Penyebab Benjolan di Leher

penyebab benjolan di leher
Young man experiencing neck pain against a white background

Keluarga Sehat, pernah mengalami benjolan di leher? Bertanya apa penyebab benjolan di leher? Adanya benjolan di tenggorokan bisa jadi disebabkan oleh beragam hal. Memang kebanyakan tidak berbahaya sama sekali, namun kondisi ini tetap harus diwaspadai sebab bisa saja merupakan pertanda adanya penyakit yang serius lho.

Adanya benjolan di tenggorokan itu akan menimbulkan perasaan seperti terasa ada sesuatu yang mengganjal di dalam leher kita. Jadi benjolan ini bisa disebabkan oleh iritasi, bisa juga infeksi, atau bahkan kanker. Kemudian selain itu, ternyata ada juga kondisi lain yang bisa menyebabkan seseorang jadi merasa ada benjolan di tenggorokan, ternyata sebenarnya tidak ada sama sekali.

Macam-Macam Penyebab Benjolan di Tenggorokan

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menimbulkan benjolan di tenggorokan, yaitu di bawah ini :

Pembesaran Amandel

Walau pembesaran amandel bisa terjadi pada anak-anak dan juga pada orang dewasa. Namun amandel yang membesar pada anak-anak umumnya karena infeksi, utamanya yang berulang atau bisa juga yang lama tidak diobati atau disebut tonsilitis kronis.

Sementara pada orang dewasa, terjadinya pembesaran amandel disebabkan infeksi dan iritasi, atau juga alergi. Adapun gejala biasanya berupa mengorok saat tidur, muncul bau mulut, serta rasa mengganjal di tenggorokan kita.

Tumor Jinak

Adanya benjolan di tenggorokan itu bisa disebabkan oleh adanya pertumbuhan tumor jinak. Jadi tumor jinak di tenggorokan itu bisa beragam jenis, contohnya schwannoma, hemangioma, papilloma, dan juga neurofibroma. Supaya bisa mengetahui jenis tumor ini, maka perlu dilakukan sebuah pemeriksaan jaringan tumor dulu.

Jadi tumor ini bisa terjadi pada berbagai bagian yang ada di tenggorokan, dan termasuk dinding belakang tenggorokan serta di pita suara atau laring. Walau sebagian besar tak berbahaya dan juga masih bisa ditangani dengan operasi, namun jenis papilloma dan juga neurofibroma malah berpotensi berubah menjadi tumor ganas juga.

Adapun gejala yang dirasakan itu tergantung pada lokasi tumornya. Seiring dengan pertumbuhan tumor di dinding belakang tenggorokan akan menyebabkan rasa mengganjal di dalam tenggorokan dan jadi kesulitan menelan, sementara tumor pada laring bisa menyebabkan perubahan suara kita

Kanker Tenggorokan

Yang dimaksud dengan kanker tenggorokan ialah sebuah tumor ganas di area tenggorokan, atau laring, dan amandel. Apabila stadiumnya sudah tinggi, maka tumor itu bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Adapun jenis kanker tenggorokan yang mayoritas terjadi adalah karsinoma sel skuamosa.

Tanda-tanda dari kanker tenggorokan adalah ada rasa mengganjal di tenggorokan, juga disertai rasa sakit ditambah dengan perubahan suara, juga batuk kronis, serta penurunan berat badan. Perlu diketahui kanker tenggorokan itu dapat terjadi pada siapa pun. Tetapi ketahuilah bahwa pria yang perokok berat, juga pecandu alkohol lebih berisiko untuk terkena kanker tenggorokan.

Jika ingin melakukan pengobatan kanker tenggorokan, umumnya dilakukan sesuai dengan tingkatan kankernya. Pengobatan dari stadium rendah sampai yang paling tinggi. Yang paling rendah adalah operasi, lalu radioterapi, kemudian gabungan kemoterapi dan radioterapi. Yang terakhir adalah imunoterapi.

Sensasi Globus

Sebuah benjolan yang ada di tenggorokan akan menyebabkan rasa mengganjal dan juga mengalami kesulitan menelan. Hanya saja ada perasaan mengganjal di tenggorokan, dan ternyata yang sebenarnya bukan disebabkan oleh benjolan. Gejala itu disebut dengan sensasi globus dan padahal sebenarnya sering terjadi. Umumnya penderita jadi merasa ada semacam ganjalan tenggorokan, hanya saja masih bisa menelan dengan baik seperti biasa.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sensasi globus ini, antara lain adalah:

Terjadi ketegangan otot tenggorokan, biasanya bisa terjadi dengan sendirinya atau bisa juga disebabkan oleh iritasi dari refluks asam lambung atau GERD
Karena lendir berlebih dari hidung ataupun sinus yang sudah menumpuk di tenggorokan kita
Disebabkan oleh reaksi emosional saat sedang cemas dan ketakutan, bisa juga karena terlalu bersemangat dan tak tertahankan

Memang pada dasarnya benjolan di tenggorokan itu tak terlihat, namun bisa kita rasakan karena napas terasa sulit. Beda dengan benjolan di leher bagian luar, bisa terlihat dan biasanya tak menyumbat jalur napas. Kecuali jika benjolannya sudah sangat parah

Jika Keluarga Sehat merasa ada yang mengganjal di tenggorokan dan susah menelan, atau rasa nyeri yang terus menerus. Maka baiknya segera kunjungi dokter dan ketahui penyebab benjolan di leher yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.