Memilih Sabun yang Tepat untuk Kesehatan Kulit

memilih sabun yang tetap

Keluarga sehat pasti ingin kulit bersih, segar, dan nyaman bukan? Maka harus memilih sabun mandi disesuaikan dengan jenis kulit. Adapun jenis kulit yang terbagi menjadi kulit kering, berminyak, ataupun sensitif.

Masing-masing memiliki preferensi pribadi saat memilih sabun mandi. Nah, pemilihan sabun biasanya hanya didasari pada keinginan tampil bersih, terasa segar, dan wangi. Sebenarnya pemilihan sabun yang kurang tepat menyebabkan kulit kering, gatal, parahnya jadi mengalami iritasi. Bahkan kandungan sabun yang iritatif bisa memicu kulit kering, gatal, dan kemerahan pada jenis kulit sensitif lho.

Cara Memilih Sabun

Sabun merupakan jenis pembersih kulit bahannya dari campuran kimia lemak, minyak, dan asam lemak ditambah zat basa. Adapun tipe dan kandungan yang ada pada sabun umumnya dipengaruhi oleh kombinasi komposisinya. Penting adalah memilih produk sesuai jenis kulit kita. Utamanya jika kulit kita termasuk sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak parah.

Kulit Kering

Sekalipun berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, namun kebanyakan sabun bisa menghilangkan minyak alami yang selalu diproduksi tubuh. Jika berkulit kering, maka disarankan untuk memakai sabun dengan pelembap alami dan yang bebas pewangi atau alkohol juga. Pilih sabun dengan kandungan minyak bunga matahari, atau cocoa butter, atau bisa juga minyak zaitun.

Kulit Berminyak

Memiliki kulit kenyal dan lembap menjadi keuntungan bagi yang memiliki kulit berminyak. Namun di sisi lain, kondisi kulit yang terlalu berminyak nantinya akan membuat bakteri berkembang biak dengan lebih cepat. Maka gunakan sabun antibakteri dengan bahan lembut seperti madu supaya bisa mencegah hal ini.

Memilih sabun berbahan lembut seperti gliserin, serta tidak mengandung deterjen menjadi pilihan yang baik supaya bisa membersihkan kulit berminyak. Tak hanya itu sabun atau produk dengan bahan gandum juga direkomendasikan untuk merawat kulit berminyak kita.

Kulit Sensitif

Untuk yang berkulit sensitif baiknya menggunakan sabun dengan sedikit atau bahkan tanpa pewangi. Selain itu pastikan jika sabun memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang. Jangan pakai sabun yang mengandung bahan antibakteri dan juga deodoran. Sebab bahan-bahan tersebut mengandung zat iritatif yang berbahaya bagi kulit sensitif.

Kulit sensitif bisa menggunakan sabun bayi atau sabun bebas deterjen khusus untuk kulit sensitif. Jika khawatir maka bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menemukan sabun yang tepat.

Kulit Kombinasi

Apabila kulit terasa bersisik, kering, serta sangat mudah iritasi di beberapa bagian, namun juga terasa berminyak di area lain, tandanya kulit memiliki kulit kombinasi. memang agak sulit memilih sabun untuk kulit kombinasi dan bahkan harus menggunakan beberapa macam sabun untuk area yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk memilih sabun yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.