Penyebab Sariawan yang Harus Kita Hindari

Keluarga Sehat, memang kita tak bisa selalu memprediksi penyebab sariawan. Sebab hal itu memang kadang sulit kita pastikan. Tetapi ada berbagai faktor yang bisa memicunya. Misalnya kurangnya asupan nutrisi, karena konsumsi makanan asam atau pedas, karena kebiasaan merokok. Bahkan karena penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkannya lho. Tak hanya itu saja, sebab ada pula beberapa hal yang tanpa kita sadari malah sebabkan sariawan tersebut.

Apa Saja Penyebab Sariawan

Hampir semua orang pasti pernah mengalami kondisi ini. Luka di bagian dalam mulut yang berbentuk bulat kecil, dengan warna putih yang agak cekung. Rasanya sangat perih dan menyebabkan mulut kering. Sariawan menjadi salah satu penyakit yang cukup merepotkan walaupun tidak menyebabkan masalah yang vital. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu dari sakit tersebut. Silahkan simak dengan saksama :

Karena Sikat Gigi Terlalu Keras

Apabila kita menyikat gigi terlalu keras, maka bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan lho. Sebab, ketika kita menyikat gigi terlalu keras atau misal menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat kasar, gusi bisa terluka. Bahkan permukaan dinding rongga mulut juga bisa terluka. Sariawan akan terjadi karena adanya luka di dalam mulut kita.

Luka Tergigit Tak Sengaja

Saat kita bicara atau makan, kadang lidah, bibir dan bagian dalam pipi bisa tergigit tak sengaja. Karena gigitan tersebut maka akan menjadi luka yang berkembang jadi sariawan tersebut. Adanya luka dalam mulut juga bisa saja terjadi akibat tertusuk duri ikan, terkena alat makan dan tusuk gigi.

Memakai Kawat Gigi

Dengan memakai kawat gigi sering juga menimbulkan sariawan lho. Karena bagian tepi atau pada ujung kawat gigi menggesek permukaan dalam pipi kita, akhirnya menimbulkan luka dan meradang. Bukan hanya kawat gig sajai, dalam pemakaian gigi palsu yang tidak pas juga akan menjadi penyebab sariawan.

Buruknya Kebersihan Mulut

Karena kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut kita, maka kuman akan bersarang serta sebabkan infeksi dalam mulut. Bila muncul radang karena infeksi bakteri, maka sariawan pun akan terjadi dan membuat kita susah makan.

Karena Rasa Cemas dan Stres

Ternyata pPerasaan cemas dan stres pun bisa jadi penyebabnya lho. Masalah yang sering kali tidak kita sadari kedatangannya dapat memudahkan munculnya sariawan dalam mulut. Bukan hanya karena beban emosional saja, memiliki beban fisik sehingga tubuh kelelahan juga bisa menimbulkan penyakit itu.

Bukan hanya faktor-faktor yang telah tercantum, adanya sariawan juga bisa muncul sebab kondisi medis tertentu. Contohnya seperti penyakit Crohn, dan penyakit celiac. Bahkan juga sebabnya karena penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita, misalnya AIDS atau lupus. Untuk menghindari terserang penyakit ini, kenali penyebab sariawan dan hidup sehat.

Salah satunya dengan olahraga teratur, jangan terlalu banyak makan pedas sampai panas dalam, makan makanan berserat dan jagalah kesehatan gigi dan mulut. Obati sariawan dengan menggunakan obat resep dokter, bisa juga dengan mendinginkan perut sehingga terhindar dari panas dalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.