Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya

penyebab gusi bengkak

Keluarga sehat, pernahkah mengalami gusi bengkak? Bagaimana cara menangani gusi bengkak tanpa harus pergi ke dokter? Sebelum melakukan pengobatan sendiri di rumah, ketahui apa saja penyebab gusi bengkak dan apa saja pengobatan yang bisa dilakukan.

Penyebab Gusi Bengkak

Di bawah ini ada beberapa kondisi yang mampu menyebabkan gusi bengkak, di antaranya adalah :

Gingivitis

Yang satu ini dikenal sebagai radang gusi dan sering sekali menjadi penyebab utama gusi bengkak yang diderita. Adapun gingivitis disebabkan karena kebersihan mulut tidak terjaga, akhirnya menyebabkan penumpukan plak yang di dalamnya mengandung banyak bakteri di gigi dan juga di gusi. Bila tidak ditangani dengan tepat, maka akhirnya gingivitis bisa memicu kondisi yang lebih parah misalnya saja periodontitis sampai gigi pun copot

Salah menggosok gigi

Begitu banyak orang yang berpikir jika menggosok gig dengan keras bisa membersihkan diri dengan maksimal. Padahal menggosok gigi terlalu keras, akan menyebabkan bagian-bagian rongga mulut, termasuk gusi luka atau bengkak. Lakukan gosok gigi harus dilakukan secara perlahan dan dokter menggunakan bulu sikat yang lembut.

Hormonal

Sebagian wanita mengalami gangguan pada gusi saat memasuki masa pubertas, pada saat haid, hamil, bahkan menopause. Adapun pembengkakan gusi pada masa ini memang dipengaruhi oleh peningkatan hormon juga. Saat hormon meningkat, maka aliran darah ke dalam gusi makin tinggi dan menghasilkan gusi bengkak.

Aneka Obat-obatan

Ternyata ada beberapa jenis obat yang menyebabkan gusi bengkak lho, di antara lain obat anti kejang atau obat penekan imun, bahkan obat penghambat kanal kalsium juga. Umumnya efek samping obat ini akan dirasakan sekitar 2 hingga 4 bulan setelah dikonsumsi rutin.

Kekurangan vitamin C

Hal ini bisa memicu terjadinya pembengkakan pada gusi kita. Beberapa faktor yang akan menyebabkan seseorang kekurangan vitamin C, contohnya pola makan yang tidak seimbang, bisa juga karena penyakit diabetes dan stres.

Kemudian perubahan anatomi tubuh yang ada di sekitar rongga mulut pun bisa berpengaruh pada gusi atau penampakan rongga mulut kita.

Obat Sakit Gusi Bengkak

Memang pada dasarnya, ada banyak macam obat sakit gusi bengkak. Biasanya penggunaan obat-obatan ini pun akan disesuaikan dengan penyebabnya. Yakni :

Obat untuk Pereda Nyeri

Yang pertama adalah obat pereda nyeri, adapun dosis dan jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing.

Obat untuk Pembersih Mulut

Kemudian dokter juga akan berikan resep obat kumur, supaya bisa bersihkan mulut dengan baik. Biasanya yang mengandung chlorhexidine atau hidrogen peroksida. Yang penting pastikan selalu membaca keterangan di label kemasan lebih dulu sebelum menggunakan obat kumur ini ya.

Obat sebagai Antibiotik

Apabila gusi bengkak dan disebabkan oleh infeksi, sudah pasti dokter akan memberikan obat antibiotik supaya bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi. Umumnya dokter meresepkan obat ini dengan dosis dikonsumsi setidaknya selama tiga hari lamanya.

Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi, juga kesehatan mulut supaya terhindar dari masalah kesehatan gusi., misalnya gusi bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.