Mengobati Nanah pada Gusi

Keluarga sehat, pernahkah merasa sakit pada gusi? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gusi terasa sakit, salah satunya karena adanya luka yang menyebabkan nanah di gusi. Apabila rasa sakit tidak tertahankan, maka kita dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dianjurkan, misalnya seperti paracetamol yang memang dapat dibeli secara bebas, bahkan di warung pun ada.

Akan tetapi ada sebagian orang yang membutuhkan obat pereda nyeri khusus dengan dosis lebih kuat dan obat itu hanya bisa diperoleh menggunakan resep dokter. Apabila nanah sudah dikeringkan, memang pada umumnya gejala yang dikeluhkan pun bisa segera hilang juga.

Adanya nanah pada gusi bisa disembuhkan dengan cara menguras nanah tersebut dari gusi, dan sampai kering. Dilakukan dengan menusuk abses di gusi, bisa juga dengan membuat lubang kecil pada gigi, dimaksudkan supaya nanah akan mengalir sampai kering.

Pengobatan tidak berhenti disana, kemudian setelahnya perlu juga dilakukan pembersihan lanjutan pada kantong nanah pada gusi pasien. Untuk langkah ini tentunya harus dilakukan oleh dokter gigi ya. Pada umumnya dokter gigi akan memberikan obat antibiotik oral untuk dikonsumsi selama beberapa hari. Supaya bisa mengatasi infeksi secara keseluruhan sampai sembuh.

Apabila nanah belum juga hilang dan juga abses tidak sembuh dalam beberapa hari, sangat disarankan untuk segera kembali berkonsultasi ke dokter gigi secepatnya.

Jika ingin mencegah kantong nanah pecah, maka hindari mengonsumsi makanan atau minuman panas atau juga dingin. Mereka bisa membuat nyeri terasa semakin parah.

Lebih baik makanlah makanan yang lembut saja, juga kunyahlah makanan menggunakan sisi mulut lainnya yang tidak terinfeksi. Tak hanya itu, jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang lembut. Juga hindari untuk sementara melakukan dental flossing pada area gigi atau gusi yang sedang sakit.

Kemudian jika kantong nanah terlanjur pecah sebelum ke dokter, maka kumur-kumur dengan air hangat, supaya mulut bersih dan nanah pun bisa dibersihkan.

Kemungkinan Komplikasi yang Terjadi

Adanya nanah pada gusi jika tidak mendapat penanganan yang tepat maka bisa memicu beberapa kemungkinan komplikasi, misalnya terbentuknya saluran antara lokasi infeksi dengan kulit. Ataupun dengan mulut yang dapat mengeluarkan nanah tanpa henti.

Tak hanya itu, adanya nanah pada gusi apabila tidak ditangani dengan baik maka dapat memicu sinusitis. Juga kista gigi atau rongga yang dipenuhi cairan pada gigi. Bahkan terjadi infeksi tulang di dekat gusi yang infeksi tadi.

Utamakan Pencegahan Supaya Tak Bernanah

Sebenarnya adanya nanah pada gusi yang diakibatkan oleh abses bisa dihindari dengan cara menjaga kebersihan mulut dengan baik. Jadi biasakan untuk menyikat gigi secara teratur. Bahkan lakukan juga flossing dengan menggunakan dental floss atau benang gigi setelah sikat gigi.

Apabila gigi tampak mengalami kerusakan ataupun terlihat ada nanah pada gusi, baiknya segera periksakan ke dokter gigi saja. Supaya dapat diberikan penanganan yang paling tepat supaya bisa mencegah timbulnya komplikasi yang berbahaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.