Obat Sariawan Alami yang Ada di Rumah

Keluarga Sehat, pernah mengalami sariawan? Rasanya sakit sekali dan ingin cepat sembuh. Mencari obat sariawan alami yang bisa menyembuhkan dengan cepat pasti dilakukan. Tetapi kadang sariawan memang bisa menetap di mulut sampai beberapa minggu dan juga ada bekas lukanya. Namun umumnya hanya selama 2 minggu saja.

Sariawan menyebabkan kita sulit untuk bicara, juga sulit untuk makan dan minum sekalipun. Sariawan seringkali membuat kita jadi tak mood untuk melakukan apapun. Tak heran jika orang-orang sangat membenci penyakit yang satu ini. Tapi jangan khawatir, ada cara yang alami dan bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhkan sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Obat Sariawan Alami

Apabila sudah tidak tahan dengan sariawan yang tak sembuh-sembuh, maka kita bisa mencoba beberapa cara yang alami di bawah ini, silahkan disimak :

Berkumur dengan air garam

Yang pertama adalah berkumur dengan air garam atau bisa juga dengan larutan baking soda. Melakukan cara ini bisa mempercepat pengeringan sariawan, walau rasanya agak perih. Gunakan satu sdt garam atau satu sdt baking soda, campurkan dengan segelas air hangat dan kumur-kumur selama setengah menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam satu hari, sampai sembuh.

Meminum lebih banyak air

Sariawan juga bisa muncul karena panas dalam, dan dengan banyak minum air bisa membuat kita mendinginkan perut serta mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, dinginnya air bisa membantu ringankan sakit di mulut karena sariawan. Bisa menggunakan air dingin biasa, atau mengulum es batu kecil untuk mendinginkan sariawan itu sendiri.

Mengoleskan magnesium hidroksida

Zat kimia yang satu ini adalah antasida yang umum digunakan berbarengan dengan Minum banyak air
Minum banyak air, terutama air dingin dapat membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Selain minum air dingin, Anda juga bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di atas sariawan hingga meleleh sebagai obat sariawan alami.

Oleskan magnesium hidroksida

Magnesium hidroksida merupakan antasida yang biasa digunakan bersamaan dengan aluminium hidroksida, fungsinya untuk mengatasi gangguan lambung kita. Umumnya ada dalam obat maag yang cair dan ternyata bukan hanya untuk sakit maag. namun juga bisa turunkan kadar asam di mulut. Hasilnya sariawan tidak akan berkembang, mengurangi rasa sakit dan juga bisa mencegah iritasi.

Konsumsi aneka makanan yang bergizi

Perbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti aneka sayuran dan buah dengan vitamin C, folat, zinc dan sebagainya. Sebab jika kita kekurangan nutrisi tersebut, maka sudah jelas kita akan mengalami sariawan.

Tak hanya mengandalkan obat sariawan alami yang disebutkan di atas, biasakan juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya dengan rajin menyikat gigi dan gunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi, apalagi saat sariawan. Jangan mengonsumsi makanan pedas dan asam dulu saat sariawan, sebab nyeri bisa bertambah dan bahkan iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.