8 Aturan Pakai Sunscreen Dulu atau Day Cream

Pakai sunscreen dulu atau day cream? Pemaparan-pemaparan di bawah ini akan menjelaskan urutan pemakaian skincare. Menggunakan skincare seperti sunscreen atau day cream hendaknya sesuai dengan urutan apalagi jika berkaitan dengan jenis kulit yang sering terkena paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen dan day cream atau pelembab dinilai sangat penting. Kedua produk tersebut bisa membantu kulit wajah anda dalam melawan radikal bebas dan zat kimia. Sebuah penelitian menyebabkan bahwa produk yang memiliki kandungan SPF sebaiknya dipakai lebih dulu daripada penggunaan pelembab. Hal tersebut  dikarenakan agar pelembab tidak menutupi SPF yang berguna untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sunscreen dulu atau bb cream dulu

Pakai sunscreen dulu atau day cream? Sunscreen dulu atau bb cream dulu? Simak pemaparan berikut:

  • Sebaiknya mengetahui fungsi keduanya terlebih dahulu

Sebelum anda memilih untuk menggunakan sunscreen atau bb cream atau pelembab sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui manfaat keduanya. Pelembab atau moisturizer memiliki kegunaan untuk merawat kulit agar tetap lembab serta bisa membantu memperbaiki tekstur pada kulit. Pelembab memiliki kandungan gliserin, urea dan asam laktat. Kandungan-kandungan tersebut mampu menarik air masuk ke dalam kulit wajah. Dengan demikian bisa membuat kulit wajah menjadi lebih lembab. Pelembab pada umumnya memiliki kandungan emolien yakni lanolin dan juga minyak nabati yang bisa membuat kulit lebih lembut. Kandungan emolien dan humektan bisa membuat kulit lebih kenyal dan lembut. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Kegunaan sunscreen

Untuk kegunaan sunscreen pada kulit adalah untuk menjaga kulit anda dari sinar uv atau paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan penuaan dini, sunburn dan juga kanker. Pilihlah produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF paling tidak 30 dan 50. Kandungan tersebut pasalnya bisa melindungi kulit anda secara maksimal. Produk sunscreen dianjurkan digunakan tiap 2 jam setelah anda berenang, cuci muka atau saat berkeringat. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Menggunakan suncreen atau pelembab dahulu?

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen atau pelembab tergantung pada kebutuhan tiap orang. Seorang dokter ahli kulit mengatakan bahwa sebaiknya anda melakukan berbagai urutan perawatan kulit seperti terlebih dahulu membersihkan kulit wajah, memberi obat, membuat kulit lembab lalu melindungi kulit. Sehingga, saat anda telah memakai sabun pencuci wajah, gunakan toner, serum lalu anda bisa menggunakan bb cream atau pelembab untuk membuat kulit wajah anda lebih lembab dan kenyal. Dokter tersebut beranggapan bahwa menggunakan pelembab terlebih dahulu lebih dianjurkan. Sebab sunscreen merupakan produk yang memiliki fungsi untuk melindungi, sehingga ada baiknya sunscreen digunakan pada tahap terakhir dalam rangkaian urutan penggunaan skincare. Anda sebaiknya memilih pelembab dan sunscreen sesuai dengan tipe kulit anda. Apabila anda memilih sunscreen yang berbentuk krim sebaiknya tunggu hingga pelembab menyerap dengan sempurna ke dalam lapisan kulit. Menggunakan keduanya dalam jarak dekat justru akan mengurangi efektivitas sunscreen dalam melawan paparan sinar matahari. Selain itu, sunscreen bertekstur krim umumnya memiliki kandungan zinc oksida serta titanium oksida yang bisa membuat kulit lebih kering. Dengan menggunakan bb cream atau pelembab terlebih dahulu bisa membuat kulit lebih lembab. Dengan demikian saat pemakaian suscreen tidak akan muncur butir-butir gumpalan dari kedua produk tersebut. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Memilih produk yang tepat

Selain urutan penggunaan sunscreen dan pelembab, yang tidak kalah penting adalah anda harus teliti dan cermat dalam memakai produk sunscreen dan pelembab. Selain itu, cara penggunaannya pada kulit wajah pun harus tepat. Anda sebaiknya mengaplikasikan sunscreen dan pelembab dengan rata pada seluruh bagian kulit wajah. Lalu tunggu produk pelembab hingga menyerap dengan sempurna, baru anda bisa menggunakan produk sunscreen agar memperoleh hasil yang maksimal. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Sunscreen mineral atau sunscreen kimia?

Hal selanjutnya yang juga menjadi pertanyaan adalah sebaiknya memilih sunscreen mineral atau kimia. Sunscreen yang berasal dari bahan-bahan kimia bisa menjaga kulit anda dengan membentengi kulit anda dari sinar matahari. Sedangkan sunscreen mineral bisa memantulkan sinar matahari. Penggunaan sunscreen ini sebaiknya juga digunakan pada tahap terakhir dalam urutan pemakaian skincare. Skincare yang memiliki bahan-bahan kimia memiliki kandungan aktif seperti oxybenzone, octisalate, octocrylene, octinoxat, homosalate, dan avobenzone. Sunscreen yang memiliki bahan kimia berbasis nanopartikel bisa menyerap dengan cepat pada kulit wajah anda sehingga lebih mudah kering. Di sisi lain, sunscreen mineral memakai bahan mineral aktif yakni titanium oxide dan zinc oxide. Namun, anda tidak boleh menggosok sunscreen pada saat mengaplikasikannya pada kulit sebab bisa meninggalkan lapisan putih. Anda bisa menggunakan sunscreen yang memiliki SPF 30 hingga SPF 50. Anda bisa menggunakan pelembab dengan tipis-tipis secara merata sebelum menggunakan sunscreen. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Pakai sunscreen dulu atau pelembab

Pakai sunscreen dulu atau pelembab, sebaiknya anda simak pemaparan berikut ini:

  • Penggunaan sunscreen yang tepat

Menggunakan sunscreen seharusnya dilakukan dengan cara yang tepat. Penggunaan yang kurang tepat membuat fungsi dari sunscreen berkurang.  Seorang pakar kecantikan menyatakan bahwa apabila anda adalah seseorang yang memiliki rutinitas yang tinggi sebaiknya memilih sunscreen yang di dalamnya terdapat kandungan mineral aktif yakni seperti zinc oksida dan juga titanium. Kedua kandungan tersebut bisa memantulkan sinar radiasi yang berasal dari sinar matahari. Selain itu kandungan SPF nya setidaknya 30 hingga 50. Sunscreen dengan kandungan bahan kimia bisa lebih mudah hilang saat terkena paparan sinar matahari. Anda harusnya mengaplikasikan pelindung pada kulit wajah pada urutan terakhir dalam rangkaian penggunaan skincare. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Suncsreen lotion atau bubuk

Penggunaan sunscreen juga tergantung dengan jenis sunscreen yang anda pilih. Apabila sunscreen tersebut berbentuk lotion, sebaiknya gunakan pada kulit wajah setelah pelembab menyerap dengan sempurna pada kulit wajah anda. Namun, jika anda memilih sunscreen dengan tekstur bubuk, anda bisa mengaplikasikannya setelah penggunaan make up. Hal tersebut dikarenakan sunscreen dengan tekstur bubuk gampang digunakan lagi setiap hari tanpa anda perlu mengkhawatirkan riasan make up tidak akan menjadi rusak. Namun, adapula peneliti yang menyebutkan bahwa sebaiknya anda membersihkan kulit wajah yang memiliki kandungan vitamin c serta asam glikolat apabila menggunakan sunscreen terlebih dahulu daripada pelembab. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Pakai sunscreen dulu atau day cream

Pakai sunscreen dulu atau day cream masih sering diperdebatkan, simak ulasan di bawah ini:

  • Pelembab atau sunscreen dulu?

Apabila anda memilih memakai sunscreen sesaat sebelum menggunakan make up, sebaiknya aplikasikan pelembab terlebih dahulu. Urutan ini dinilai cukup penting karena dengan menggunakan day cream bisa membuat kulit wajah anda lebih siap saat menggunakan produk skincare yang lainnya atau make up. Pastikan anda memilih day cream yang cocok dengan kulit wajah anda. Setelah memakai day cream pada kulit wajah, anda bisa menggunakan sunscreen sebelum anda memulai memakai make up. Pilihlah sunscreen yang bisa memberi proteksi atau perlindungan yang maksimal yakni contohnya pilih sunscreen yang memiliki SPF 50 dan PA +++++. Sebaiknya anda juga memilih sunscreen yang memiliki formula yang ringan yang bisa berfungsi sebagai makeup yang primer. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

  • Gunakan day cream secara rutin

Anda bisa memilih day cream yang memiliki kandungan aloevera di dalamnya. Kandungan aloevera gel bisa membuat kulit wajah anda makin lembab dan kenyal. Pada kulit wajah yang memproduksi minyak berlebihan bisa memilih day cream yang berbentuk gel atau cair. Kulit bisa menyerap sunscreen ataupun day cream dengan baik. Akan tetapi akan lebih baik anda menggunakan pelembab terlebih dahulu karena bisa mencegah kulit wajah menjadi kering. Sebab penggunaan sunscreen bisa membuat kulit wajah anda menjadi kering. Untuk kulit wajah yang kering juga dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang memiliki tekstur krim. Anda bisa mengaplikasikan sunscreen dan pelembab secara merata pada bagian kulit wajah anda. Tunggu pelembab hingga kering dan menyerap, jangan langung menimpa keduanya karena bisa menggumpal. Apabila anda menggunakan serum juga, sebaiknya tunggu hingga serum menyerap ke dalam lapisan kulit. Untuk memperoleh kulit yang sehat sebaiknya anda tidak melewatkan penggunaan sunscreen. Terkena paparan sinar matahari secara langsung setiap hari bisa membuat kulit anda menjadi rusak. Kulit akan menjadi kusam dan mudah muncul kerutan pada kulit wajah anda, serta membuat bekas jerawat berubah menjadi hitam. Sehingga penggunaan sunscreen pada kulit wajah sangat diperlukan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan day cream yang memiliki kandungan SPF sebagai bentuk pencegahan pada kulit. Anda bisa menggunakan pelembab dan sunscreen secara rutin setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi. dengan demikian jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen pada kulit anda.

Pakai sunscreen dulu atau day cream seperti pemaparan di atas memiliki tujuan agar produk skincare yang digunakan dapat bekerja dengan maksimal. Sebab penggunaan skincare yang salah bisa membuat formulanya tidak bekerja dengan sempurna. Contohnya saja, saat penggunaan pelembab belum menyerap dengan sempurna namun anda sudah menggunakan produk pelembab, bisa membuat pelembab menjadi menggumpal. Hal tersebut membuat penyerapan pelembab atau day cream menjadi tidak sempurna. Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Namun, apabila anda memiliki jenis kulit yang sensitif anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu produk-produk skincare yang hendak anda gunakan pada dokter atau ahli kecantikan agar kulit anda tidak rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.