10 Pantangan diet OCD dan Penerapannya

Pantangan diet OCD

Pantangan diet OCD mungkin salah satunya adalah membatasi untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula dalam jumlah yang banyak. Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak bukan hanya dapat mengganggu diet aja, namun juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan juga lainnya. Kontrol setiap makanan yang anda konsumsi agar diet anda bisa berhasil optimal. secara khusus memang tidak ada pantangan untuk mengonsumsi makanan terlebih saat menjalani diet OCD. Namun, dalam mengonsumsi makanan ada baiknya tetap anda kontrol dan tidak berlebihan sebab segala yang berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik. Anda harus konsisten dalam mengonsumsi makanan dan menerapkan waktu makan yang sama setiap harinya agar diet berjalan optimal dan kesehatan anda tidak terganggu. Saat anda mengonsumsi makanan atau minuman perhitungkan juga jumlah kalori yang masuk. Anda bisa dibantu dengan aplikasi diet yang banyak tersedia di handphone agar diet anda bisa berjalan maksimal. Selain itu, melakukan olahraga dan mengonsumsi buah dan sayuran bisa membantu mensukseskan diet anda. Sebab dengan melakukan olahraga anda bisa membuang kalori.

Makanan yang dilarang saat diet  OCD 

Pantangan diet ocd tentunya bermanfaat sekali untuk anda yang sedang menjalani diet. Makanan yang dilarang saat diet ocd yakni sebagai berikut:

.

advertisement

  • Pantangan diet OCD Junkfood

Sebenarnya  saat anda sedang tidak diet sekalipun ada baiknya tidak mengonsumsi makanan yang satu ini dengan berlebihan. Contoh junk food adalah kentang goreng, keripik goreng dan juga ayam krispi. Kentang memang salah satu makanan sehat yang bisa anda konsumsi, namun jika anda telah mengolahnya menggunakan bumbu dan minyak yang tinggi lemak maka kentang ini sudah masuk ke dalam produk olahan seperti junkfood. Makanan jenis ini sebaiknya tidak anda konsumsi saat diet karena dinilai kurang sehat karena kandungan kalori, lemak dan natriumnya tergolong tinggi sehingga bisa membuat anda susah menurunkan berat badan. Anda bisa memilih alternatif lainnya dengan mengonsumsi kentang dengan cara merebusnya. Hal tersebut dinilai jauh lebih sehat dan aman sebab kandungan lemaknya yang rendah dan justru bisa membuat anda kenyang dalam jangka waktu yang lama.

  • Pantangan diet OCD Minuman manis atau minuman bersoda

Jenis minuman ini tengah banyak digemari anak muda. Anak muda zaman sekarang sering kali mengonsumsi minuman manis atau bersoda terutama saat perjalanan jauh karena dinilai lebih praktis dan lebih mudah ditemukan. Padahal minuman jenis ini dianggap tidak sehat terutama jika anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama. Kedua minuman ini memiliki gula yang sangat tinggi di dalamnya. Jika anda mengonsumsinya setiap hari, diabetes akan mengintai kesehatan anda. Saat anda mengonsumsi minuman di dalam kemasan dan memiliki jumlah gula yang banyak, dapat dipastikan bahwa kalorinya pun tinggi sehingga dengan cepat bisa menaikkan berat badan orang-orang yang mengonsumsinya. Kandungan dalam soda ataupun minuman manis dalam kemasan ini sangat tidak sehat untuk kesehatan anda. Sebaiknya anda mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, hal tersebut sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan anda.

  • Pantangan diet OCD Jangan mengonsumsi roti tawar

Anda pasti tahu bahwa kandungan dari roti tawar adalah tepung. Tepung dianggap memiliki kandungan gula tambahan yang cukup banyak saat dalam proses membuatnya. Kombinasi tepung dan gula yang banyak bisa membuat gula darah dalam tubuh anda melesat tinggi. Mengonsumsi roti tawar tidak akan membuat anda merasa kenyang. Justru anda akan mudah merasa lapar dan malah mengonsumsi makanan lain dalam jumlah yang lebih banyak, contohnya saja karbohidrat dan makanan yang manis-manis. Namun, anda tidak perlu khawatir anda bisa mencoba alternatif lain dengan mengonsumsi rodi yang terbuat dari gandum atau bahan baku lain yang tentunya lebih sehat.

  • Pantangan diet OCD Jangan mengonsumsi permen batangan

Anda perlu tahu bahwa permen yang diberi kombinasi karamel atau cokelat yang banyak beredar luas di masyarakat sebaiknya tidak anda konsumsi terutama saat menjalani diet OCD. Kandungan gula dan juga minyak tambahannya sangat banyak. Kalori yang banyak tersebut tidak memiliki jumlah nutrisi yang banyak. Padahal saat anda tengah menjalani diet sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Jumlah gila yang banyak tersebut tidak akan membuat anda kenyang. Makanan tersebut hanya membuat anda justru ingin terus makanan dan mengonsumsi makanna manis atau karbohidrat. Anda bisa merubah camilan anda saat diet dengan mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan yang dipanggan dan buah-buahan.

  • Pantangan diet OCD Jangan mengonsumsi jus buah kemasan

Mungkin anda sering menganggap jika yang penting mengonsumsi jus buah adalah hal yang sehat. Namun, jika anda mengonsumsi jus buah yang ada dalam produk kemasan yang banyak beredar di luar sana tentunya memiliki kandungan yang berbeda dengan jus buah yang anda buat sendiri. Jus buah kemasan buatan pabrik umumnya dianggap kurang sehat sebab memiliki jumlah gula yang banyak dan sedikit serat. Hal tersebut tidak baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet. Selain itu, orang yang tengah menjalankan diet sangat penting mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Hal itu karena serat bisa membuat saluran pencernaan anda menjadi lancar. Tak hanya itu, jumlah buah dalam jus buah kemasan tentunya hanya sedikit, kandungan yang banyak justru perasa, gula, air dan pengawet. Saat sedang menjalani diet OCD, buah yang terbaik adalah biah yang utuh sehingga anda bisa mengonsumsinya saat kondisi segar. Kandungan serat dalam buah segar tentunya sangat banyak. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus dan dikombinasikan dengan madu asli yang lebih menyehatkan tubuh.

  • Pantangan diet OCD Jangan mengonsumsi kue

Kue memang menjadi makanan atau hidangan yang sangat lezat dan bisa memperbaiki mood anda. Namun bahan utama tepung terigu yang banyak dalam membuat kue tentunya tidak baik jika anda konsumsi sebagai camilan terutama saat sedang diet. Mengonsumsi makanan dengan jumlah gula yang banyak adalah hal yang harus dilakukan terutama saat sedang menjalankan diet OCD. Mengonsumsi kue dengan jumlah banyak dan sering bisa membuat gula darah anda naik. Mengonsumsi kue juga tidak membuat anda kenyang seutuhnya. Justru anda akan sering merasa lapar dan muncul rasa ingin terus mengonsumsi makanan. Dalam sebuah kue juga memiliki kandungan kalori yang banyak. Kalori tersebut tidak membuat anda kenyang lebih lama namun justru membuat anda cepat lapar. Semua jenis kue sebaiknya anda hindari karena memiliki kandungan lemak yang jenuh dan menjadi pantangan besar bagi pelaku diet OCD.

  • Pantangan diet OCD Jangan mengonsumsi bir atau alkohol

Saat tidak sedang menjalani diet anda juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bir atau alkohol. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam bir atau alkohol sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Bir memiliki kandungan kalori yang sangat banyak jika dibandingkan dengan protein atau karbohidrat dengan jumlah banyak yang setara. Anda sangat dianjurkan untuk menjauhi minuman dan makanan yang memiliki kandungan kalori yang banyak karena bisa mengganggu keberjalanan program diet anda. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama bisa merusak organ yang ada di dalam tubuh manusia. Anda lebih baik mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat daripada mengonsumsi alkohol atau bir.

  • Pantangan diet OCD Stop mengonsumsi es krim

Siapa yang tidak menyukai produk yang satu ini. Sama halnya dengan kue, mengonsumsi es krim dinilai bisa memperbaiki mood yang sedang rusak. Namun, mengonsumsi es krim setiap hari tentunya tidak sehat. Tidak hanya saat sedang diet, saat tidak diet pun anda sebaiknya tidak mengonsumsi es krim. Sebab di dalam es krim terdapat kandungan gula, kalori yang banyak dan juga lemak yang tinggi. Mengonsumsi es krim saat diet justru bisa menggagalkan diet anda. Anda bisa mengganti es krim dengan yoghurt yang dinilai lebih sehat dan tidak memiliki jumlah lemak yang banyak. Anda bisa mengombinasikannya dengan buah untuk menambah kelezatan. Jangan menggunakan gula yang banyak karena tentunya tidak baik untuk diet anda. Konsumsi dalam jumlah yang sedikit dan jangan terlalu sering mengonsumsinya. 

Contoh diet OCD

Contoh diet OCD yakni sebagai berikut:

  • Menerapkan jendela makan 8 jam dan Menjauhi Pantangan diet OCD

Diet dengan metode OCD memiliki berbagai tahapan. Tahapan yang pertama adalah jendela makan 8 jam. Jendela makan ini umumunya dilakukan oleh orang-orang yang hendak memulai diet OCD. Anda boleh mengonsumsi makanan selama waktu 8 jam tersebut. Namun, setelah itu anda harus berpuasa selama 16 jam. Saat berpuasa tersebut anda hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih. Anda boleh mengonsumsi makanan lagi setelah 16 jam berlalu. Puasa ini tentunya berbeda dengan puasa ramadhan. Jadi anda tidak perlu khawatir sebab anda masih bisa mengonsumsi air putih selama menjalankan puasa OCD.

  • Menerapkan jendela makan 6 jam dan Menjauhi Pantangan diet OCD

Tahapan ini merupakan tahapan kedua dalam menjalankan diet OCD. Saat anda menjalankan diet pada tahapan ini anda hanya boleh mengonsumsi makanan selama 6 jam saja. Setelah itu selama 18 jam anda harus berpuasa. Anda baru boleh mengonsumsi makanan lagi setelah 18 jam berlalu. Namun saat menjalankan puasa ini anda masih tetap diperbolehkan mengonsumsi air putih. Saat menjalankan diet OCD sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Selain itu, lakukan olahraga meski hanya olahraga ringan setiap harinya setidaknya 30 menit dalam sehari.

  • Menerapkan jendela makan 4 jam dan Menjauhi Pantangan diet OCD

Pada tahapan ini bisa anda lakukan saat tubuh anda sudah mulai terbiasa menjalani diet OCD. Sebab saat menjalankan tahap ketiga ini jam makan anda akan semakin berkurang. Anda hanya diizinkan makan selama 4 jam saja setelah itu berpuasa selama 20 jam. Namun jika anda merasa berat melakukannya anda bisa mengombinasikan dengan tahapan diet yang sebelumnya selama rentang waktu seminggu.

  • Menerapkan jendela makan 24 jam Menjauhi Pantangan diet OCD

Tahapan ini adalah tahapan keempat atau terakhir dalam diet OCD. Anda hanya diperkenankan mengonsumsi makanan satu kali lalu harus berpuasa selama 24 jam. Anda bisa mengombinasikannya dengan tahapan diet sebelumnya jika merasa tidak mampu menjalankan tahapan ini. Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan tentunya bernutrisi untuk mendukung kesehatan tubuh agar tetap prima meskipun sedang menjalankan diet OCD.

Pantangan diet OCD tentunya sudah banyak dijelaskan oleh pemaparan-pemaparan di atas. Diet bukan hanya melakukan olahraga saja, namun menghindari makanan dan gaya hidup yang salah juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat seseorang sedang diet tetap harus mengonsumsi makanan yang sehat. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Banyaklah konsumsi buah dan sayur hijau yang bisa membuat daya tahan tubuh anda tetap sehat. Selain itu, konsumsi juga suplemen vitamin yang bisa membantu mencukupi nutrisi harian anda. Olahraga menjadi hal yang wajib anda lakukan dalam masa diet karena bermanfaat untuk membakar kalori. Seperti diet yang lain, meski diet OCD dibebaskan untuk mengonsumsi apa saja selama belum waktu berpuasa anda tetap harus mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam perut. Anda bisa mengonsultasikannya dengan ahli gizi dan dokter yang berkompeten untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik.

.

advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.