Manfaat Konsumsi Karbohidrat setelah Olahraga, Salah Satunya Bantu Kontrol Gula Darah

infokeluargasehat.com – Manfaat Konsumsi Karbohidrat setelah Olahraga, Salah Satunya Bantu Kontrol Gula Darah. Olahraga signifikan dijalankan untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan terhindar berasal dari beragam penyakit. Olahraga yang ditunaikan juga bukan mesti olahraga berat atau intensitas tinggi, memadai laksanakan apa yang mengakibatkan Kamu nyaman.

Ketika selesai berolahraga, Kamu bisa saja merasa lelah dan lapar. Lantas Kamu bertanya-tanya, apakah sebaiknya konsumsi karbohidrat atau bukan.

Jikalau Kamu lakukan olahraga enteng layaknya berlangsung cepat atau peregangan kala istirahat makan siang, Kamu kemungkinan bukan harus mengisi lagi bahan bakar bersama karbohidrat sesudahnya.

Walaupun demikian, kalau latihan yang ditunaikan lebih berat, tersebut barangkali bisa menghabiskan simpanan glikogen Anda—sumber daya untuk kesibukan intensitas tinggi.

Ketika glikogen di otot habis, jaringan otot akan rusak. Untuk menopang proses recovery sehabis olahraga, makan karbohidrat adalah sebuah keharusan.

“Karbohidrat sesudah latihan mendukung tubuh melepaskan insulin, yang mengembalikan simpanan glikogen yang baru saja digunakan selama sesi latihan Kamu,” kata pakar diet dan instruktur pribadi Anthony Dimarino, Rd, CPT berasal dari Eat Move Improve.

Kegunaan yang diperoleh lebih besar bila karbohidrat disandingkan bersama dengan protein. Protein dan karbohidrat bekerja serupa secara sinergis untuk menambah laju penyimpanan glikogen tubuh.

Karbohidrat adalah makronutrien berarti untuk menunjang proses pemulihan sesudah olahraga. Berikut adalah empat alasan mengapa Kamu mesti melahap semangkuk nasi sehabis sesi latihan menurut website Verywell Fit:

1. Karbohidrat Mendukung Menghambat Kelelahan sehabis Berolahraga

karena tubuh cenderung mengenakan glikogen untuk kekuatan selama kegiatan berat, ketika glikogen yang tersimpan habis, Kamu barangkali merasa layaknya tengah berlari di atas asap.

Konsumsi karbohidrat mampu menolong Kamu pulih lebih cepat dan merasa lebih sedikit lelah.

Penelitian juga membuktikan bahwa makan karbohidrat sehabis olahraga menghasilkan kapasitas kekuatan tahan yang lebih besar untuk sesi berikutnya.

Melahap camilan tinggi karbohidrat hari ini penting punya kinerja yang lebih baik besok.

2. Karbohidrat Menunjang Kontrol Gula Darah

Beberapa besar olahraga memicu gula darah turun. Untuk Meningkatkannya lagi, jangan ragu untuk makan camilan kaya karbohidrat.

Ini bisa menghambat gejala hipoglikemia yang bukan menggembirakan layaknya gemetar, sakit kepala, kabut otak, dan detak jantung yang cepat.

3. Karbohidrat Menopang Proses Pemulihan Otot

Kamu bisa saja menganggap protein sebagai satu-satunya makronutrien yang membangun otot, namun karbohidrat punyai peran pendukung didalam perkembangan otot.

Karbohidrat menopang asam amino untuk hingga ke otot lebih cepat, menunjang pemulihan dan perkembangan yang lebih cepat. Ini juga menunjang menaikkan sintesis protein dan kurangi pemecahan protein.

4. Karbohidrat Menolong Turunkan Persentase Kortisol

Manfaat Konsumsi Karbohidrat setelah Olahraga, Salah Satunya Bantu Kontrol Gula Darah

kortisol atau yang kerap disebut sebagai “Hormon stres” meningkat sebagai respons pada gula darah rendah. Ketika Kamu mengisi lagi karbohidrat untuk mempertahankan gula darah terus stabil, hal tersebut sanggup turunkan takaran kortisol.

Sesudah Mengerti bahwa karbohidrat baik disantap sehabis sesi pendinginan, Kamu kemungkinan bertanya-tanya, “Apakah seluruh karbohidrat baik dikonsumsi sehabis berolahraga?” Jawabannya, bukan juga.

“Karbohidrat kompleks merupakan yang paling baik sebab ini akan bisa disimpan sebagai glikogen,” kata Dimarino. Makanan bersama dengan karbohidrat kompleks adalah yang kaya akan serat, misalnya biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan kentang.”

Walaupun demikian, platform pencernaan kadang-kadang mengalami persoalan kalau mengkonsumsi makanan berserat tinggi tepat sehabis olahraga berat. “Karbohidrat simple bisa ditoleransi lebih baik sehabis berolahraga,” ujar Dimarino.

Oleh sebab tersebut, signifikan untuk mencoba kombinasi yang berbeda waktu berolahraga untuk menentukan makanan yang paling cocok dan berfaedah bagi Kamu..

Kadar Saji

adapun berkaitan jumlah karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi, Dimarino mengatakan, “Biasanya 15-45 gram karbohidrat sesudah latihan (Bersama dengan karbohidrat yang lebih tinggi sesudah sesi yang berat) baik.

Rasio 3-4 karbohidrat per protein sudah terbukti berfungsi. Kombinasi ini amat mungkin tubuh pulih bersama mengembalikan simpanan glikogen yang dikonsumsi dan memperbaiki otot yang rusak selama sesi latihan.”

Makanan dan camilan yang sanggup dikonsumsi sehabis olahraga, misalnya:

-Sandwich kalkun bersama dengan roti gandum utuh
-Cracker dan hummus
-Selai kacang dan pisang
-Smoothie bersama dengan Greek yogurt dan beri
-Salad tuna bersama dengan apel dan almond

Untuk memperoleh faedah mengonsumsi karbohidrat sesudah berolahraga, berarti untuk mengonsumsinya didalam jangka kala eksklusif.

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk melahap karbohidrat di dalam selagi satu jam sehabis merampungkan olahraga intens.

Kendati demikian, terdapat lebih dari satu orang merasa lebih puas ngemil baru sesudah itu makan bersama dengan jeda sedikit lebih lama sesudah olahraga. Oleh gara-gara tersebut, sesuaikan bersama dengan tubuh Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *