Panduan MPASI Buah untuk Bayi 6 Bulan

Keluarga Sehat, pada awal kehidupannya para bayi hanya mengonsumsi ASI, atau susu formula saja. Namun setelah 6 bulan, ia membutuhkan nutrisi tambahan melalui MPASI atau makanan pendamping ASI. Tak hanya sayuran, aneka buah juga bisa menjadi pilihan yang kaya nutrisi untuk bayi 6 bulan kita. Ada panduan MPASI buah untuk bayi 6 bulan.

Bagaimana Panduan MPASI Buah untuk Bayi 6 Bulan?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan MPASI buah untuk bayi. Saluran pencernaan bayi akan berkembang sesuai usia. Di usia 6 sampai 8 bulan, bayi umumnya sudah bisa konsumsi makanan dengan tekstur yang halus, misalnya bubur bayi yang disaring. Bisa membuat sendiri, atau membeli yang sudah jadi.

Selain itu bisa juga memilih MPASI buah untuk bayi 6 bulan, lho. Buah bisa dihaluskan menjadi bubur bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Tak hanya kaya akan nutrisi saja, aneka buah-buahan pun risikonya kecil dalam memicu alergi.

Apa saja MPASI buah untuk bayi 6 bulan?

Pisang

Sebab buah pisang memiliki berbagai macam gizi penting yang dibutuhkan bayi. Contohnya seperti folat dan serat, juga vitamin A, B6, B12, dan kalium pun ada. Bahkan buah pisang juga memiliki tekstur yang sudah lembut dan halus juga, tak sulit dikonsumsi bayi.

Alpukat

Kemudian buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang baik sekali bagi bayi kita. Tak hanya rasanya yang enak, namun lembut teksturnya sehingga cocok menjadi MPASI buah untuk bayi 6 bulan.

Apel

Buah yang ini memiliki ragam nutrisi yang dibutuhkan bayi kita, contohnya seperti vitamin C, serat, vitamin K, dan masih banyak lagi. Kita bisa mengolah apel dengan dicampur bersama bahan lain menjadi bubur, gunanya untuk meningkatkan selera makan bayi.

Tak hanya aneka buah yang sudah disebutkan, kita juga bisa gunakan pepaya, nanas dan semangka lho. Berbagai buah itu bisa diberikan setelah anak berusia 7 hingga 8 bulan, ya. Sebab jenis buah itu memiliki sifat lebih asam. Jadi dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan bayi kita yang notabene belum sempurna.

Ini Dia Panduan Mengolah Buah untuk Bayi 6 Bulan

Supaya bisa memperkenalkan buah sebagai MPASI dan sekaligus meningkatkan selera makan, lakukan cara ini :

Bubur apel dan pir

Siapkan sebutir apel dan pir, lalu kupas dan potong-potong dadu kecil. Kukus apel dan pir selama kurang lebih 10 menit, gunakan api sedang saja. Setelah empuk, dinginkan dan haluskan menggunakan sendok, food processor atau blender pun bisa. Sebelum disajikan, bisa ditambah dengan ASIP atau susu formula, bisa juga disajikan langsung.

Saat memberikan MPASI buah untuk bayi 6 bulan, baiknya jangan terlalu memaksa supaya makan dalam porsi yang besar. Sebab bayi yang baru MPASI hanya butuh sebanyak 1 atau 2 sendok makanan padat saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.