Manfaat Pare untuk Kesehatan

manfaat pare untuk kesehatan

Keluarga Sehat tahukah tentang manfaat pare untuk kesehatan? Adapun manfaat pare untuk kesehatan yang terkenal adalah menurunkan gula darah. Sebab beberapa studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi pare dapat menurunkan gula darah. Juga menurunkan kadar HbA1c pada penderita diabetes tipe 2.

Dalam pare mengandung senyawa kimia dengan peran seperti insulin, jadi dapat menurunkan gula. Walau begitu, ada pula studi lain yang menyatakan bahwa pare tidak sebagus itu dalam pengobatan diabetes. Itulah kenapa, manfaat pare untuk diabetes masih membutuhkan penelitian lebih banyak.

Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Lainnya

Mengatasi gangguan pencernaan

Memiliki rasa yang pahit membuat pare dipercaya mengatasi konstipasi. Tetapi, efek samping pare memicu rasa mulas sehingga memperparah gejala maag juga.

Bisa Melawan infeksi

Sayur pare dapat digunakan supaya bisa melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, misalnya seperti Streptobaccilus, E. coli, Salmonella, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas.

Bisa meningkatkan imunitas pada penderita kanker dan HIV

Dibuktikan dengan berdasarkan studi, ternyata pare dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Sehingga digunakan untuk melawan virus seperti HIV. Dari studi juga menunjukkan bahwa sayur pare memiliki sifat antikanker juga. Bahkan ekstrak dari buah pare diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Walau demikian masih diperlukan penelitian klinis lebih lanjut.

Supaya mengurangi peradangan pada penyakit liver

Antioksidan pada pare diketahui mampu mengikat radikal bebas dan bisa mengurangi peradangan pada penyakit hati. Tetapi pada manusia efek ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bisa menurunkan berat badan

Dilihat pada percobaan yang dilakukan pada hewan percobaan, ternyata pare menunjukkan pengaruh pada berat badan yang turun. Kemudian, pare juga dipercaya mampu mengatasi batu ginjal, abses kulit, dan luka. Hanya saja data tersebut belum terkonfirmasi, butuh penelitian yang akurat dan terpercaya yang lebih banyak.

Walau memiliki banyak manfaat, kita harus memperhatikan konsumsi pare. Sebab konsumsi berlebihan dalam jangka panjang tidak disarankan.

Apakah Pare Aman untuk Ibu Hamil

Si pare memang dikenal bermanfaat, hanya saja sayur yang satu ini tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Walau diolah dalam masakan maupun jika dimakan langsung. Sebab senyawa kimia dalam pare, ternyata diduga bisa memicu perdarahan pada rahim dan menimbulkan keguguran. Kemudian ibu menyusui juga tidak disarankan mengonsumsi pare, sebab zat aktif yang ada di dalamnya bisa ditransfer pada bayi melalui ASI yang diminum.

Memang sejauh ini penelitian yang membahas akan bahaya dan juga manfaat dari pare untuk bumil masih sedikit. Apabila ingin mengonsumsinya saat hamil, baiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.