Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Keluarga Sehat, pastyi pernah mengalami bau mulut, kan? Bagaimana cara mengatasi bau mulut? Ketahuilah bahwa bau mulut tidak melulu berhubungan dengan masalah kesehatan gigi dan gusi, atau makanan yang berbau menyengat seperti pete dan jengkol. Bahkan ada beberapa kondisi kesehatan lain yang menjadi penyebabnya, lho!

Beberapa jenis penyakit bisa menyebabkan bau mulut, contohnya adalah :

Xerostomia

Merupakan mulut kering yang terjadi karena bakteri yang menumpuk di rongga mulut, dan menyebabkan produksi air liur jadi terganggu.

Gangguan pada saluran cerna

Adapun gangguan ini misalnya karena infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag. Juga penyakit asam lambung (GERD) yang bisa membuat bau mulut.

Sinusitis

Penyakit ini akan menghasilkan post nasal drip atau munculnya aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan sehingga bau mulut.

Bisa juga dipengaruhi oleh penyakit jenis yang lainnya, misal gangguan hati, infeksi saluran pernapasan dan diabetes. Bahkan kebiasaan merokok, diet yang berlebihan sampai kekurangan karbohidrat, serta kurang baik dalam membersihkan mulut bisa juga menjadi penyebabnya.

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Mulut

Apabila sudah merasa menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, tetapi bau mulut tetap betah, baiknya lakukan cara menghilangkan bau mulut ini :

Menyikat gigi dua kali sehari dan gunakan obat kumur.

Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur

Mengganti sikat gigi dua bulan sekali dengan yang baru

Jangan lupa membersihkan bagian lidah, apalagi saat bangun tidur dan minum segelas air

Jika menggunakan gigi palsu, baiknya lepaskan setelah digunakan dan bersihkan bagian dalamnya sehingga tak ada bakteri yang berkembangbiak

Stop merokok dan jangan mengonsumsi kopi terlalu banyak

Alihkan merokok ke mengunyah permen karet non sugar

Mengunyah lemon, kulit jeruk atau peterseli yang bisa menghilangkan bau dan menetralisir bau yang kurang enak

Banyak minum air putih

Pastikan juga mengindari makanan seperti bawang bombai dan bawang putih, sebab memiliki bau yang cukup menyengat dan menyebabkan bau mulut. Lebih baik konsumsi wortel mentah atau apel, sebab kandungan airnya bisa membantu membersihkan mulut kita. Bisa juga gunakan mouthwash tiap selesai gosok gigi untuk membersihkan gigi kita. Demikian adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.