6 Menu makanan kaya nutrisi dan bergizi tinggi

Menu makanan kaya nutrisi merupakan berbagai jenis menu makanan yang memiliki banyak gizi yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Makanan yang memiliki nutrisi di dalamnya contohnya seprti biji-bijian, sayur, buah, susu yang rendah lemak, daging tanpa lemak, kacang, telur dan buncis. Ada berbagai jenis menu makanna yang mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang cukup banyak sehingga perlu anda konsumsi. Anda bisa mengonsumsi beragam makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang beragam pula untuk menyeimbangkan kandungan nutrisi yang ada di dalam tubuh. hindari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Rutin untuk melakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari tentunya juga sangat penting.

Contoh makanan kaya nutrisi

Menu makanan kaya nutrisi dapat anda temukan pada buah dan sayuran. Contoh makanan kaya nutrisi yakni sebagai berikut:

  • Sarden dan salmon sebagai Menu makanan kaya nutrisi

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Namun tidak semua kandungan nutrisi dalam ikan sama. Contohnya saja ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk tubuh. selain itu, ikan salmon juga mempunyai kandungan vitamin b, selenium, kalium dan magnesium. Mengonsumsi ikan sarden dan ikan salmon bisa membuat tubuh anda terjaga dari berbagai macam penyakit. Mengonsumsi kedua ikan tersebut juga bisa membuat kesehatan jantung terjaga bahkan mencegah terjadinya alzheimer dan demensia. Bahkan bagi beberapa orang, mengonsumsi kedua ikan ini mempunyai manfaat bisa mencegah terjadinya depresi. Sehingga mengonsumsi ikan sarden dan ikan salmon sangat bermanfaat untuk tubuh.

  • Bawang putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai pengganti garam. Dengan demikian anda tidak akan mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak. Sehingga bisa mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit berbahaya lainnya. Bawang putih mempunyai kandungan vitamin c, kalium, kalsium, tembaga, mangan, vitamin b dan selenium. Bahkan bawang putih juga mempunyai kandungan belerang di dalamnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari dengan rutin dapat membantu membuat turun tekanan darah, membantu membuat turun kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol yang baik. Dengan demikian bawang putih dapat mencegah terjadinya kanker perut dan juga kanker usus besar. Anda disarankan untuk memasukkan bawang outih pada setiap masakan.

  • Kacang almond

Berbagai jenis kacang-kacangan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan kacang almond mempunyai kandungan serat, vitamin e, serat, tembaga, riboflavin dan magnesium. Kacang almond juga memiliki kandungan seng, vitamin b, niasin, tiamin, zat besi dan folat. Anda bisa merendamnya terlebih dahulu untuk membuat seseorang yang mengonsumsinya bisa menyerap seluruh kandungan nutrisi pada kacang almond. Kacang almond mempunyai manfaat yakni asam amino yang bisa membantu menyembuhkan otot, membantu membuat turun kolesterol yang jahat. Adanya kadar kalsium serta fosfor di dalam kacang almon bisa membuat tulang anda menjadi sehat. Sedangkan kandungan seleniumnya bisa membantu anda dalam melawan rasa cemas dan juga depresi. Bahkan dalam kacang almond terdapat kandungan vitamin e yang bisa membuat sel yang rusak menjadi pulih. Kacang almond juga memiliki kandungan serat serta protein yang bisa mengontrol gula dalam darah agar tetap stabil. kacang almond bisa menjadi pilihan camilan untuk seorang yang menderita diabetes.

  • Biji chia

Biji chia adalah biji yang memiliki kandungan protein yang sangat lengkap. Biji yang satu ini juga memiliki kandungan omega 3, serat, kalsium, karbohidrat dan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji chia bisa membuat tubuh bisa merawat jantung dengan baik. Selain itu biji chia ini bisa mencegah terjadinya kenaikan gula dalam darah. Bahkan biji ini memiliki kandungan kalsium yang sangat pas untuk menggantikan susu bagi seseorang yang memiliki alergi susu sapi.

Menu makanan kaya nutrisi tentunya sangat diperlukan untuk anda konsumsi setiap harinya. Mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi akan menghindarkan anda dari berbagai jenis penyakit. Makanan yang mengandung nutrisi di antaranya terdapat vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya. Namun anda tidak bisa mencukupi nutrisi harian hanya dengan mengonsumsi satu jenis makanan saja. Anda harus mengombinasikannya dengan jenis makanan lainnya agar bisa menjaga kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi kolesterol yang bisa membuat tubuh anda menjadi tidak sehat. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, anda bisa juga mengonsumsi buah dan suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh anda. Anda juga harus rutin melakukan olahraga untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.