Penyebab Pendarahan Pada Ibu Hamil Muda

Keluarga sehat, apakah ada yang sedang hamil muda? Pasti ada banyak hal yang membuat ibu hamil khawatir, salah satunya adalah mengalami pendarahan. Ada banyak penyebab terjadinya pendarahan pada ibu hamil, ada yang berbahaya dan ada pula yang tak perlu dikhawatirkan. Lalu apa saja penyebab pendarahan ibu hamil muda?

Penyebab Pendarahan Ibu Hamil Muda

Tidak semua ibu yang hamil muda mengalami pendarahan, hanya 20% saja wanita hamil yang mengalaminya. Biasanya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan mereka. Akan tetapi adanya pendarahan ini tak selalu berarti serius. Tapi walau demikian, jangan dianggap enteng juga. Ibu hamil harus istirahat total dan jangan bepergian jauh. Juga tak boleh berkendara di jalan yang tidak bagus.

Berikut adalah beberapa penyebab yang umum terjadi saat hamil :

Terjadi Keguguran

Ini adalah penyebab pertama dan paling banyak terjadinya pendarahan pada ibu hamil. Bahkan sebanyak 20 sampai 30 persen ibu hamil yang pendarahan di trimester awal, akhirnya akan keguguran. Tak hanya pendarahan saja, namun muncul pula gejala keguguran lain seperti nyeri di perut bagian bawah. Setelah itu keluar gumpalan daging dari dalam kemaluan.

Dari Implantasi

Jika pendarahan terjadi pada sekitar 6 sampai 12 hari, maka itu bisa jadi karena sedang terjadi implantasi. Jadi sel telur yang sudah dibuahi, akan menempel di dinding rahim. Yang satu ini adalah pendarahan yang normal terjadi dan tidak berbahaya. Hal ini kadang tidak dianggap sebagai ciri kehamilan oleh para wanita, sebab hampir sama dengan siklus menstruasi biasa.

Karena Kehamilan ektopik

Penyebab  terjadinya pendarahan pada ibu hamil muda lainnya adalah karena kehamilan ektopik. Namun hal yang satu ini terbilang jarang sekali, karena hanya terjadi pada 2% ibu hamil saja. Jadi kehamilan ektopik ini akan terjadi jika sel telur yang sudah dibuahi, malah menempel di tempat selain rahim, biasanya di tuba falopi. Kemudian jika embrio akan terus berkembang, risikonya tuba falopi akan pecah. Inilah yang menyebabkan pendarahan yang parah dan berbahaya. Gejalanya akan disertai dengan rasa nyeri menjalar dari bagian bawah perut ke baju, saat BAK dan BAB tak nyaman, pingsan dan juga hormon HCG pun menurun.

Karena Kehamilan mola

Kemudian penyebab terjadinya pendarahan lainnya adalah hamil anggur, atau hamil mola. Yang dimaksud dengan kehamilan mola saat jaringan yang harusnya jadi janin, malah berkembang abnormal dan tak jadi bakal janin. Biasanya karena kehamilan anggur, bisa berkembang menjadi kanker yang ganas. Bahkan bisa menyebar sampai ke seluruh tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.