Manfaat Mandi Air Dingin

Mandi merupakan sebuah kegiatan membersihkan badan yang wajib dilakukan setiap hari. Idealnya, mandi adalah dua kali sehari namun tak jarang yang melakukannya hanya sekali sehari. Anak-anak hingga dewasa sangat wajib membersihkan badannya untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di badan.

Mandi dengan air dingin di siang hari sangat menyegarkan, begitu juga dengan mandi air hangat di malam hari sangat menenangkan. Kedua jenis air yang digunakan tersebut masing-masing memiliki kelebihan sendiri yang baik bagi tubuh

Namun tak jarang juga orang menggunakan air hangat untuk mandi setiap waktu. Padahal air dingin tak kalah berkhasiat lho untuk kesehatan tubuh .
Terlebih jika anda sangat aktif beraktivitas sehari-hari, sangat penting mandi dengan air dingin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesegaran dan kebugaran tubuh agar lebih maksimal dalam menjalankan hari.

Berikut beberapa manfaat mandi air dingin yang perlu anda ketahui :

Meningkatkan kewaspadaan

Ternyata mandi air dingin dapat membuat seseorang merasa lebih waspada, terutama karena efeknya pada tubuh. Selain membuar segar, mandi air dingin juga memiliki efek fisiologis sepert meningkatkan denyut jantung, meningkatjan tekanan daeah, meningkarkan laju pernafasan yang kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal itu terjadi karena tubuh harus bekerja keras mempertahankan suhu tubuh inti. Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat anda lebih semangat dalam menjalankan aktivitas.

Meningkatkan endorfin

Manfaat mandi air dingin yang lain adalah sebagai salah satu terapi atau metode pengobatan holistik yang dipercaya untuk mengatasi depresi. Dengan mandi air dingin selama lima menit sebanyak dua atau tiga kali perminggu terbukti membantu meringankan gejala depresi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu riset yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One membuktikan, orang yang mandi air dingin 29 persen lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit.Manfaat ini terjadi karena air dingin dapat merangsang leukosit yang membantu melawan infeksi dalam tubuh.Riset juga membuktikan, mandi air dingin membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu.Dalam dunia medis, orang yang bersiap untuk operasi biasanya disarankan untuk mandi air dingin sebagai persiapan.

Memperlancar sirkulasi tubuh

Ketika anda mandi dengan air dingin membuat tubuh bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Hal ini turut membantu sistem sirkulasi dalam tubuh agar berjalan lebih efisien.

Mandi air dingin juga membantu aliran darah dalam tubuh lebih lancar sehingga sangat baik untuk orang dengan sirkulasi tubuh yang buruk, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Dengan rutin mandi air dingin, secara otomatis tubuh akan melakukan terapi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda terlebih untuk membantu menyembuhkan penyakit-penyakit seperti darah tinggi dan diabetes.

Mencegah Kantuk

Manfaat lain mandi air dingin yang sangat terasa di tubuh adalah mencegah kantuk. Dengan suhu air yang dingin, membuat otak lebih segar dan tubuh menjadi lebih siap untuk beraktivitas. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk mandi air dingin di pagi hari agar bisa menjalani kegiatan dengan maksimal.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat mandi air dingin yang bisa anda dapatkan. Wah, banyak sekali ya manfaatnya? Maka dari itu, rajinlah mandi dengan air dingin untuk menambah kesegara dan kebugaran tubuh anda. Tidak ada salahnya untuk selalu mandi air dingin di pagi hari atau sore hari selesai beraktivitas. Karena manfaatnya banyak dan juga menyegarkan tubuh anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya !

Leave A Reply

Your email address will not be published.