10 Hal Penting dalam membersihkan gigi

Penting dalam membersihkan gigi

Penting dalam membersihkan gigi untuk menjaga kesehatan gigi anda. Gigi yang indah dan bersih pasti menjadi dambaan setiap orang. Memiliki gigi yang bersih tak hanya membuat anda mempunyai senyum yang indah. Gigi dan mulut yang sehat ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh anda. Bahkan kesehatan gigi dan mulut bisa mencegah berbagai penyakit berbaya serta bisa menjaga daya ingat anda di masa depan. Anda bisa menjaga kesehatan gigi dengan beberapa langkah mudah di rumah. Anda juga bisa memeriksakan kesehatan gigi anda pada dokter.

Membersihkan gigi

Membersihkan gigi dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Memakai pasta gigi

Menyikat gigi dengan cara yang benar bisa membantu menjaga kebersihan gigi anda. Minimal gosoklah gigi anda minimal sebanyak dua kali sehari. Pilihlah sikat gigi yang bisa menjangkau celah-celah terkecil gigi. Lakukan menyikat gigi dengan lembut dan menyikat keseluruhan gigi anda. Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan pemutih gigi sehingga noda pada gigi bisa menghilang.

  • Menggunakan soda kue

Memutihkan gigi anda bisa juga memakai soda kue. Bahan tersebut bisa mengurangi plak dan juga kuman bakteri yang membuat gigi anda tidak sehat. Anda hanya perlu mengombinasikan pasta gigi dengan soda kue. Kemudian menggunakan kombinasi bahan tersebut untuk menyikat gigi, lalu bilas hingga bersih.

  • Kumur-kumur menggunakan minyak kelapa

Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk kumur-kumur agar bisa menghilangkan bakteri dan plak pada mulut. Hal tersebut bisa membuat gigi putih. Namun, anda harus berhati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan dan sampai ke tenggorokan.

  • Menggunakan cuka apel

Anda bisa memilih cuka apel untuk berkumur-kumur. Hal tersebut bisa membantu membuat gigi anda menjadi putih. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air. Lalu berkumur-kumurlah selama kurang lebih 30 detik, kemudian anda bisa membilasnya menggunakan air. Jangan menggunakan cuka apel dalam jangka waktu yang lama karena asam pada cuka apel bisa merusak gigi anda.

  • Konsumsi buah dan sayuran

Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Hal tersebut bisa membuat gigi dan gusi sehat dan terhindar plak. Dengan mengunyah sayuran dan buah bisa membantu meningkatkan produksi pada air liur. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur bisa membantu membersihkan gigi anda dari sisa-sia makanan yang menempel pada gigi, serta bisa membasmi asam yang menjadi penyebab gigi anda menjadi kuning.

Pentingnya gosok gigi

Penting dalam membersihkan gigi anda. Anda bisa menyimak beberapa hal penting dari gosok gigi:

  • Membersihkan dari sisa makanan

Anda harus tau bahwa dengan menyikat gigi bisa menjauhkan gigi menjadi tidak sehat karena adanya sisa makanan. Hal tersebut terutama sebelum tidur. Jika anda lupa tidak gosok gigi, makan bakteri dan kuman bisa menggerogoti sisa-sisa makanan yang ada pada gigi anda. Selain itu, sisa makanan pada gigi juga bisa berubah menjadi asam yang bisa membuat gigi keropos.

  • Memusnahkan bau mulut

Bagi anda yang suka mengonsumsi minuman dan makanan yang terlalu manis bisa memicu munculnya bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri tersebut bisa berkembang dengan sangat cepat jika tidak dibersihkan. Dengan menyikat gigi bisa membuat anda terhindar dari bau mulut yang bisa mengganggu penampilan anda. Sikat gigi setelah makan dipercaya dapat memusnahkan bau pada mulut sehingga anda akan lebih percaya diri untuk berbicara dengan orang lain. Sisa makanan yang tidak langsung dibersihkan bisa memicu bau mulut.

  • Mengurangi resiko sakit gigi

Dengan menyikat gigi bisa membantu anda mengurangi bertambahnya bakteri dan kuman yang ada pada gigi. Dengan demikian, anda bisa menjaga kesehatan gigi dan mencegah sakit gigi.

  • Mencegah gigi berlubang

Menyikat gigi secara rutin dapat membuat gigi sehat dan tidak berlubang. Karang dan plak pada gigi bisa juga bisa musnah karena rajin menggosok gigi. Selain bisa terhindar dari gigi berlubang, anda juga bisa mencegah gusi sakit dan terhindar dari kuman yang bisa membuat rusak gusi dan gigi.

  • Menjaga kesehatan mulut anda

Menyikat gigi bisa membantu gigi anda tetap sehat. Bakteri dan kuman tidak akan hidup di kondisi mulut dan gigi yang sehat. Manfaat gosok gigi yang lainnya, anda bisa mencegah struktur gigi menjad lemah.

  • Menghindari gigi rontok

Rajin menggosok gigi bisa menjada kesehatan struktur gigi sehingga plak tidak akan menumpuk. Selain itu, anda bisa menghindari radang gusi akibat infeksi bakteri. Plak bisa merusak tulang rahang dan melemahkan struktur gigi. Sehingga anda harus rajin menyikat gigi untuk mencegah gigi rontok atau ompong.

  • Membuang noda pada gigi

Anda harus rajin dan rutin dalam menggosok gigi agar noda pada gigi anda musnah. Kandungan abrasif pada pasta gigi bisa memusnahkan sisa-sisa makanan sekaligus noda sehingga bisa membuat gigi kuat dan sehat.

  • Mengurangi resiko diabetes

Anda harus tau manfaat besar dari menggosok gigi, yakni mencegah penyakit diabetes. Kebersihan pada mulut dan gigi yang buruk ternyata menjadi salah satu faktor terjangkitnya penyakit diabetes. Hal tersebut karena bakteri dan kuman bisa membuat tubuh susah mengontrol kadar glukosa pada tubuh. Bagi anda yang memiliki sakit gusi bisa memengaruhi gula darah dalam tubuh. Sehingga anda perlu menggosok gigi sebanyak dua kali untuk mencegah penyakit diabetes tersebut.

  • Membantu berat badan ideal

Anda mungkin baru mengetahui bahwa menyikat gigi bisa membuat berat badan anda menjadi turun. Sebab, setelah anda menggosok gigi makan mulut akan terasa tidak enak sehingga bisa mengurangi nafsu makan. Selain itu, menyikat gigi bisa memicu rasa kenyang pada pikiran. Sehingga keinginan untuk ngemil pada malam hari bisa terhindar.

Pentingnya membersihkan karang gigi

Pentingnya membersihkan karang gigi dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Menggunakan cuka putih

Cuka putih adalah cairan yang mengandung asam asetat yang bisa membantu anda membunuh kuman dan mulut pada gigi. Dengan demikian, infeksi pada gigi bisa terhindarkan. Anda juga bisa memanfaatkan cuka putih untuk menghancurkan karang pada gigi anda. Anda hanya perlu mengombinasikan cuka putih dengan air hangat dan garam. Lalu anda bisa berkumur-kumur secara rutin untuk menghancurkan karang pada gigi dan gusi.

  • Memakai aloevera

Kandungan pada aloevera atau lidah buaya bisa membantu anda menghancurkan karang pada gigi. Bakteri yang menyebabkan karang pada gigi anda akan mati sehingga bisa mencegah karang pada gigi. Anda hanya perlu mencampurkan lidah buaya dengan air dan menambahkan minyak esensial. Kemudian anda bisa menyikat gigi dengan campukan bahan tersebut.

  • Mengonsumsi buah vitamin c

Anda mungkin baru tahu bahwa vitamin c yang memiliki sedikit sifat asam bisa menjaga kesehatan gigi. Kalsium pada buah dengan vitamin c bisa menjaga anda dari bakteri. Anda hanya perlu mengoleskan jeruk atau lemon pada gigi dan gusi. Lakukan selama 20 menit dan kumur-kumur menggunakan air.

  • Menggunakan biji wijen

Biji wijen bisa menghancurkan karang pada gigi anda. Gunakan wijen seperti scrub. Anda hanya perlu mengunyahnya dengan biji wijen dan jangan menelan biji wijen tersebut. Biji yang sudah anda kunyah tersebut bisa anda gunakan untuk menyikat karang gigi dan membersihkan noda pada gigi anda.

  • Daun jambu biji

Daun dan buah pada jambu biji bisa digunakan untuk menghancurkan karang gigi. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji dan letakkan pada karang yang ada di gigi anda. Jambu biji dikenal dapat mencegah masalah pada gigi dan gusi karena memiliki zat antiinflamasi. Sehingga bisa mencegah gusi bengkak.

Pentingnya merawat gigi

Pentingnya merawat gigi dapat anda simak di bawah ini:

  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Masalah pada gigi yang muncul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Mulut yang bau contohnya, bisa mengurangi rasa percaya diri anda. Dengan menggosok gigi secara rutin, anda bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sehingga kualitas hidup anda akan menjadi baik karena akan tumbuh rasa percaya diri. Selain itu, gigi yang tidak berlubang dan gusi yang tidak sakit akan sangat membantu anda menjalani aktivitas sehari-hari. Anda bisa beristirahat dengan baik, bisa berkonsentrasi penuh pada aktivitas. Karena sakit pada gigi ataupun gusi bisa sangat mengganggu aktivitas anda.

  • Mencegah penyakit jantung

Anda mungkin baru mengetahui bahwa radang kronis pada gigi ada kaitannya dengan penyakit jantung, stroke, dan pembuluh darah. Hal tersebut terbukti dari berbagai penelitian yang menghasilkan teori bahwa terdapat hubungan antara kesehatan mulut dengan kesehatan badan secara menyeluruh.

  • Menjaga daya ingat

Radang gusi pada seseorang membuat kemampuan kpgnitinya menurun dibandingkan dengan seseorang yang memiliki gigi dan gusi yang sehat. Orang yang memiliki infeksi pada gusi seringnya mempunyai kinerja lisan, daya ingat, dan keterampilan yang kurang pada aktivitas sehari-hari.

  • Mencegah infeksi pada bagian tubuh lain

Ternyata kesehatan gigi dan gusi yang buruk juga mempengaruhi penyebab infeksi pada bagian tubuh yang lain. Contohnya saja pada penyakit rheumatoid arthritis. Penyakit tersebut merupakan golongan penyakit autoimun yang bisa menyebabkan peradangan di sendi. Kerusakan yang terjadi pada jaringan penghubung penyakit pada gusi dan rheumatoid arthritis sama. Anda bisa melakukan diet secara seimbang dan menjaga kebersihan mulut bisa mencegah munculnya penyakit yang laign. Anda harus menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Anda juga bisa berkumur-kumur menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri sehingga bisa memusnahkan bakteri dan kuman pada gigi dan gusi anda.

  • Merawat kesehatan gigi ibu hamil

Saat masa kehamilan, ibu hamil rentan mengalami sakit gigi dan gusi. Sebuah penelitian bahwa menunjukkan adanya keterkaitan antara penyakit pada gusi dengan kelahiran prematur pada janin. Selain itu, penyakit gusi juga memicu kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah. Sekiranya anda perlu untuk berkonsultadi pada dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi dan gusi yang bisa menjadi bagian dari perawatan saat masa hamil.

Penting dalam membersihkan gigi untuk memperhatikan bahan-bahan alami yang digunakan. Apabila salah dalam memilih, bisa-bisa merusak jaringan gusi dan gigi anda. Sebaiknya anda menggosok gigi dan berkumur-kumur secara rutin. Anda juga bisa mengonsultasikan masalah kesehatan gigi anda pada dokter yang ahli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.