, termasuk:

1. Mencegah flu dan pilek

Salah satu manfaat ginseng Amerika yang terkenal adalah mencegah pilek dan flu pada orang dewasa. Manfaat tersebut berasal dari berbagai kandungan dalam ginseng yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

Tidak hanya mencegah flu, ginseng Amerika juga dapat mendukung dan mempercepat proses pemulihan tubuh ketika sedang sakit flu.

2. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng Amerika dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, ginseng Amerika juga baik untuk mencegah resistensi insulin pada orang sehat, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Semua ini diduga karena kandungan ginsenosides dalam ginseng Amerika, yang dapat mempengaruhi kadar insulin dalam tubuh dan menurunkan gula darah.

3. Mengurangi peradangan

Ginsenosides dalam ginseng juga dikenal memiliki efek anti-inflamasi. Efek ini membuat ginseng Amerika baik dikonsumsi untuk mengurangi peradangan dan keluhan tertentu akibat peradangan, seperti nyeri dan pembengkakan pada tubuh.

Manfaat ginseng juga disebut baik untuk mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Namun, efektivitas dan keamanan manfaat ginseng Amerika sebagai pengobatan masih belum jelas dan perlu penelitian lebih lanjut.

Beberapa Manfaat Ginseng Korea

Berbeda dengan ginseng Amerika, ginseng Korea dianggap memiliki manfaat lebih. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa diatasi oleh ginseng Korea:

1. Mengatasi gangguan ereksi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen atau obat herbal yang mengandung ekstrak ginseng Korea sebanyak 1.000 mg selama 8 minggu, dapat memperbaiki masalah disfungsi ereksi pada pria.

Studi menyebutkan bahwa ginseng dapat meningkatkan produksi senyawa oksida nitrat yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga membuat penis lebih mudah ereksi. Hal inilah yang menjadikan ginseng sebagai alternatif obat kuat herbal.

2. Meningkatkan stamina dan performa seksual pria

Tidak hanya untuk mengobati disfungsi ereksi, ginseng juga telah lama digunakan untuk meningkatkan stamina dan kinerja seksual pria serta mengobati ejakulasi dini.

Selain obat alami ejakulasi dini, ginseng korea juga berperan sebagai perangsang kesehatan seksual pria dengan memberikan energi saat lelah dan meningkatkan testosteron. Ginseng Korea juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan produksi sperma, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

3. Meringankan gejala menopause

Ginseng Korea juga digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala menopause.

Studi menunjukkan bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi ekstrak ginseng Korea berisiko lebih rendah mengalami masalah kesehatan terkait menopause, seperti penurunan hasrat seksual, penurunan kepadatan tulang, dan perubahan suasana hati.

4. Menjaga fungsi otak

Lansia lebih rentan terhadap penurunan fungsi otak, seperti pikun dan sulit berkonsentrasi, karena faktor penuaan. Untuk mengurangi risiko gangguan otak, lansia bisa mengonsumsi ginseng Korea.

Studi menunjukkan bahwa ekstrak ginseng Korea, yang kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Ramuan ini juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko berkembangnya masalah otak pada lansia, seperti demensia, penyakit parkinson, dan stroke.

Manfaat ginseng dapat dimaksimalkan, bila dikombinasikan dengan suplemen ginkgo biloba.

5. Mengobati penyakit paru-paru

Ginseng Korea dikenal memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Berbagai efek tersebut menjadikan tanaman ini baik untuk mengatasi masalah pada paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan bronkitis akut.

Penelitian juga menyatakan bahwa ginseng dapat mengurangi peradangan pada paru-paru dan meningkatkan perbaikan jaringan paru-paru.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti ginseng Amerika, ginseng Korea juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ginseng Korea baik untuk mencegah Anda terkena pilek atau flu.

Selain berbagai kondisi di atas, masih banyak manfaat ginseng korea yang diklaim baik untuk kesehatan, misalnya mengurangi risiko kanker dan mencegah diabetes tipe 2.

Namun, seperti halnya manfaat ginseng Amerika, berbagai klaim terkait manfaat ginseng Korea juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Ginseng

Meski alami, mengonsumsi tanaman herbal seperti ginseng Korea dan ginseng Amerika tetap harus hati-hati. Jika Anda ingin menggunakan ginseng sebagai pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Selain itu, ginseng juga tidak aman dikonsumsi oleh semua orang, terutama orang yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu, seperti:

  • Wanita hamil atau menyusui
  • Penyakit autoimun
  • Gangguan pembekuan darah
  • Penyakit jantung
  • Insomnia
  • Kondisi sensitif hormon, seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, atau fibroid rahim
  • Skizofrenia
  • Pasien yang akan menjalani prosedur medis tertentu, seperti transplantasi organ atau operasi

Ginseng, baik ginseng Amerika atau ginseng Korea, juga tidak dianjurkan untuk bayi, anak-anak, dan orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Konsumsi obat bersamaan dengan ginseng dikhawatirkan dapat menimbulkan interaksi obat.

Secara umum, ginseng baik dikonsumsi sebagai suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan. Namun, manfaat ginseng sebagai pengobatan atau pencegahan penyakit masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.