Pantangan untuk Penyakit Maag

pantangan untuk penyakit maag

Keluarga sehat, sakit maag bisa terjadi pada siapa saja. Ada banyak penyebab dan salah satu penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi. Apabila salah satu anggota keluarga menderita penyakit ini, ketahui pantangan untuk penyakit maag yang perlu dihindari.

Dispepsia atau sakit maag bisa dipicu karena makan terlalu cepat, terlalu banyak, mengonsumsi obat tertentu, atau stres. Gaya hidup yang buruk dan tidak sehat juga jadi pemicu penyakit maag. Misalnya merokok, terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas, minum minuman beralkohol juga minuman bersoda atau berkarbonasi.

Apa Saja Pantangan untuk Penyakit Maag?

Makanan dan minuman bisa menjadi salah satu pemicu penyakit maag yang utama. Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan pantangan untuk penyakit maag dan harus dijauhi, ya!

Aneka Makanan dan Minuman yang Asam

Makanan dan minuman asam misalnya lemon, saus tomat, soda asam, buah jeruk, bisa menimbulkan masalah pencernaan. Khususnya untuk penderita maag.

Makanan yang Pedas

Pantangan untuk penyakit maag lainnya adalah makanan yang pedas, karena bisa meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan, utamanya lambung. Maka apabila kita mengalami gangguan pencernaan, kita akan dianjurkan untuk memilih makanan lembut seperti bubur dan menghindari makanan pedas untuk sementara waktu.

Beragam Olahan Susu

Karena kandungan laktosa di dalamnya, membuat susu menjadi agak sulit untuk dicerna oleh tubuh kita. Saat laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, maka perut akan menjadi kembung dan menghasilkan gas, juga diare. Jika sampai itu terjadi, tak hanya sakit karena maag, namun juga kelelahan akibat diare dan kehabisan nutrisi. Karena susu mengandung kalsium untuk tubuh, maka minta saran dokter untuk membeli susu yang tepat.

Makanan yang Digoreng dan yang Berlemak

Pantangan untuk penyakit maag lainnya adalah makanan berlemak dan digoreng. Sebab makanan yang berlemak dapat memperlambat otot-otot pencernaan bekerja, sehingga memperlambat pengosongan lambung. Tak hanya itu, makanan berlemak akan memperburuk konstipasi dan diare juga. Sementara itu makanan yang digoreng, akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna. Juga rendah serat dan dapat membuat perut kembung dengan gas.

Aneka Minuman dan Makanan Manis

Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan menjadi pemicu dispepsia atau sakit maag. Sebab pemanis buatan tak akan dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum sampai ke usus kita.

Alkohol

Tak ada kandungan gizi dan nutrisi pada alkohol, malah bisa berbahaya bagi lapisan lambung dan untuk metabolisme hati. Menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu alkohol juga bersifat iritatif, akhirnya dapat memperparah keluhan penderita maag juga.

Minuman yang Mengandung Kafein

Apa saja minuman yang berkafein? Misalnya saja teh, kopi dan juga soda. Bahkan cokelat juga mengandung kadar kafein. Maka karena itu, jika dikonsumsi secara berlebihan, semuanya bisa memicu penyakit maag kita.

Sekalipun harus dihindari, namun tak berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Boleh saja, tetapi jumlahnya harus sangat dibatasi dan perhatikan anjuran dari dokter, ya! Selain itu masih banyak juga makanan yang aman untuk penderita maag. Jadi lebih baik konsumsi makanan yang aman untuk sakit maag dan hindari pantangan untuk penyakit maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.