Manfaat Ikan Lele Bagi Anak

manfaat ikan lele

Keluarga Sehat, apa manfaat ikan lele bagi anak? seperti yang kita ketahui, bahwa ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi. Ikan lele banyak dibudidayakan, karena mudah dalam mengurusnya, cepat panen juga. Jenis ikan yang satu ini enak diolah menjadi apapun, dari mulai digoreng biasa, dibuat acar, bumbu cobek, bahkan juga dibuat menjadi abon.

Selan enak, ikan lele juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat ikan lele bagi anak yang harus Anda ketahui:

Mencerdaskan otak anak

Dengan adanya kandungan lemak dalam ikan lele, ternyata terdiri dari banyak sekali asam lemak omega-3. Nah, asam lemak yang satu Ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhan. Dengan mengonsumsi ikan lele, maka anak akan terhindar dari gangguan daya ingat, dan tidak mudah lupa, serta lebih berkonsentrasi.

Mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh anak

Mengonsumsi ikan lele akan memberikan kandungan protein, yang merupakan sumber energi yang sangat baik untuk menunjang aktivitas anak Anda sehari-hari. bahkan selain itu, adanya protein juga memiliki peran penting dalam membangun dan juga memperbaiki jaringan tubuh anak. Sudah termasuk membangun otot dan membangun sistem imun, bahkan menjadi bahan utama dalam pembangun enzim dan hormon tubuh juga.

Mampu mencegah anemia

Dalam semangkok ikan lele dengan berat 100 gram, jika dikonsumsi dalam sehari bisa mencukupi asupan vitamin B12 harian dari si kecil. Kandungan vitamin B12 yang ada dalam ikan lele ini berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Itulah mengapa vitamin yang satu ini harus dicukupi kebutuhannya setiap hari, supaya anak tidak sampai terkena anemia.

Sehatkan tulang dan gigi

Ternyata ikan lele juga menjadi salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang sangat mudah untuk ditemukan. Dengan adanya vitamin D dan kalsium perannya sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan juga gigi anak, lho. Apabila mencukupi kebutuhan harian vitamin dan kebutuhan mineral ini saat masa pertumbuhan anak, maka ia akan terhindar dari risiko osteoporosis serta aneka masalah gigi lainnya. 

 Akan menyehatkan jantung

Perlu diketahui bahwa penyakit jantung ternyata tidak hanya mengintai orang dewasa saja. Sebab anak-anak juga bisa mengalami penyakit ini lho. Maka karena itu dalam rangka menjaga jantung Si Kecil supaya tetap sehat, maka perhatikan asupan protein dan juga asam lemak omega-3 untuk anak didapatkan dari aneka ikan, salah satunya adalah ikan lele.

Mampu melindungi sistem saraf

Banyak orang tua yang khawatir memberikan ikan lele karena kandungan merkurinya, padahal dalam ikan lele kandungan merkurinya sangat rendah, Sehingga masih sangat aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk anak-anak. Sebagai informasi, kadar merkuri tinggi bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan, salah satunya seperti kerusakan saraf, apalagi pada usia kanak-kanak. Karena kandungan merkurinya rendah, jadi jangan ragu untuk memberikan ikan lele untuk si kecil.

Itulah dia beberapa manfaat ikan lele untuk anak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.