Penyebab Meningitis dan Apa Saja Jenis Meningitis

Keluarga Sehat pasti pernah mendengar mengenai meningitis, apalagi belakangan ini ada kabar duka yang berasal dari blantika musik Indonesia. Yakni Glen Fredly yang meninggal karena meningitis. Lalu apa saja penyebab meningitis dan apa saja jenis meningitis itu sendiri?

Meningitis Bakterialis

Untuk meningitis tipe ini disebabkan oleh bakteri dan juga dapat menular. Adapun macam-macam bakteri yang menyebabkan meningitis adalah :

Streptococcus pneumoniae

Jenis bakteri ini paling sering menjadi penyebab meningitis bakterialis. Terjadinya meningitis akibat bakteri ini kerap dikaitkan dengan adanya infeksi bakteri ini di bagian tubuh lain. Misalnya seperti pneumonia, dan sinusitis, serta endokarditis.

Neisseria meningitidis

Adapun bakteri ini menyebar melalui air liur atau dari lendir saluran pernapasan.

Haemophilus influenza

Merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan meningitis pada anak-anak. Tak hanya meningitis, namun bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada darah, pada tenggorokan, sendi dan kulit.

Listeria monocytogenes

Biasanya ada pada beberapa jenis makanan seperti sayur mentah, keju, melon.

Meningitis Virus

Beberapa virus yang menyebabkan meningitis adalah beberapa jenis virus kelompok enterovirus, virus herpes simplex, juga virus HIV, virus West Nile, serta virus mumps. Adapun masing-masing jenis virus diketahui memiliki pola penyebaran dan juga penularan yang berbeda-beda pula.

Meningitis Jamur

Memang meningitis yang disebabkan oleh jamur ini bisa dibilang tergolong jarang terjadi. Sebab meningitis tipe ini biasanya hanya akan menyerang seseorang yang memiliki sistem imun lemah, contohnya adalah penderita kanker dan AIDS.

Meningitis Parasit

Beberapa parasit penyebab meningitis misalnya Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis, tak akan menyebar melalui kontak langsung. Biasanya parasit ini umumnya terdapat pada berbagai macam hasil bumi, pada kotoran, juga pada hewan seperti siput, unggas dan ikan, unggas.

Selain itu, penyebab meningitis juga dapat dipicu oleh kondisi yang telah diderita sebelumnya oleh pasien, misalnya mengalami cedera kepala atau kanker, dan juga lupus. Bahkan penggunaan obat-obatan tertentu atau pun pernah menjalani berbagai tindakan medis misalnya seperti operasi otak pun bisa jadi penyebab meningitis.

Faktor yang bisa Memicu Meningitis

Ketahui beberapa macam faktor lainnya yang bisa memicu meningitis pada seseorang, yaitu:

Usia

Pada umumnya, kasus meningitis virus ini ditemukan pada anak-anak di bawah lima tahun, sementara meningitis bakteri ditemukan pada usia di bawah 20 tahun.

Kehamilan

Ternyata kehamilan bisa meningkatkan potensi meningitis yang disebabkan oleh bakteri Listeria. Pada kondisi ini bahkan dapat menyebabkan komplikasi berupa keguguran atau misscarriage.

Lingkungan

Seseorang yang tinggal di lingkungan ramai dan banyak orang, maka bisa tingkatkan risiko penyakit ini.

Melewati jadwal vaksinasi

Jika pasien melewatkan jadwal vaksinasi yang dianjurkan oleh dokter, maka risikonya meningkat.

Demikian adalah penyebab meningitis dan beberapa macam penyakit meningitis yang harus diketahui. Jaga keluarga sehat selalu, terapkan gaya hidup sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.