Manfaat Jeruk Yuzu yang Populer

manfaat jeruk yuzu

Keluarga Sehat, buah jeruk yuzu memang masih agak asing di telinga masyarakat Indonesia. Ternyata, buah kelompok jeruk ini sudah sangat populer di Asia Timur sebab manfaat jeruk Yuzu yang segudang.

Jadi, buah yuzu atau Citrus junos ini buah dari kelompok sitrus (jeruk). Memiliki wangi lebih harum dan rasa yang lebih asam dibanding jeruk lainnya. Awalnya dari Cina, namun Korea dan Jepang yang lebih banyak membudidayakannya. Biasanya dijadikan kebutuhan kuliner dan obat herbal, juga untuk kecantikan.

Manfaat Jeruk Yuzu

Dalam jeruk yuzu, kandungan utamanya adalah vitamin C, bahkan 3x lipat lebih besar dibandingkan buah lemon. Bahkan mengandung nutrisi yang lainnya, misal serat, vitamin E dan A, berbagai mineral dan senyawa aktif seperti limonoid, karotenoid dan flavonoid.

Karena nutrisi yang banyak terkandung pada buah yuzu, wajar bila buah ini bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan kita. Beberapa manfaat jeruk yuzu yang akan diperoleh bila mengonsumsinya secara rutin adalah:

Tingkatkan Kekebalan Tubuh]

Di dalam buah jeruk Yuzu ada vitamin C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, dan mampu memperkuat kekebalan tubuh. Berbagai infeksi bisa dicegah dan terhindar dari penyakit skorbut (pelemahan struktur kolagen tubuh). termasuk pada kulit.

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian, mampu mempercepat penyembuhan ISPA. Juga bisa mencegah penyakit diare, malaria, dan pneumonia juga lho.

Aliran Darah Lancar

Ada macam-macam gangguan kesehatan karena aliran darah yang tak lancar, contohnya serangan jantung dan stroke. Dari beberapa penelitian ditunjukkan bahwa ekstrak buah yuzu mencegah pembentukan gumpalan darah (yang bisa menyumbat pembuluh darah). Maka karena itu, akhirnya aliran darah pun menjadi lancar dan semua organ-organ tubuh bisa bekerja secara maksimal sebagaimana seharusnya.

Kesehatan Otak Terjaga

Semua nutrisi yang ada di dalam jeruk yuzu akan membantu untuk pelihara kesehatan otak kita. Juga mampu meningkatkan daya ingat, bahkan konon bisa mencegah demensia dan penyakit Alzheimer juga. Sayangnya, penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan membutuhkan kajian lebih lanjut supaya bisa memastikan manfaatnya pada manusia.

Kita juga tahu jika jeruk yuzu memiliki aroma yang menenangkan, sehingga banyak yang menggunakannya sebagai aromaterapi. Aroma jeruk yuzu meredakan kecemasan, kebingungan, ketegangan, dan stres.

Buah jeruk yuzu tidak hanya memberikan manfaat yang telah disebutkan di atas, juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi kadar kolesterol. Secara keseluruhan, mampu membantu tingkatkan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.