Penyebab Jerawat Bernanah

Jika anda memiliki masalah kulit yang berupa jerawat bernanah, maka itu pertanda bahwa jerawat sudah terinfeksi bakteri. Untuk membentuk keluarga sehat, kulit yang bersih dan bebas jerawat adalah salah indikatornya. Cari tahu segera penyebab jerawat bernanah.

Jerawat tak hanya menyebabkan rasa tak nyaman dan rasa nyeri, namun juga bisa menyebabkan minder. Supaya bisa lebih percaya diri, maka lebih baik segera periksakan ke dokter sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Apa Saja yang Menyebabkan Jerawat Bernanah?

Jerawat terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah pustula atau jerawat nanah. Yang satu ini tandanya benjolan lebih besar, rasanya juga nyeri sekali.  Biasanya di sekitar jerawat terlihat memerah, juga bengkak. Selain itu, nanahnya berwarna kekuningan atau putih.

Lalu apa saja penyebab dari jerawat bernanah? Kemunculan jerawat dimulai dari tempat tumbuh rambut tersumbat sel kulit mati, atau oleh sebum. Sebum adalah minyak alami kulit dan jika terinfeksi bakteri, maka muncul nanah. Nanah adalah hasil reaksi alami tubuh melawan bakteri itu.

Secara umum rasanya nyeri, bahkan ada juga yang menyebabkan demam. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya:

  1. Kurang menjaga kesehatan kulit, termasuk cuci muka dan mandi
  2. Memiliki wajah yang sering berkeringat parah
  3. Mengalami perubahan hormon, contoh kehamilan, menstruasi dan puber
  4. Mengalami stres
  5. Mengalami alergi, baik itu karena makanan atau karena kosmetik
  6. Terlalu over dalam memakan makanan manis, atau makanan olahan

Cara Mengatasi dan Mencegah Jerawat Bernanah

Jika jerawatnya dalam ukuran kecil, maka bisa hilang alami. Tetapi jika ukurannya lebih besar, maka berikut cara mengatasinya :

  1. Gunakan obat jerawat. Anda harus memilih obat jerawat dengan kandungan bahan aktif  seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun jika misalnya jerawat malah makin banyak, atau kondisi memburuk, maka antibiotik, tretinoin, atau obat hormonal (misal pil KB) bisa dibutuhkan. Tetapi harus dengan rekomendasi dari dokter supaya aman.
  2. Jangan memencet jerawat. Memencet jerawat tak akan membuat jerawat jadi menghilang, malah akan membuat nanah makin masuk ke pori-pori kulit dan meradang. Hasilnya adalah bekas jerawat. Bahkan kuman pun bisa bertambah, hingga jerawat makin parah lagi.
  3. Biasakan rutin dalam membersihkan wajah. Dianjurkan mencuci muka dua kali sehari dengan sabun khusus, atau setiap habis aktivitas di luar rumah. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk.
  4. Pakai pelembap dan sunblock. Jangan sepelekan penggunakan pelembap yang bisa menghentikan minyak berlebihan. Juga sunblock untuk menangkal sinar UV yang bisa memperparah kulit

Terakhir, jalankan pola hidup sehat supaya tak ada lagi jerawat bernanah dan keluarga sehat sepanjang usia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.