Manfaat Oatmeal Selain untuk Menurunkan Berat Badan

Keluarga Sehat, ternyata ada banyak manfaat oatmeal bagi tubuh lho. Bisa dicoba dengan mengganti menu sarapan nasi dengan oatmeal saja. Tak hanya mengandung banyak serat, tapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Cukup dengan menyantap semangkok oatmeal saat pagi, maka kita siap untuk beraktivitas dengan penuh energi. Ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya, itulah mengapa manfaat oatmeal tak hanya menurunkan berat badan saja. Namun masih banyak lagi.

Macam Macam Nutrisi yang Terkandung pada Oatmeal

Oat menjadi bahan utama dari oatmeal dan merupakan makanan yang sehat sekali. Di dalam oat itu sendiri terkandung lebih dari 50 nutrisi. Contohnya saja serat, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, folat, kalsium,fosfor, magnesium, folat, fosfor, zat besi dan masih banyak lagi. Tak hanya baik untuk tumbuh kembang kita, namun juga sebagai nutrisi penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan berbagai proses alamiah lain di dalam tubuh kita.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam oat mayoritas didapat dari pati atau tepung halus. Di dalamnya juga ada serat unik yang bernama beta glucan dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan bisa turunkan kadar gula juga insulin dalam darah lho. Jadi tak cuma kaya akan vitamin dan serat, terkandung juga antioksidan yang konon mampu mencegah penyakit kronis pada jantung kita.

Apa Saja Manfaat Oatmeal?

Ada segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka sudah tentu manfaat bubur oatmeal yang lezat dan sehat ini segudang. Di bawah adalah beberapa di antaranya :

Mampu menjaga berat badan

Karena oatmeal mengandung serat yang bisa bertahan lama di perut kita. Akhirnya membuat kita kenyang lebih lama dan mampu mencegah kita ngemil atau sering makan. Efeknya adalah berat badan bisa terjaga dengan baik.

Bisa menurunkan kolesterol

Rajin konsumsi oatmeal yang mengandung serat, maka bisa menghambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam usus kita. Jika mengosumsi serat setidaknya 6 gram atau sekitar 1 1/2 cangkir (atau bahkan lebih) mampu kurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mampu kurangi risiko serangan jantung

Jika rutin mengonsumsi oatmeal selama beberapa minggu, maka kolesterol jahat akan turun kadarnya dan risiko penyakit jantung juga akan berkurang.

Bisa menstabilkan gula darah

Manfaat oatmeal lainnya adalah memperlambat penyerapan gula dan bisa membantu memperbaiki kadar gula darah dalam tubuh. Dengan rajin mengonsumsi makanan dengan serat larut seperti oatmeal, mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 lho.

Tidak hanya menjadi makanan sehat, oatmeal juga bagus untuk masker kulit dan wajah. Namun walau menyehatkan, banyak yang kurang suka karena hambar. Oleh karena itu, konsumsi oatmeal dengan mencampurnya dengan buah, atau masukkan gula merah maupun madu ke dalamnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.