Penyebab Mata Berair yang Harus Diketahui

Keluarga Sehat, pernahkah mengalami mata yang berair? Adapun mata berair terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja seperti seharusnya. Akhirnya air mata jadi cepat menguap dan akhirnya bola mata pun mengering. Karena bola mata mengering, akhirnya merangsang produksi air mata lebih banyak. Terjadilah mata yang berair. Penyebab mata berair lainnya bisa jadi karena saluran air mata yang tersumbat.

Faktor yang Menyebabkan Mata Berair

Ketahuilah bahwa ada berbagai kondisi yang bisa menjadi penyebab mata jadi berair, misalnya saja : karena faktor cuaca yang terlalu berasap, terlalu berangin dan bahkan terlalu bercahaya. Bisa juga disebabkan mata yang lelah dan alergi. Mata yang mengalami infeksi, adanya benda asing yang masuk ke mata, efek samping obat yang dikonsumsi, bahkan karena bulu mata yang tumbuh ke dalam.

Selain yang sudah disebutkan di atas, penyebab mata berair bisa saja berhubungan dengan usia pasien itu sendiri. Bayi dan orang lanjut usia lebih dari 60 tahun sering mengalaminya.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Berair

Secara umum, mata yang berair bisa sembuh tanpa mendapatkan perawatan apapun. Tetapi kadangkala menjadi masalah yang sangat mengganggu dan tidak nyaman, akhirnya butuh penangan yang tepat supaya kembali normal. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mata yang berair, disesuaikan dengan apa penyebabnya :

Kompres mata menggunakan handuk yang hangat, setidaknya sehari beberapa kali dan itu bisa atasi saluran air mata yang tersumbat dan sebabkan mata berair.

Pilih obat tetes mata yang khusus untuk mata kering dan ada di pasaran, misalnya di apotek.

Jika melakukan kontrol ke dokter, bisa diresepkan antibiotik jika mata berair itu disebabkan oleh infeksi mata atau konjungtivitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.