7 Pantangan diet ocd dan makanan yang dianjurkan

Pantangan diet ocd terdiri dari berbagai jenis makanan. Diet ocd atau Obsessive Corbuzier’s Diet  merupakan diet yang dicetuskan oleh Deddy Corbuzier. Diet ini banyak ditiru oleh banyak orang dan dianggap bisa benar-benar menurunkan berat badan anda. Meskipun dalam menjalankan diet ini sangatlah tidak mudah. Diet ocd dilakukan dengan cara melakukan puasa atau yang dikenal intermittent fasting. Akan tetapi, puasa pada diet ini berbeda dengan puasa ramadhan. Diet ini tetap membolehkan anda untuk makan namun dengan batasan waktu dan dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga. Anda bisa menyimak berbagai langkah dan menu diet ocd yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pantangan diet ocd             

Pantangan diet ocd sangat mudah dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

  • Tidak sarapan pagi hari

Pada diet ocd ini anda tidak disarankan untuk sarapan. Sebab bagi Deddy Corbuzier sarapan di pagi hari sama saja menambah jumlah insulin pada tubuh yang bisa membuat anda mengantuk dan tidak produktif. Anda disarankan untuk makan pada saat 3 hingga 4 jam setelah bangun tidur. Dengan begitu, diet ocd akan lebih efektif.

  • Makan secukupnya

Diet ocd tidak memiliki pantangan khusus. Namun, tetap ada batasan-batasan yang sebaiknya ditaati bagi anda yang sedang menjalankan diet ini. Hal tersebut bertujuan agar diet yang anda lakukan bisa berhasil. Anda tidak boleh kalap saat mengonsumsi makanan. Konsumsilah makanan dengan porsi dan batas wajar yang bisa mencukupi kebutuhan asupan gizi tubuh anda. Jangan makan terlalu banyak karena sama saja anda memaksakan tubuh anda untuk mencerna makanan di luar kapasitas tubuh anda.

  • Memilih jendela makan dari yang termudah

Bagi anda yang baru saja memilih untuk melakukan diet ocd, sebaiknya memilih jendela makan dari yang termudah. Tubuh anda akan membutuhkan adaptasi agar tidak sakit. Saat jendela makan pertama berhasil anda lakukan. Anda bisa mencoba untuk menaikkan ke jendela makan tingkat selanjutnya. Perlu anda ingat bahwa jendela makan yang keempat tidak harus anda terapkan setiap harinya. Anda bisa menyelinginya dengan menerapkan jendela makan tingkat ketiga atau dengan jendela makan tingkat lainnya di bawah jendela makan tingkat empat.

  • Melakukan olahraga

Sama halnya dengan diet yang lain, diet ocd pun sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga. Olahraga juga sebaiknya dilakukan sekalipun anda tidak sedang melakukan diet. Saat anda berolahraga, anda akan mengeluarkan kalori. Dengan demikian, anda bisa membuat berat badan menjadi turun. Anda pun bisa memilih olahraga yang tidak terlalu berat. Contohnya saja seperti sit up, push up, dan jogging secara rutin setiap harinya.

Makanan yang dilarang saat diet ocd

Makanan yang dilarang saat diet ocd yang sebaiknya anda hindari yakni:

  • Jangan mengonsumsi buah terlalu banyak

Buah menjadi makanan yang sangat dibutuhkan terutama saat anda diet. Namun, seperti saat mengonsumsi makanan yang lainnya. Sebaiknya dalam mengonsumsi buah tetap harus dalam batas wajar dan tidak berlebih-lebihan. Sebab beberapa buah-buahan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Contohnya saja seperti buah mangga, jeruk, anggur dan apel. Gula yang terdapat di dalam buah memang baik untuk tubuh. Namun, saat anda sedang menjalani diet ocd sebaiknya tetap membatasinya. Sebab, gula yang terdapat di dalam buah bisa berakibat buruk yakni menghambat dalam membakar lemak yang ada pada tubuh serta justru bisa membuat anda mudah lapar. Jika anda mengonsumsi gula berlebihan bisa membuat diet ocd gagal.

  • Jangan mengonsumsi makanan ringan

Mengonsumsi makanan ringan atau yang sering disebut dengan mengemil bukanlah kebiasaan yang baik diterapkan. Hobi mengemil bisa membuat berat badan anda melonjak naik. Hobi mengemil juga tidak akan membuat perut anda menjadi kenyang, yang ada justru membuat anda semakin lapar. Camilan yang biasa anda konsumsi pun biasanya memiliki banyak kandungan zat-zat yang tidak sehat dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih bagi anda yang sedang melakukan diet ocd.

  • Jangan makan junkfood

Junkfood menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Namun, makanan ini dinilai tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Junkfood memiliki kandungan gizi yang rendah, mengandung minyak trans, kandungan bahan pengawet, memiliki kandungan lemak yang jahat dan penyedap rasa yang digunakan pun dianggap bisa melukai lambung atau organ pencernaan yang lainnya. Sebenarnya bukan hanya saat melakukan diet ocd, diet-diet yang lain pun juga menghindari makanan yang satu ini. Ada baiknya anda mengonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang jelas-jelas bisa menyehatkan badan anda.

Contoh diet ocd

Pantangan diet ocd sebaiknya tidak anda langgar agar memberikan hasil yang sesuai keinginan. Berikut adalah contoh diet ocd yang bisa anda terapkan di rumah:

  • Jendela makan pertama 16:8

Tahapan ini merupakan tahapan paling awal yang biasanya dilakukan oleh pemula. Anda dianjurkan untuk melakukan 8 jam jendela makan saja selama sehari, lalu menjalankan puasa selama 16 jam. Anda bisa memilih mengonsumsi makanan atau minuman apapun namun hanya selama 8 jam. Apabila waktu untuk menjalankan jendela makan yang pertama ini habis anda harus berhenti mengonsumsi apapun. Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih saja. Anda bisa melakukan jendela makan yang pertama ini selama kurang lebih dua minggu. Contohnya, saat anda memulai untuk melakukan diet ocd di jam 8 pagi, anda bisa makan dan minum apapun mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Apabila waktu jendela makan yang pertama ini sudah selesai anda hanya boleh mengonsumsi air putih hingga esok hari pukul 8 pagi.

  • Jendela makan yang kedua 18:6

Jendela makan yang kedua memiliki perbedaan dan ada sedikit penambahan waktu untuk menjalankan diet ocd. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman apapun namun hanya selama 6 jam saja. Apabila waktu jendela makan yang kedua telah habis maka anda harus melakukan diet yakni selama 18 jam lamanya. Misal anda makan pada pukul 11 pagi. Maka pada pukul 5 sore nanti anda sudah harus melakukan puasa atau diet ocd. Anda harus berhenti makan dan hanya boleh mengonsumsi air putih. Anda boleh kembali makan pada pukul 11 esok harinya.

  • Tahapan ketiga jendela makan 20:4

Tahapan ini mulai boleh anda terapkan jika tubuh anda sudah bisa menyesuaikan dengan jendela makan yang sebelum-sebelumnya. Sebab pada tahapan ini anda hanya diperkenankan mengonsumsi makanan dan minuman apa saja hanya dalam waktu 4 jam saja selama sehari. Namun, apabila saat anda melakukan diet ini dirasa sangat berat atau justru dirasa kurang tepat dengan kondisi fisik anda, anda bisa kembali menerapkan jendela makan yang sebelumnya.

  • Makan sekali dalam sehari

Tahapan ini merupakan tingkat terakhir dan dianggap yang paling sulit. Anda harus melakukan puasa yakni selama 24 jam lamanya. Anda hanya diperbolehkan makan sebanyak satu kali dalam sehari. Contohnya, apabila anda memulai diet pada pukul 7 malam, maka anda diperbolehkan lagi mengonsumsi makanan dan minuman pada pukul 6 sore keesokan harinya. Anda dianjurkan untuk menyelingi dengan jendela makan yang sebelum-sebelumnya saat melakukan tahapan diet ini. Anda bisa melakukan diet ini selama 2 minggu dengan tujuan supaya tubuh anda tidak defisit nutrisi.

Pantangan makanan diet ocd

Pantangan makanan diet ocd yakni sebagai berikut:

  • Jangan mengonsumsi minuman yang bersoda

Saat anda menjalankan program diet ocd ada baiknya anda menjauhi konsumsi minum-minuman yang memiliki kandungan soda. Sebab soda tersebut bersifat panas, tajam serta bisa mengganggu penyerapan gizi dan nutrisi yang ada pada tubuh anda. Selain itu, minuman bersoda memiliki jumlah gula yang banyak sehingga dinilai justru bisa menggagalkan diet ocd yang anda lakukan.

  • Jangan mengonsumsi susu yang memiliki kandungan lemak tinggi

Bagi anda pecinta susu, hendaknya saat diet ocd jauhi mengonsumsi susu yang memiliki lemak tinggi. Susu dengan jumlah lemak yang tinggi biasanya mempunyai banyak pilihan rasa. Hal tersebut dianggap bisa membuat lemak menjadi menumpuk di dalam tubuh terutama di bagian perut. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi bisa menyumbat darah yang mengalir pada tubuh anda sebab adanya kenaikan gula darah di dalam tubuh anda. Bagi anda yang tengah menjalankan diet ocd sebaiknya selektif dalam memilih susu yakni dengan memilih susu yang rendah lemak.

  • Jangan mengonsumsi makanan yang tinggi gula

Saat anda tidak diet pun sebaiknya tetap tidak mengonsumsi makanan yang tinggi gula. Makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi secara terus menerus bisa menyebabkan anda menderita penyakit diabetes. Sedangkan bagi anda yang tengah menjalankan diet ocd, diet anda bisa terancam gagal.

  • Jangan mengonsumsi makanan tinggi kalori

Tubuh anda memang tetap membutuhkan kalori untuk menghasilkan tenaga. Namun, anda sebaiknya tetap membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Terlebih jika anda sedang melakukan program diet ocd. Anda sangat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi apalagi saat malam hari. Hal tersebut disebabkan pada malam hari tubuh tidak lagi melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan kalori. Sehingga tubuh akan sulit dicerna oleh tubu. Akhirnya kalori hanya akan tertumpuk di dalam perut dan bisa mengakibatkan obesitas.

 

Makanan apa saja yang boleh dimakan saat diet ocd

Makanan apa saja yang boleh dimakan saat diet ocd? Simak jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi bagi anda yang tengah menjalankan diet ocd:

  • Makanan yang mengandung karbohidrat

Saat anda tengah menjalankan diet ocd, tubuh anda tetap boleh dimasukkan karbohidrat. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat karena tubuh anda membutuhkan sumber energi dan untuk menjaga keseimbangan kekebalan tubuh. Namun dalam mengonsumsinya sebaiknya tetap dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

  • Makanan yang mengandung protein

Saat diet ocd anda tetap memerlukan asupan protein. Asupan protein tersebut memiliki fungsi untuk membentuk massa otot. Konsumsi makanan yang mengandung protein dalam batas wajar setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi tahu, tempe, telur dan daging hewan untuk memperoleh asupan protein.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin

Saat anda sedang menerapkan diet ocd sebaiknya jangan lupakan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin. Vitamin harian untuk tubuh sebaiknya selalu dicukupi. Anda bisa mendapatkan vitamin pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa anda konsumsi saat jam makan tiba. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen untuk menjaga tubuh selalu ternutrisi.

  • Banyak mengonsumsi air putih

Saat anda tengah menjalankan diet ocd ada baiknya anda mengonsumsi banyak air putih. Bahkan di luar jam makan pun anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih. Tubuh anda tidak boleh kekurangan cairan atau dehidrasi terlebih saat tengah menjalankan diet ocd ini. Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak satu hingga dua gelas setiap satu jam. Anda juga sebaiknya tetap menjalankan aktivitas sehari-hari saat diet namun lakukan aktivitas ringan saja. Anda bisa melakukan jogging, bersepeda santai dan juga push up sebagai pilihan olahraga yang bisa anda lakukan selama menjalani diet ocd.

Pantangan diet ocd sebaiknya anda taati agar diet yang anda jalani membuahkan hasil. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk menghasilkan diet ocd yang sukses. Anda bisa juga berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendiskusikan makanan-makanan apa saja yang baik dan menjadi pantangan bagi seseorang yang tengah menjalankan diet ocd. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan diet ocd anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.