Obat Batuk Kering yang Alami untuk Anak dan Dewasa

Keluarga Sehat? Sedang mencari obat batuk kering yang alami? ternyata bahan-bahan itu ada di sekitar lho. Penyebab batuk kering itu sendiri seringkali karena iritasi pada tenggorokan kita. Orang yang mengalami batuk kering akan merasa tak nyaman dan sakit pada dada. Tapi untungnya, ternyata ada beberapa solusi sederhana yang tersedia untuk menyingkirkan kondisi ini dengan cepat.

Daftar Obat Batuk Kering Alami

Apa saja aneka obat batuk kering yang berasal dari herbal? Berikut adalah beberapa yang bisa kita coba sendiri saat mengalami batuk kering :

Madu

Dalam sebuah penelitian pada 2007, mereka menemukan bahwa madu lebih berhasil ketimbang dextromethorphan (yang merupakan bahan untuk mengurangi serangan batuk pada anak). Jadi saat batuk kering, baiknya mencoba meminum madu sebanyak satu sendok teh beberapa kali sehari sampai sembuh. Juga bisa menambahkannya ke dalam air teh atau air hangat lalu kita minum. tapi jangan berikan madu untuk anak usia sebelum 1 tahun, ya!

Kunyit

Dalam kunyit mengandung curcumin, yakni senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus, sekaligus antibakteri juga. Bahkan kunyit juga bermanfaat dalam beberapa kondisi, salah satunya batuk kering. Bahkan curcumin juga memang paling baik dan menyerap ke dalam aliran darah ketika bila konsumsi bersamaan dengan dengan lada hitam bubuk. Cobalah menambahkan 1 sendok teh kunyit dengan 1/8 sendok teh lada hitam dalam minuman seperti jus jeruk, lalu segera minum. Bisa juga masukkan dalam teh hangat.

Jahe Obat Batuk Kering

Karena jahe memiliki sifat antibakteri dan juga anti-inflamasi yang ampuh. Selain itu jahe juga memang terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, Jahe dapat mengurangi rasa sakit dan rasa ketidaknyamanan dalam perut. Kita bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk. baik itu teh maupun makanan. Boleh juga dengan menambahkan irisan jahe dan madu untuk minuman hangat.

Peppermint

Karena dalam peppermint terkandung mentol, mampu membuat ujung saraf mati rasa pada tenggorokan yang iritas karena batuk kering. Jadi meredakan nyeri dan batuk juga berkurang. Saluran pernapasan yang tersumbat karena lendir juga bisa teratasi dengan mengonsumsi peppermint, apalagi mengandung antivirus serta anti bakteri. Cara mengonsumsinya bisa dengan membuat teh peppermint, atau bisa juga mengisap permennya.

Minyak Kayu Putih

Dengan menggunakan minyak esensial dalam rangka menenangkan tubuh, maka bisa menjadi salah satu obat batuk kering lho. Sebab minyak esensial Eucalyptus atau lebih terkenal sebagai kayu putih akan membantu meredakan batuk kering, caranya dengan bekerja sebagai dekongestan. Alhasil kita tak akan mengalami batuk lagi. Apalagi jika udara sedang kering, bisa menambahkan kayu putih ke diffuser, atau spritzer. Bahkan dengan mengharumkan ruangan dengan eucalyptus ternyata akan membantu kita untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan mempercepat penyembuhan.

Jangan lupa juga untuk tetap terhidrasi, sehingga bisa membantu untuk memastikan tenggorokan tetap lembab dan cepat sembuh. Setidaknya 8 gelas dalam satu hari, namun lebih jauh lebih bagus lagi. Obat batuk kering lainnya adalah dengan mengonsumsi sup hangat yang lezat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.