Penyebab Kulit Kering yang Harus Diketahui

penyebab kulit kering

Keluarga Sehat, ada beberapa penyebab kulit kering yang biasa terjadi. Kondisi di mana kulit yang permukaannya terasa dan bahkan terlihat kasar juga. Tak hanya itu saja, sebab pemilik kulit kering juga mendapati kulitnya jadi terasa kencang, bahkan kaku saat bersentuhan dengan air, atau setelah bersentuhan dengan air. Bahkan gatal dan kemerahan juga bisa terjadi.

Selain yang disebut sebelumnya, gejala umum yang sering muncul adalah terlihat garis halus atau retakan pada kulit kita. Bahkan kulit juga terlihat bersisik. Parahnya, dari retakan kulit tersebut bisa sampai berdarah dan luka.

Apa Saja Penyebab Kulit Kering?

Ada banyak sekali penyebab kulit kering yang terjadi, kemudian menyebabkan berbagai gejala. Adapun beberapa sebabnya adalah:

Iritasi

Ada banyak penyebab iritas, bisa karena sabun yang tak cocok atau parfum yang menimbulkan alergi. Iritasi pada permukaan kulit bisa saja karena kain yang kasar, atau deterjen. Pelembut kain pun kadang bisa menyebabkan iritasi, lho.

Terlalu keras menggosok kulit

Membersihkan kulit dengan menggosoknya dianggap bisa membersihkannya dari kotoran dan daki. Namun cukup dengan gosokan yang lembut dan jangan terlalu sering. Sebab jika terlalu sering, maka bisa menyebabkan lapisan kelembapan kulit terkikis, akhirnya kulit pun menjadi kering. Apalagi jika biasa menggunakan spons mandi, atau luluran. Baiknya sekitar tiga hari sekali.

Karena semakin menua

Semakin bertambahnya usia kita, maka kondisi kulit pun semakin kering dan tipis. Hal itu sangat wajar, sebab makin tua maka hormon tubuh pun bisa berkurang. Adanya penurunan hormon tersebut termasuk berbagai hormon untuk kulit yang sehat.

Kebiasaan menggosok badan setelah mandi

Biasanya setelah mandi, orang-orang akan mengeringkan sisa air menggunakan handuk. Mereka bahkan menggosoknya dengan keras supaya lekas kering. Akan tetapi hal itu menyebabkan kelembapan kulit setelah mandi jadi hilang, akhirnya kulit pun menjadi kering.

Karena salah menggunakan sabun

Jangan sampai menggunakan sabun yang bukan untuk kulit saat mandi, berbahaya. Bisa membuat kelembapan alami kulit jadi hilang, kulit pun menjadi kering dan bersisik. Bahkan sabun yang mengandung antiseptik tinggi bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Itulah mengapa penting mencari sabun dengan moisturazer.

Perubahan cuaca yang ekstrim

Ternyata perubahan cuaca pun memiliki pengaruh dengan kelembapan udara, sehingga bisa menyebabkan kulit kering. Udara yang rendah kelembapannya, akan membuat kulit pun menjadi kering dan bersisik, misalnya di musim dingin. Demikian pula udara yang terlalu panas.

Kebiasaan mandi uap

Melakukan mandi uap memang nyaman, dan menenangkan. Namun jika terlalu sering dilakukan, maka kita bisa mendapatkan kulit yang kering dan rusak. Sebab air panas bisa membilas minyak alami kulit yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Kondisi kesehatan khusus

Apabila seseorang yang mengalami kulit kering ditambah dengan kemerahan dan bersisik, bisa jadi ia mengidap penyakit. Misalnya adalah penyakit dermatitis atopik atau psoriasis. Selain itu kondisi kulit yang bersisik dan kemerahan bisa juga terkait kondisi medis misalnya diabetes. Bisa juga disebabkan kurang aktifnya kelenjar tiroid dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, penyebab kulit kering lainnya pun bisa saja karena kekurangan cairan, atau dehidrasi. Untuk mencegahnya, banyak minum air putih dan gunakan losion dengan moisturizer sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.