Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Keluarga Sehat pernah mendengar saffron? Yang disebut Saffron merupakan rempah yang menjadi penyedap rasa. Namun juga menjadi pewarna, serta perisa makanan. Walau lebih terkenal sebagai bumbu, namun juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat safron bagi kesehatan?

Adapun bentuk saffron seperti benang halus dan juga tipis dengan warna merah. Asalnya dari bunga Crocus sativus, bahkan menjadi salah satu rempah yang mahal di dunia. Sebab cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, bahkan butuh teknik khusus. Untuk 1 gram benang saffron, butuh 150 bunga.

Manfaat Saffron

Telah ada sejumlah penelitian yang menunjukkan jika saffron memang memiliki manfaat hebat. Beberapa di antaranya :

Menangkal Radikal Bebas

Ternyata saffron mengandung berbagai komponen antioksidan, mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Utamanya yang diakibatkan radikal bebas. Bahkan telah kita ketahui, bahwa radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Misalnya penyakit jantung dan juga kanker.

Untuk Mengurangi Berat Badan

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen saffron, selama 8 minggu akan mengalami penurunan nafsu makan. Berat badannya turun lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita tak konsumsi saffron.

Meningkatkan Mood

Hasil positif dari beberapa penelitian yang dilakukan pada pasien depresi. Ternyata suplemen saffron bisa dijadikan tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang. Efek sampingnya juga cenderung minimal. Selain itu saffron juga memiliki efek antiradang dan antioksidan, juga perlindungan pada saraf atau neuroproteksi.

Membantu pengobatan kanker

Saffron bisa menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Adanya komponen antioksidan crocin dalam saffron membuat sel kanker lebih sensitif kemoterapi. Tapi masih perlu penelitian lebih lanjut dan dibuktikan secara klinis.

Bisa menurunkan kadar lemak darah

Konsumsi dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Juga meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein)

Walau banyak sekali manfaat saffron bagi kesehatan, namun masih dibutuhkan uji klinis yang lebih mendalam. Setidaknya Keluarga Sehat bisa mengonsumsi saffron secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.