Penyebab Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui

rambut rontok saat menyusui
598314517

Keluarga Sehat, sebagian ibu menyusui mengeluh bahwa mengalami rambut rontok saat mereka mulai memberikan ASI eksklusif pada buah hati masing-masing. Memang kerontokan ini bisa terjadi sedikit, bahkan ada juga yang sangat banyak sampai mengkhawatirkan. Tetapi, apa penyebab rambut rontok pada ibu menyusui?

Sebagian ibu menyusui ada yang menyalahkan kegiatan menyusui itu sebagai penyebab utama kerontokan rambut yang terjadi. Bahkan sebagian dari mereka akhirnya ragu akan menyusui atau tidak menyusui. Kenyataannya, hingga saat ini belum ada bukti yang akurat terkait menyusui yang menjadi penyebab utama kerontokan setelah melahirkan bayi.

Penyebab Rambut Rontok Ketika Menyusui

Saat mengandung, tak hanya tubuh yang mengalami perubahan, tetapi juga hormon. Bahkan beberapa hormon pun mengalami peningkatan saat hamil lho. Adapun hormon-hormon tersebut meliputi estrogen, dan progesteron, juga oksitosin, dan prolaktin.

Bahkan volume darah dan juga sirkulasi dalam tubuh akan meningkat saat mengandung. Adanya perubahan hormon dan sirkulasi darah ini memang dapat membuat rambutmu menjadi jauh lebih tebal dan kuat selama hamil sampai melahirkan.

Setelah bayi lahir maka kadar hormon estrogen dan progesteron malah mengalami penurunan. Selain itu volume darah pun mengalami penurunan secara bertahap dan akhirnya kembali normal beberapa minggu pasca bersalin. Itulah yang menyebabkan rambut rontok, dari sedang sampai parah.

Bahkan di dalam dunia medis, ternyata rambut rontok saat menyusui memiliki istilah postpartum hair loss atau disebut juga sebagai kerontokan pascamelahirkan. Jadi, mau menyusui atau tidak pun, rata-rata ibu yang melahirkan pasti akan mengalami kerontokan seperti ini. Itu adalah kondisi yang sangat normal dan tidak perlu merasa khawatir ya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui Anak

Memang tidak ada obat khusus untuk atasi rambut rontok saat menyusui, cuma tinggal menunggu hormon stabil dan rambut pun bisa tumbuh lagi dengan normal. Namun jika rambut menjadi sangat tipis, maka bisa memilih untuk mengganti gaya rambut atau merawat rambut dengan lebih baik lagi, bahkan gunakan produk perawatan rambut yang aman untuk ibu menyusui.

Bahkan boleh juga melanjutkan konsumsi vitamin prenatal walau setelah melahirkan, khususnya jika masih menyusui. Sebab vitamin ini kelak bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan vitamin harianmu yang memang masih cukup tinggi saat menyusui anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.