Mitos Tentang Jerawat yang Salah

mitos tentang jerawat

Ada banyak sekali mitos tentang jerawat yang muncul di tengah masyarakat. Keluarga sehat pasti poernah mendengar salah satunya, kan? Nah di bawah ini adalah beberapa macam mitos tentang cara menyembuhkan jerawat yang ternyata salah.

Mitos Tentang Jerawat

Ada banyak mitos tentang jerawat, misalnya saja adalah sebagai berikut ini :

Tidak boleh makan cokelat

Sebenarnya tidak ada makanan yang bisa menimbulkan jerawat ini. Bahkan kebanyakan malah disebabkan oleh hormon dan juga karena faktor turunan. Konsumsi cokelat memang tidak terkait dengan jerawat, tapi memang lebih disarankan untuk mengonsumsi coklat hitam saja. Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa produk susu diduga mampu memicu timbulnya jerawat, termasuk cokelat susu walau hal itu butuh penelitian yang lebih dalam.

Harus sering mencuci wajah

Kenyataannya mencuci wajah dua kali sehari saja sudah efektif dalam membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. Maka apabila berlebihan justru dapat membuat kulit menjadi kering dan bermasalah.

Lebih baik dipencet saja jerawatnya

Saat ada jerawat, pasti penasaran ingin dipencet. Ternyata memencet jerawat justru malah menyebabkan peradangan dan membuat jerawat lebih parah lagi serta meninggalkan bekas selamanya lho. Lebih baik gel atau lotion perawatan jerawat saja.

Mendingan jangan pakai kosmetik

Tak dipungkiri, beberapa macam kosmetik bisa membuat jerawat makin parah, utamanya foundation yang tebal, sebab pori bisa tersumbat. Namun jika tak bisa melepaskan makeup, maka pilih kosmetik dengan label oil free, atau noncomedogenic dan bisa juga nonacnegenic. Jadi produk tersebut tak akan menyebabkan jerawat. bahkan ada beberapa yang mengandung bahan anti jerawat lho.

Tak usah bercukur!

Walau seorang pria berjerawat, tak berarti tidak boleh mencukur bulu halus di wajahnya. Boleh saja, asal berhati-hati supaya tak melukai bagian di sekitar jerawat dan di jerawat itu sendiri.

Tak usah pakai sunscreen

Ada beberapa sunscreen yang dapat meyumbat pori-pori dan akhirnya memperparah jerawat, namun tidak semuanya ya. Jadi sangat dianjurkan supaya memilih tabir surya yang memiliki formula bebas minyak. Juga berbahan dasar cair yang cepat kering di wajah. Sebab tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya dan menyebabkan pembentukan bintik-bintik pigmentasi gelap. Utamanya pada bagian dimana jerawat tumbuh.

Biarkan saja, nanti juga hilang!

Kita tahu jika jerawat berasal dari minyak alami kulit yang telah menyumbat pori-pori kulit, Adanya bakteri alami pada kulit kemudian membuat sumbatan ini mengalami infeksi dan muncul jerawat. Memang beberapa orang percaya jika jerawat itu sendiri akan hilang sendirinya apabila produksi minyak alami turun. Tentu saja tidak sepenuhnya benar. Sebab kenyataannya jerawat bisa bertambah parah bahkan bisa menimbulkan bekas atau jaringan parut yang membuat minder.

Di luaran sana ada banyak perawatan yang tersedia, supaya membersihkan jerawat dan juga membantu mencegah jerawat kembali. Untuk menghilangkan jerawat tentunya dilakukan dengan mencuci wajah menggunakan produk yang tepat. Kita bisa membeli produk pembersih wajah yang dijual bebas di toko, bahkan bisa konsultasi ke dokter kulit juga. Akan tetapi disarankan sekali untuk mengunjungi dokter saja, utamanya jika memiliki kulit yang benar-benar sensitif sekali.

Hindari mitos tentang jerawat dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang lebih paham saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.