Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Hamil

Keluarga Sehat, pernah mendengar ibu hamil yang mengeluh mulut terasa pahit? Memang hal itu tidak terlalu umum, namun memang ada ibu hamil yang mengalami dysgeusia. Hal ini terutama pada awal masa kehamilan mereka. Ada rasa pada mulut yang tidak enak ini diperkirakan oleh adanya hormon kehamilan.

Lantas bagaimana agar rasa pahit pada mulut ibu hamil ini mereda? Atau setidaknya jadi tidak terlalu mengganggu? Hal tersebut dapat disiasati dengan beberapa cara, antara lain :

Menetralkan Pakai Garam

Ada kalanya mulut terasa pahit ini bisa dikarenakan ibu hamil sensitif terhadap makanan yang manis. Cobalah untuk menambahkan sejumput garam saja, pada makanan manis yang akan dikonsumsi. Maka rasanya bisa lebih baik.

Tambahkan Sedikit Rasa Asam

Selain itu, rasa pahit pada mulut pun dapat dihilangkan dengan mengonsumsi makanan rasa asam. Contoh, minum air putih yang ditambah perasan lemon. Bisa juga daging yang direndam dalam cuka atau menggunakan air jeruk nipis sebelum dimasak. Tak hanya membantu menghilangkan rasa pahit pada mulut, adanya rasa asam dapat merangsang produksi air liur. Termasuk indera pengecap kita.

Cobalah untuk Makan Apa Saja

Karena mulut terasa pahit jadi tak bisa makan makanan tertentu. Cobalah untuk mengonsumsi makanan apa saja yang bisa dimakan. Hal ini membuat kita tidak perlu merasa takut kekurangan gizi. Selain itu rasa tidak enak pada mulut juga berangsur hilang setelah memasuki trimester kedua. Setelah itu kita bisa mengatur gizi seimbang dengan lebih baik lagi. Pastikan mengonsultasikan keadaan ini pada dokter kandungan, apabila kondisi ini membuat makin mengkhawatirkan.

Biasakan Sikat Gigi Lebih Sering

Karena dengan menyikat gigi lebih sering maka dapat membantu melenyapkan rasa pahit di mulut kita. Kemudian jangan lupa, biasakan sikat pula permukaan lidah dan langit-langit mulut kita. Lantas setelah menyikat gigi, biasakan kumur dengan larutan baking soda. Supaya bisa menetralkan kadar pH dengan perbandingan baking soda sebanyak ¼ sendok makan dan air 1 cangkir ya.

Mengonsumsi Chewy Vitamin

Cara lain mengatasi mulut terasa pahit adalah konsumsi vitamin kunyah. Bisa minta vitamin kunyah pada dokter kandungan kita. Dengan mengonsumsi vitamin kehamilan kunyah ini, diharapkan dapat menetralkan rasa yang tidak enak di mulut itu. Tapi jangan dikonsumsi berlebihan, sebab yang berlebihan itu tak baik.

Memang ada banyak hal bisa menjadi penyebab mulut terasa pahit, namun jangan buru-buru. Sebelum melakukan tindakan penanganan apa pun, jauh lebih baik untuk mencari penyebab mulut terasa pahit secara pasti. Langsung konsultasikan kepada dokter jika mulut terasa pahit tidak kunjung sembuh. apalagi jika membuat kesulitan makan karena rasanya yang mengganggu itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.