Masalah Wajah Saat Hamil dan Perawatannya

Ada banyak masalah wajah saat hamil, dan perawatannya tak boleh sembarangan. Keluarga sehat harus tahu bagaimana cara merawat diri bagi ibu hamil. Sebab ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang rentan. Selain itu, kesehatan janin yang ada di dalam rahim pun harus diperhatikan.

Berbagai Masalah Wajah Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa masalah yang akan muncul saat sedang hamil. Lengkap dengan Bagaimana cara merawat wajah saat hamil. Silahkan disimak :

Jerawat

Ini adalah masalah pertama yang paling banyak dialami. Adapun jenis jerawat yang muncul pun berbeda, ada jerawat ringan sampai dengan yang sangat parah. Rata-rata jerawat yang muncul saat hamil itu karena hormon androgen yang meningkat. Akhirnya kelenjar minyak di kulit pun akan memproduksi lebih banyak sebum. Akhirnya muncul jerawat yang tak tertahankan.

Saat hamil bisa menggunakan obat oles yang mengandung azelaic acid, glycolic acid, alpha hydroxy acid, atau sulfur. Tetapi jauh lebih baik jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Chloasma atau Bercak di Wajah

Saat sedang hamil juga bisa saja muncul bercak kehitaman. Memang belum ada kepastian penyebab awal munculnya bercak ini. Namun diperkirakan jika karena  meningkatnya hormon progesteron, MSH atau hormon penghasil sel kulit yang menghasilkan pigmen warna kulit. Hal itu menyebabkan warna kulit ibu hamil menjadi lebih gelap. Akhirnya bercak pun muncul di pipi, hidung, kening dan juga bibir. Namun terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya bercak hitam di wajah tersebut.

Untuk yang satu ini tak perlu khawatir, sebab rata-rata akan hilang setelah ibu melahirkan. Akan tetapi jika ingin mengurangi bercak di wajah maka gunakan concealer. Bisa juga dengan menggunakan sunblock yang mengandung SPF 30 atau lebih.

Adapun tabir surya ini memiliki fungsi melindungi kulit dari sinar UV.  Pastikan juga melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Maksudnya supaya bisa mendapatkan advise yang paling tepat sesuai dengan kondisi kulit dan kesehatan ibu hamil.

Untuk ibu hamil, menggunakan skincare pun tidak boleh sembarangan. Jadi kita pun harus mengetahui kandungan apa saja yang bisa berbahaya bagi ibu hamil. Ada banyak informasi mengenai hal ini di Google. Akan tetapi supaya lebih tenang dan lebih jelas lagi, maka lakukan konsultasi dengan ahlinya, yaitu dokter.

Selalu terapkan pola hidup sehat, supaya tak hanya kesehatan ibu hamil dan janin yang terjaga, namun juga kulitnya. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka perubahan hormon saat hamil tak akan terlalu membuat khawatir. Jangan lupa juga untuk selalu berpikir positif, supaya bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Keluarga sehat terbentuk dari jiwa dan raga yang sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.