Minuman Dingin untuk Olahraga

minuman dingin untuk olahraga

Keluarga Sehat, ternyata sebagian orang masih percaya jika minum minuman dingin setelah berolahraga berbahaya. Kenyataannya hal itu hanya mitos dan minum minuman dingin malah dapat mencegah suhu tubuh meningkat. Terasa menyegarkan, serta membuat kita merasa lebih nyaman.

Supaya bisa dapatkan hasil yang selaras dengan olahraga itu sendiri, kita tak cuma membutuhkan makanan sehat saja namun juga minuman pendampingnya. Sebab apa saja yang masuk dalam tubuh (termasuk juga minuman) bisa menjadi penentu seberapa berhasil olahraga yang dilakukan.

Rekomendasi Minuman Dingin untuk Olahraga

Kebutuhan cairan tubuh tergantung pada berat badan dan saat olahraga dibutuhkan banyak minum, sebab keringat banyak terkuras. Tak hanya boleh minum setelah olahraga, sebelum dan saat melakukan olahraga itu sendiri pun boleh. Supaya tubuh terhidrasi dan suhu tubuh pun lebih rendah.

Manfaat minuman dingin untuk olahraga adalah :

Supaya tubuh tetap mendapatkan asupan cairan saat berolahraga, mau berupa minuman dingin atau suhu normal dan hangat, tetap mampu membuat performa menjadi lebih baik lagi.
Dengan meminum minuman dingin untuk olahraga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan olahraga lebih lama lagi.
Bisa menjaga suhu tubuh supaya tidak meningkat secara terus menerus.
Dengan minum minuman dingin sebelum dan selama melakukan olahraga mampu menurunkan ketegangan otot.

Ada banyak jenis minuman dingin yang sehat untuk olahraga, beda jenis maka beda juga dampak yang akan didapatkan dalam tubuh. Nah, di bawah ini adalah rekomendasi minuman dingin untuk olaharaga yang sangat cocok.

Sport Drink

Di pasaran sekarang banyak sekali minuman khusus untuk berolahraga. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan atau sedang dehidrasi, maka minuman dingin jenis sport drink diketahui dapat memulihkan kondisi tubuh dengan cepat lho. Namun, pilihlah sport drink dengan lebih banyak bahan alami, serta sedikit bahan kimia saja.

Smoothie sayuran

Berikutnya adalah smoothie sayuran hijau, bisa diminum sebelum olahraga rutin dan mampu membuat kita bisa berolahraga lebih lama lho. Cobalah membuat minuman smoothie dengan mencampurkan sayuran hijau seperti kale atau bayam, dengan buah dan yoghurt, bisa juga dengan air atau susu, tambahkan bubuk protein alami yang lezat.

Segelas susu

Tak hanya smoothie, ternyata susu juga bisa menjadi minuman pendamping olahraga kita lho. Dengan meminum minuman dingin untuk olahraga yang satu ini, bisa turunkan rasa haus saat olahraga dan kandungan karbohidrat, lemak, dan proteinnya juga seimbang

Air mineral

Kalau yang satu ini, minuman dingin untuk olahraga yang paling tepat dan bisa dikonsumsi kapan pun. Dengan cukup konsumsi air mineral, maka tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Baiknya minum sekitar 2 gelas air selama satu jam sebelum olahraga, lanjutkan dengan minum satu gelas lagi 15 menit sebelum olahraga rutin. Kemudian selama olahraga, per 15 menit beristirahat sebentar dan minum air mineral lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.