Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat memang sangat enak. Selain tidak membuat tubuh dingin, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih nyaman dan relaks. Mandi dengan air hangat sangat nyaman dilakukan pagi hari ataupun malam hari. Ditambah dengan wewangian aroma terapi atau sabun dengan aroma yang menenangkan.

Biasanya, orang yang mandi air hangat adalah anak kecil dan lansia. Namun tak jarang juga banyak orang-orang dengan usia prima yang memilih air hangat sebagai proses relaksasi diri saat lelah sehabis beraktivitas.

Tahukah anda bahwa mandi air hangat tak hanya membuat tubuh nyaman namun juga membuat tubuh sehat. Ada banyak sekali manfaat mandi dengan air hangat yang perlu anda ketahui.

Berikut beberapa manfaat mandi menggunakan air hangat yang berhasil kami rangkum untuk anda :

Terapeutik Tubuh

Mandi air hangat dapat memberikan efek terapi bagi tubuh anda. Karena kulit merilis hormon endrofin ketika dibasahi oleh air hangat. Maka dari itulah, mandi aie hangat dapat memberi efek terapeutik karena aliran darah ke kulit menjadi lebih banyak.

Meningkarkan Kualitas Pernafasan

Mandi air hangat ternyata mampu meningkatkan kapasitas paru-paru. Ketika mandi air hangat, tekanan pada dada meningkat serta asupan oksigen menjadi lebih banyak. Secara ilmiah mandi air hangat bisa menurunkan resiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula darah, hingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi air hangat bisa membuat kualitas tidur anda menjadi lebuh baik. Mandi air hangat bisa membuat anda lebih cepat tertidur. Mandi air hangat sangat cocok bagi anda pengidap insomnia.

Membantu Membakar Kalori

Mandi air hangat ternyata juga mampu membakar kalori! Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mandi air hangat dapat membakar kalori sampai 126 kalori per jam. Wajar saja jika banyak orang yang memilih mandi air hangat setelah gym atau berolahraga yang lain.

Membantu Meredakan Rasa Sakit

Mandi dan berendam dengan air hangat ternyata mampu menguatkan otot-otot tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kuat. Jika anda merasakan lelah setelah beraktivitas seharian maka cobalah untuk berendam atau mandi air hangat. Dengan begitu tubuh anda akan terasa lebih relaks dan sakit atau pegal yang dirasa akan berkurang.

Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menyebutkan bahwa mandi dengan air hangat terbukti bisa menstimulasi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah protein yang memiliki banyak fungsi untuk otak, seperti mempromosikan kelangsungan hidup sel-sel saraf, mempromosikan pertumbuhan, pematangan, dan memeliharaan sel saraf, meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu dan mengingat,

Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat mandi air hangat yang lainnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian pada tahun 2014 menyebutkan bahwa air hangat bisa meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung. Pembuluh darah akan melebar ketika terekspos dengan temperatur tinggi. Sehingga akan melancarkan peredaran darah sehingga membantu menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Meredakan Sakit Kepala

Jika anda merasakan sakit kepala yang tak kunjung sembuh mungkin sudah saatnya berendam di air hangat. Berendam di air hangat akan membuat pembuluh darah di kepala menjadi lebih rileks sehingga lepas dari tekanan sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat mandi atau berendam dengan air hangat yang bisa anda rasakan. Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa anda rasakan asalkan gunakan air yang hangat tidak panas agar tubuh dapat merasakan manfaat yang maksimal.

Tidak lupa gunakanlah sabun dengan aroma yang dapat membuat rileks agar dapat membantu memaksimalkan manfaat mandi air hangat. Semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat bagi anda yang sudah membaca. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.