Penyebab Penyakit Tipes Anak Usia Balita dan Bagaimana Proses Penularannya Tipes Pada Anak

Keluarga Sehat, apa penyebab penyakit tipes anak? Jangan mengira jika penyakit yang satu ini hanya terjadi pada orang dewasa saja. Sebab kenyataannya anak balita pun bisa mengalaminya. Ada banyak kondisi yang membuat anak bisa tertular tipes dan sebagai orang tua tentu harus tahu hal ini.

Salmonella Typhi adalah jenis bakteri yang menyebabkan sakit tipes, bahkan pada anak balita. Biasanya anak akan terkena penyakit tipes jika ada makanan atau minuman terkontaminasi bakteri yang ia konsumsi. Tak hanya itu, proses penularan tipes juga bisa terjadi jika kontak dengan penderitanya yang jorok. Kemudian setelah bakteri tersebut masuk, maka akan berkembang biak dan kemudian penyakit pun terpicu.

Penyebab Penyakit Tipes Anak dan Gejalanya

Berbagai negara berkembang termasuk Indonesia, memiliki PR besar tentang tipes ini. Sebab bakteri yang menyebabkan tipes akan berkembang pesat dalam lingkungan yang sanitasinya buruk sekali. Walau memang orang dewasa pun memiliki risiko terkena penyakit tipes, namun anak-anak ternyata risikonya paling tinggi. Bahkan apabila menilik data Badan Kesehatan Dunia, hasilnya mengejutkan. Sebab terdapat sekitar 11 sampai 20 juta kasus demam tifoid per tahun seluruh bumi.

Apa saja gejala yang muncul dari penyebab penyakit tipes anak? Memang tak semua anak akan alami gejala yang sama saja. Bahkan keluhan ada kalanya muncul mendadak, atau dalam beberapa minggu muncul bertahap. Bakteri akan berinkubasi selama seminggu sampai dua minggu dalam tubuh, sehingga anak yang terpapar bisa jadi tak terlihat gejalanya sama sekali sebelum dua minggu.

Umumnya gejala tipes pada anak adalah :

Mengalami demam

Suhu tubuh anak akan mencapai 39 sampai 40 derajat Celcius.

Penyebab Penyakit Tipes Anak Salah Satunya Menyebabkan Sakit Perut

Anak akan mengeluh sakit pada bagian perutnya

Badan Pegal

Anak akan mengeluh bahwa tubunya pegal-pegal dan ia merasa lelah walau tak melakukan aktivitas apapun

Sakit kepala dna Radang Tenggorokan

Saat bakteri mulai menyebar, maka anak akan merasa sakit kepala serta radang pada tenggorokannya

Diare

Anak bisa saja diare atau mencret, tetapi anak juga bisa mengalami konstipasi

Muncul Ruam

Perhatikan juga kulit si kecil, apakah muncul bintik merah muda pada bagian perut dan dada? Biasanya mereka akan menyebar.

Saat anak menunjukkan semua gejala tersebut, segera bawa anak ke dokter. Langkah awal diagnosis yang akan dokter lakukan adalah bertanya riwayat medis anak dan semua keluhannya. Kemudian dokter akan mengambil tes darah, analisis sampel urin maupun tinja. Sebab apabila infeksi tak mengalami penangan yang tepat dan cepat, bisa makin parah dan makan waktu berbulan-bulan.

Bagaimana Penanganan Penyebab Penyakit Tipes Anak

Bagaimana cara menangani penyakit tipes anak? Umumnya dalam waktu 3 hingga 4 minggu akan sembuh. Walaupun anak mengalami perawatan rumah maupun RS. Tapi pastikan anak mendapat perawatan yang baik, dan obat yang dokter berikan umumnya adalah :

Antibiotik

Merupakan obat yang efektif dalam menangani infeksi bakteri. Gejala pun berkurang dalam jangka waktu 2 sampai 3 hari setelah konsumsi

Paracetamol

Yang satu ini akan meredakan demam, tapi hindari pemakaian sebelum konsultasi dengan dokter. Terutama jika anak ada masalah dengan ginjal atau hati, TBC, epilepsi dan sebagainya

Berikan banyak minum untuk anak supaya lekas pulih, penyembuhan pun maksimal dan bisa menghindari penyebab penyakit tipes anak kembali menular. Usahakan anak untuk istirahat total sampai ia benar-benar sembuh total.

Leave A Reply

Your email address will not be published.