Manfaat Madu untuk Kesehatan Kita

Keluarga Sehat, madu merupakan salah satu hasil alam yang banyak digemari oleh masyarakat. Kandungan vitamin yang terdapat pada madu dipecaya mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah menjaga stamina, menyembuhkan berbagai penyakit, mencegah penyakit tertentu serta meningkatkan imunitas tubuh anda.

Madu begitu mudah ditemui baik itu dijual di toko atau mengambil langsung dari alam. Namun untuk produk madu yang sudah jadi pun tetap berkualitas tanpa mengurangi kandungan vitamin yang ada.

Jika anda ingin mengkonsumsi madu, anda bisa mengkonsumsinya langsung ataupun diolah menjadi cemilan atau makanan tertentu. Minum sesendok madus etiap pagi dapat menyegarkan tubuh anda. Atau cobalah konsumsi madu sebagai tambahan minum teh, sirup untuk pancake atau dicampur dengan buah.

Selain manfaat secara umum, ternyata ada banyak sekali manfaat lain yang lebih spesifik jika anda mengkonsumsi madu. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi madu yang harus anda ketahui :

Menambah Energi

Madu merupakan cairan bertekstur kental dengan rasa manis yang diproduksi oleh lebah. Madu berasal dari sari bunga sehingga tak diragukan lagi kandungan vitaminnya. Lebah mengumpulkan gula dari nektar bunga. Lebah memanfaatkan madu sebagai cadangan makanan. Untuk manusia sendiri, madu kerap dimanfaatkan untuk obat, bahan makanan maupun bahan dasra produk kecantikan.

Dalam satu sendok madu ada 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Kandungan-kandungan ini lah yang membuat madu menjadi sumber energi bagi tubuh. Glukosa dapat diserap oleh tubuh dan menjadikannya energi. Lalu fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat. Sehingga energi terus diproduksi seiring berjalannya waktu (dalam jangka waktu yang lama). Itulah mengapa mengkonsumsi madu dapat menjadi energy booster atau penambah energi. Tak heran jika banyak pendaki gunung yang kerap mengkonsumsi madu saat perjalanan mendaki.

Mengobati batuk

Ternyata mengkonsumsi madu juga bisa meredakan dan menyembuhkan batuk yang membandel. Hal itu dikarenakan sifat anti-mikroba dalam madu yang bisa membunuh bakteri tertentu. Konsumsi madu dicampur dengan air hangat bisa membantu meredakan tenggorokan gatal sekaligus menyembuhkan batuk yang membandel.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengkonsumsi maduy ternyata juga bisa meningkatkan kualitas tidur anda. Terlebih jika anda mengidap insomnia, cobalah secara rutin untuk mengkonsumsi madu. Madu dapat melepaskan serotonin yang kemudian akan diubah menjadi melatonin. Senyawa kimia inilah yang kemudian bisa mengatur kualitas tidur anda, anda bisa mengkonsumsi sesendok madu yang dicampur dengan susu atau teh hangat sebelum tidur.

Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Pengobatan menggunakan madu sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Hal ini didasarkan pada khasiat penyembuhan madu yang berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya. Itulah mengapa banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi madu bagi mereka yang sedang menjalani proses penyembuhan pasca sakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan pada tikus dan manusia menunjukkan sedikit penurunan tekanan darah dengan mengonsumsi madu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dari madu yang lainnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung anda. Madu diketahui dapat membantu pembesaran arteri di jantung sehingga meningkatkan aliran darah ke jantung. Di samping itu, madu juga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Mengontrol berat badan

Sebuah studi yang terbit dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010 menemukan bahwa madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Konsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur. Penting bagi anda yang sedang menjalankan diet untuk memasukan madu ke dalam daftar makanan anda. Konsumsi madu juga bisa mengganti gula sebagai pemanis hidangan anda.

Itulah beberapa khasiat dari mengkonsumsi madu yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas mengkonsumsi madu karena manfaatnya yang banyak sekali bagi tubuh anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.