Manfaat Minuman Elektrolit dan Cara Pembuatannya Untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Minuman Elektrolit dan Cara Pembuatannya Untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kamu Ketahui

infokeluargasehat.com – Manfaat Minuman Elektrolit dan Cara Pembuatannya Untuk Kesehatan Tubuh, Yang Perlu Kamu Ketahui. Halo semuanya, kita bertemu lagi dengan admin yang saat ini sedang memberikan informasi tentang Minuman Elektrolit yang sedang dicari di berbagai media sosial, dan jika anda penasaran maka simak terus sampai selesai.

Minuman elektrolit yang sering dikonsumsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berkeringat, muntah, atau diare. Tidak hanya mengatasi kekurangan cairan minuman elektrolit juga dapat mencegah dehidrasi.

Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ditemukan di banyak sel dan jaringan di tubuh manusia. Mineral ini juga dapat ditemukan dalam cairan tubuh, seperti darah, keringat, dan urin.

Ada banyak jenis elektrolit yang ditemukan dalam tubuh, termasuk natrium, fosfat, kalium, klorida, magnesium, dan kalsium. Elektrolit dapat diperoleh dari makanan, suplemen, dan minuman tertentu, termasuk minuman elektrolit.

Fungsi elektrolit dalam tubuh

Elektrolit memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu:

  • Pastikan saraf, otot, jantung dan otak normal
  • Buang sisa metabolisme dari sel
  • Membawa nutrisi ke dalam sel
  • Menjaga keseimbangan kadar asam/basa (pH) tubuh
  • Mengontrol atau menyeimbangkan permukaan air dalam tubuh

Kadar elektrolit dalam tubuh harus selalu disimpan dalam kisaran normal, agar fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik. Perubahan kadar elektrolit bisa terjadi saat tubuh mengalami dehidrasi, misalnya karena muntah, diare, atau keringat berlebih.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minuman elektrolit

Secara umum, air biasa mengandung elektrolit yang cukup untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat tubuh membutuhkan asupan elektrolit tambahan, antara lain:

1. Setelah berolahraga

Jika Anda berolahraga lebih dari 1 jam dengan intensitas kuat atau dalam cuaca panas, Anda perlu mengganti elektrolit yang hilang karena keringat dengan mengonsumsi minuman elektrolit.

Minuman ini bermanfaat untuk memulihkan kandungan air dan elektrolit dalam tubuh. Tak hanya itu, beberapa minuman elektrolit untuk olahraga telah ditambahkan gula agar tubuh bisa mendapatkan tambahan energi.

2. Sedang Sakit

Saat mengalami diare atau sering muntah, tubuh juga membutuhkan asupan cairan dan elektrolit agar tidak mengalami dehidrasi. Salah satu pilihan minuman elektrolit yang baik dikonsumsi saat diare atau muntah adalah oralit.

Namun, jika diare berlangsung lebih dari 24 jam atau begitu parah hingga membuat Anda merasa lemas, konsultasikan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

3. Aktivitas di tempat yang panas

Paparan sinar matahari atau di ruangan yang panas dalam waktu lama membuat Anda berisiko terkena stroke panas. Minum air atau elektrolit dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga suhu tubuh.

Namun, hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein, seperti soda, kopi, dan teh. Kedua jenis minuman tersebut justru bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

Cara membuat minuman elektrolit sendiri di rumah

Berbagai jenis minuman elektrolit bisa Anda temukan di toko serba ada, minimarket, atau supermarket terdekat. Namun, Anda juga bisa membuat minuman elektrolit sendiri di rumah. Berikut resep minuman elektrolit yang bisa Anda coba:

Bahan

  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 cangkir jus delima
  • 1/4 cangkir jus lemon
  • 1 cangkir air kelapa tanpa tambahan pemanis
  • 2 gelas air dingin

Bagaimana membuatnya 

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Selanjutnya tuang ke dalam gelas dan sajikan. Untuk menambah kesegaran, Anda bisa menambahkan es batu.

Agar lebih sehat, Anda harus memilih minuman elektrolit yang tidak mengandung pemanis atau tambahan gula. Ini karena asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Mungkin informasi yang kami sajikan di sini dapat membantu dan menemukan apa yang Anda cari. Jangan Lupa Untuk Selalu Mengunjungi Kembali Website Kami Karena akan Selalu memberikan informasi terbaru, Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.